fungsi dan kegunaan samsung cloud

Fungsi dan Cara Penggunaan app Cloud Samsung

Samsung Cloud adalah layanan penyimpanan dari samsung yang berbasis online dengan menggunakan koneksi internet untuk akses datanya,jadi data tidak disimpan di dalam handphone tetapi di upload ke kedalam server yang telah disediakan oleh samsung secara gratis untuk perangkat Samsung Galaxy (smartphone dan tablet).

Layanan samsung Cloud dapat menyimpan data dalam jumlah besar, samsung cloud diperuntukan hanya untuk perangkat samsung,baik untuk backup ataupun restore. Cloud samsung tidak diperuntukan untuk sharing file seperti layanan cloud lain,seperti dropbox dll.

Samsung Cloud digunakan untuk backup data dan pengaturan perangkat dengan cepat jika sewaktu-waktu Anda kehilangan handphone,melakukan hard reset dengan mengembalikan pengaturan dan data ke setelan pabrik atau perangkat anda mengalami kerusakan. Kemudian semua pengaturan dan data yang hilang dapat dipulihkan.

Fungsi dan kegunaan Samsung Cloud

Samsung Cloud dapat digunakan untuk pencadangan dan restore data, sinkronisasi, dan sayangnya Cloud Samsung hanya dapat menyimpan item data seperti :

  • Lihat tata letak layar beranda, pengaturan sistem, log panggilan, dan akun email di perangkat Galaxy.
  • Pengaturan dan data dari aplikasi Samsung seperti Kalender, Samsung Internet, Kontak, Telepon, Pesan, file dan pengaturan instalasi aplikasi, dan banyak lagi.
  • Data pengguna seperti foto, video, musik dan dokumen.

Semua data dapat disimpan di akun Samsung Cloud selama ruang penyimpanan yang disediakan oleh cloud masih tersedia.

Samsung Cloud sendiri hanya menyediakan space hanya 5 GB dan file lebih dari tidak dapat dicadangkan. Jika Anda menginginkan lebih, Samsung juga menawarkan opsi berbayar.

Tidak semua data pengguna dibackup oleh Samsung, berikut beberapa data yang tidak didukung:

  • Data aplikasi pihak ketiga.
  • Tidak mendukung data yang ada di kartu SD.
  • Tidak tersedia di perangkat Galaxy verizon. Itu hanya ada di Amerika.
  • Tidak didukung oleh model awal Samsung Galaxy seperti seri Galaxy S6, Galaxy J3, Galaxy J7, Galaxy Note 4, atau Galaxy Tab A dan Tab S2.
TRENDING :  Daftar Harga Laptop ASUS Zenbook Series Lengkap Dengan Spesifikasi

Tidak semua perangkat yang mendukung Samsung Cloud dibuat sama. beberapa mungkin memiliki metode yang berbeda untuk mencadangkan dan menyinkronkan jenis data.

Cara menggunakan Samsung Cloud

cara menggunakan cloud samsung

Untuk menggunakan Samsung Cloud, Anda harus terlebih dahulu mengatur akun, berikut cara kerjanya:

1. Buka pengaturan ponsel Anda dan cari cloud dan akun> Samsung cloud. (Saat pertama kali mengaksesnya, Anda akan diminta untuk login atau mendaftar terlebih dahulu).

2. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu, lalu pilih Pengaturan. Ketuk Pengaturan pencadangan dan sinkronisasi otomatis.

Anda dapat mengaktifkan tombol Sinkronisasi dan Cadangan saat roaming jika Anda ingin mencadangkan dengan data seluler. Atau biarkan saja jika hanya ingin melakukan backup dengan data WiFi.

3. Pada tab Sync pilih / aktifkan yang akan disinkronkan. Kemudian pilih/aktifkan data yang ingin di backup pada tab Automatic Backup.

4. Kembali ke menu utama Samsung Cloud untuk melihat detailnya. Di sana Anda dapat melihat detail berapa banyak data yang dicadangkan.

Cara menghapus foto dari Samsung cloud

Setelah menyiapkan Samsung Cloud, data foto akan dicadangkan di cloud. Untuk menghapusnya dari penyimpanan cloud, Anda dapat menghapus foto dari aplikasi galeri. Buka galeri, pilih foto yang ingin Anda hapus, ketuk tempat sampah dan hapus.

