cara backup data iphone

Cara Mudah Backup Data Iphone Terbaru 2021

Untuk alasan tertentu, Anda mungkin ingin mencadangkan data iPhone Anda. Entah karena Anda akan menjual iPhone dan Anda ingin memformat ulang iPhone untuk menghapus semua data.Atau anda sekedar ingin mengamankan data anda agar apabila terjadi sesuatu,data sudah aman di data backup. Membackup ke iTunes atau iCloud adalah pilihan yang paling cocok jika Anda ingin menggunakan data lama di iPhone Anda.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana melakukan backup dengan benar. Jika perangkat Android dapat dicadangkan hanya dengan menyalin dan menempelkan data ke komputer, iPhone dan perangkat Apple lainnya berbeda.

Baca Juga : Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode Di iOS 12

Anda perlu mencadangkan melalui iTunes atau iCloud. Selain itu, Anda juga perlu tahu cara memulihkan iPhone untuk mendapatkan kembali data di iPhone Anda. Jadi kali ini, kami akan mengulas cara backup dan restore iPhone untuk Anda.

Cara Backup dan Restore iPhone

Sangat penting untuk melakukan backup pada perangkat iPhone secara teratur. Karena kita tahu ketika iPhone kita error, lupa password dan hal-hal lain yang mengharuskan kita untuk mereset iPhone.

Nah, bagi Anda yang kesulitan melakukan backup iPhone,berikut ini kami memberikan informasi tentang cara mudah backup dan restore data dari iPhone ke iCloud atau iTunes. Langkah-langkah berikut dapat dilakukan secara manual di rumah:

Baca Juga : 6 Aplikasi Kamera Terbaik di Android Dan iOS

Melalui iCloud

Cara Backup Dengan iCloud

iCloud adalah media penyimpanan resmi yang digagas oleh Apple. iCloud dapat menyimpan data secara online. iCloud dapat digunakan untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam komputer dan semua perangkat dari Apple secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual, Anda pasti tahu Google Drive atau Dropbox di perangkat Android, bukan? Nah, cara kerja iCloud ini hampir sama dengan Google Drive dan Dropbox di smartphone Android.

Baca Juga : Cara Cepat Dan Mudah Instal Dan Menjalankan Aplikasi Android di iOS

iCloud dapat menyimpan data berupa dokumen, gambar, video dan file musik. Anda dapat mengakses semua data yang disimpan di iCloud kapan saja selama Anda memiliki koneksi internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cadangan perangkat Anda (pencadangan data) melalui iCloud:

  1. Sambungkan Iphone anda ke Internet,direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi,karena apabila menggunakan jaringan seluller terkadang koneksi tidak stabil dan proses backup data iphone gagal.
TRENDING :  Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode Di iOS 12
backup-iphone1
*foto : Apple.com
  1. Buka Pengaturan / setting kemudia ketuk iCloud.
  2. ketuk cadangan iCloud dengan mengslide di sebelah kanan layar “Cadangan iCloud” hingga berubah menjadi hijau
Cadangan icloud
*foto : Apple.com
  1. Tekan menu “Backup Now” atau “Cadangkan sekarang” dan pastikan iPhone tetap terhubung dengan WiFi sampai proses backup selesai.

Backup Data Iphone Otomatis

Setelah anda membackup iphone anda secara manual dengan icloud dan selama pengaturan Cadangan iCloud diaktifkan,maka secara otomatis data anda akan backup di iCloud selama anda terkoneksi dengan jaringan internet atau WiFi. iCloud memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB, dan jika anda memerlukan ruang kapasitas yang lebih besar anda dapa membeli pake storage iCloud 50 GB dengan harga $0,99.

Untuk memastikan semua data dicadangkan dengan benar, buka Pengaturan, lalu pilih iCloud, pilih Penyimpanan, dan cadangan yang baru saja Anda buat akan ditampilkan bersama dengan waktu dan ukuran yang ditampilkan.

TRENDING :  Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara Atau Tidak Serta Cara Pemasangannya

Cara Restore Dengan Icloud

Setelah anda backup data iphone melalui iCloud, Anda juga dapat Merestore data anda dari iCloud dan dapat dilakukan di mana saja selama ada koneksi internet yang stabil dan cepat.

  • Pastikan iPhone Anda terhubung ke Wi-Fi sebelum merestore data iPhone dari iCloud
  • Buka menu “iCloud” dan pilih “Pulihkan dari Cadangan iCloud” atau “Pulihkan dari Cadangan iCloud”
  • Pilih untuk mencadangkan data Anda sesuai dengan tanggal dan waktu Anda mencadangkan data iPhone
    Masukkan informasi akun Anda untuk mengakses iCloud
  • Tunggu beberapa saat, maka semua data yang di-backup akan dikembalikan ke iPhone. Pastikan iPhone Anda tetap terhubung ke WiFi karena proses pemulihan ini membutuhkan koneksi internet.

Melalui iTunes

Cara Backup Dengan iTunes

Pengguna iPhone dan ios mungkin sudah tidak asing lagi dengan software besutan Apple ini. iTunes digunakan untuk memutar dan membeli lagu. Namun, iTunes juga dapat digunakan untuk mengelola data di iPhone, iPad, dan iPod.

Salah satu fungsi iTunes adalah untuk membuat cadangan data dari iPhone ke komputer atau Macbook anda. Backup data dengan iTunes juga bisa dilakukan secara offline tanpa koneksi internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cadangan perangkat Anda melalui iTunes:

backup itunes
*foto : Apple.com
  • Buka iTunes di komputer Anda dan sambungkan iPhone ke komputer dengan kabel data.
  • Klik “File”, lalu pilih menu “Device” dan klik “Backup”.
  • Tunggu hingga pencadangan data selesai
  • Pastikan semua data Anda telah dicadangkan di iTunes dengan masuk ke menu Preferensi iTunes dan mengklik Perangkat. Nama perangkat Anda yang berhasil dicadangkan kemudian akan muncul di layar komputer
TRENDING :  Cara Menghapus Rekaman CCTV secara Mudah

Cara Restore Dengan iTunes

Setelah anda backup data iphone  ke komputer atau macbook anda melalui iTunes, Anda juga dapat Merestore data anda dari iTunes, dan berikut langkah-langkahnya :

  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer yang Anda gunakan untuk membuat cadangan data.
  • Buka iTunes di komputer Anda dan pastikan Anda memiliki iTunes versi terbaru. Jika tidak, klik notifikasi pembaruan yang muncul saat Anda membuka iTunes
  • Klik ‘File’, pilih ‘Device’, lanjutkan dengan mengklik ‘Restore from Backup’
  • Pilih untuk mencadangkan data Anda sesuai dengan tanggal dan waktu Anda mencadangkan data iPhone
  • Klik Pulihkan atau Pulihkan dan tunggu hingga proses pemulihan selesai. Pastikan iPhone tetap terhubung ke komputer hingga proses pemulihan selesai

Demikian cara mudah backup dan restore data di iphone, sebenarnya membackup dan merestore perangkat iphone anda itu mudah, hanya saja banyak pengguna baru yang masih belum terbiasa dengan perangkat dari Apple ini. Apabila anda tidak ingin kehilangan data berharga di iPhone anda, pastikan untuk secara rutin mencadangkan data iPhone ke iCloud atau iTunes seminggu sekali karena data di iPhone dapat hilang secara tidak terduga kapan saja. dan yang tak kalah pentingnya adalah “Jangan Sampai Anda Kehilangan atau Lupa Apple id anda”, apabila anda sampai lupa urusan bisa gawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.