Ini juga akan menghapus gambar dari Google Foto dan memindahkannya ke Samsung Cloud Recycle Bin (Samsung Cloud Recycle Bin).

Untuk mencegah foto dicadangkan ke cloud, foto harus disimpan ke penyimpanan eksternal atau kartu SD.

TRENDING :  Inilah 5 Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui, Jangan Panik!

Hapus semua foto dari Samsung cloud

Saat Anda ingin menghapus semua foto yang tersimpan di cloud. Buka Pengaturan Samsung Cloud, lalu pilih Galeri> Hapus Semua Data Galeri dari Cloud dan matikan penghapusan dan sinkronisasi.

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari Samsung Cloud

Faktanya, setiap foto atau video yang dihapus akan tetap disimpan di cloud. Ini sangat berguna jika Anda tidak sengaja menghapusnya atau mendapatkan data karena masih penting, dll.

Semua foto dan video yang dihapus akan ditempatkan di Samsung Cloud Recycle Bin. Foto dan video ini berlaku selama 15 hari. Setelah jangka waktu/hari yang ditentukan habis, data akan terhapus secara permanen.

1. Untuk mengembalikannya, buka aplikasi Galeri, ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih Opsi Pengaturan (Preferences).

2. Pilih dan ketuk Cloud Recycle Bin. Anda akan melihat foto atau video yang sebelumnya Anda hapus.

3. Tekan lama gambar / video yang ingin Anda pulihkan / pulihkan dan ketuk / pilih beberapa gambar. Selanjutnya, ketuk tombol Pulihkan di bagian atas untuk mengunduh dan menyimpannya ke perangkat Anda.

Cara Memulihkan Data dari Samsung Cloud

Berikut cara mengembalikan sebagian atau seluruh data dan pengaturan ke perangkat ponsel Galaxy.

Buka Samsung Cloud Settings, cari dan pilih Restore Data (Pulihkan Data). Pilih perangkat yang ingin Anda dapatkan datanya, lalu sorot data yang ingin Anda pulihkan dan ketuk Pulihkan.

Menggunakan (Mengunggah) File ke Samsung Cloud Drive Untuk mengunggah / mengunggah file dokumen ke cloud secara manual, Anda dapat menggunakan metode ini.

  1. Buka aplikasi File Saya.
  2. Anda memilih file (tekan dan tahan).
  3. Kemudian pilih opsi Bagikan.
  4. Pilih aplikasi Samsung Cloud Drive.
  5. Letakkan di folder mana untuk menyimpannya di cloud.
  6. Dan ketuk Selesai (Selesai).
  7. Dan proses upload akan ditampilkan di notifikasi Android.
  8. Cara mengakses Samsung Cloud di PC
TRENDING :  Fitur Dan Kelebihan Dari Windows 11 Yang Akan Segera Dirilis

Untuk mengakses atau mengunduh data dari Samsung Cloud melalui PC, Samsung menawarkan solusi. Di situs web Samsung Cloud, Anda cukup masuk (atau masuk) dengan akun Samsung Anda untuk melihat foto, video, dan file lainnya. Dan Anda dapat mengunduh file .

Selain itu, Samsung juga menawarkan aplikasi Samsung Gallery untuk mengakses data di cloud. Anda bisa mendapatkan aplikasinya di Microsoft Store Windows 10.

Buka halaman Aplikasi Galeri Samsung di Store dan klik Dapatkan. Buka Microsoft Store dan instal aplikasinya.

Buka aplikasi Samsung Gallery dan biarkan data terupdate. Klik / pilih opsi cadangan cloud dan masuk dengan akun Samsung Anda. Dan file akan diunduh ke PC secara otomatis.

Untuk melihat di mana file disimpan, klik menu tiga titik (kanan atas). Pilih Pengaturan dan di opsi Lanjutan Anda akan melihat folder Samsung Cloud Downloads. Anda juga dapat mengubah lokasi penyimpanan di sana.

Anda tidak perlu masuk ke folder ini untuk membuka file tersebut, Anda bisa mengakses/membukanya di aplikasi Samsung Gallery. Dan Anda dapat menyalin ke perangkat lain.

Sekarang Samsung tidak menawarkan fitur unggah dari PC tetapi akan menambahkannya dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.