kelebihan-dan-kekurangan-Nokia-C11

Harga dan Spesifikasi Nokia C1

HMD Global, pemegang lisensi merek untuk penjualan ponsel Nokia, dikabarkan telah memperkenalkan model ponsel baru, Nokia C1. Ponsel entry-level tersebut baru saja diluncurkan pada 11 Januari 2020 di Kenya, Afrika Timur.
Smartphone murah terbaru dari Nokia ini diperuntukan bagi pengguna yang ingin beralih dari feature phone ke model smartphone dengan harga yang sangat terjangkau yaitu 700.000. Berhubung harganya kurang dari 1 jutaan, tentu spesifikasinya juga menyesuaikan.

Artinya, keunggulan Nokia C1 terbatas pada penggunaan yang mengutamakan fleksibilitas komunikasi, baik saat mengobrol maupun menelepon. Oleh karena itu, sangat cocok untuk pengguna smartphone awal.

Namun, tidak ada salahnya kita mencoba secara detail untuk menjebol informasi mengenai spesifikasi, fitur, dan keunggulan dari Nokia C1 ini.

Dari segi spesifikasi, Nokia C1 sendiri akan membawa beberapa keunggulan yang pastinya di kelas entry level. Seperti dari segi tampilan, kitchen walkway dan fungsi yang terkait dengannya.

Dalam hal ini, Nokia C1 akan mengusung konsep desain modern dengan menambahkan layar IPS LCD berukuran 5,45 inci untuk memastikan performa visual dengan resolusi 480 x 960 piksel. Hal ini tentu saja cukup standar untuk sebuah smartphone entry-level.

Sedangkan untuk performa dapur pacunya sendiri, Nokia C1 juga didukung oleh prosesor quad-core yang memiliki clock speed hingga 1.3 GHz. Dimana juga didukung oleh RAM 1 GB dan didukung oleh memori internal 16 GB yang dapat diperluas hingga 64 GB melalui slot kartu micro SD.

Lalu ada juga kamera utama 5 MP dan kamera depan 5 MP yang siap menawarkan backup visual fotografi yang jauh lebih mumpuni dan bertenaga di kelasnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu keunggulan ponsel entry-level terbaru dari HMD Global.

Desain

Eksterior dari spesifikasi Nokia C1 tampaknya menjadi segmen pertama yang akan kami bahas secara mendalam. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kesan pertama yang diberikan oleh area tubuh kepada calon konsumen.

Dimana sektor desain ponsel ini mengusung konsep yang jauh lebih sederhana dan tampil sangat minimalis. Kesan ini terlihat dari sisi bentuk casing yang berbasis smartphone model tahun 2015.

TRENDING :  Harga Laptop Gaming Series Dari ASUS

Dari segi dimensi bodi, Nokia C1 sendiri diketahui memiliki ukuran bodi 147,6 x 71,4 x 8,7 mm dan bobot 155 gram yang tentunya membuatnya terlihat sedikit lebih tebal dan kurang modern, namun tetap memiliki kesan menarik.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa meskipun sektor casing pada spesifikasi Nokia C1 tidak terlalu menarik dari segi desain, namun cukup kokoh dan memiliki tingkat durabilitas yang tinggi.

Layar

layar-nokia-C1

Mari kita beralih ke sektor lain. Sekarang kita akan memeriksa sektor visual terhadap spesifikasi Nokia C1. Bicara soal tampilan layar: Luas layar smartphone entry-level besutan Nokia kali ini tidak secanggih smartphone modern lainnya.

Pasalnya performa dan kehandalan layarnya sendiri bisa dibilang masih sangat standar. Hal ini membuat ketajaman dan kejelasan kurang menarik.

Mengingat Nokia C1 akan memiliki layar IPS LCD berukuran 5,45 inci. Sehingga kesan standar masih terlihat begitu jelas. Hal ini mungkin menjadi minus di era smartphone modern seperti sekarang ini, namun cukup menarik mengingat segmentasi harga yang murah.

Selain itu, resolusinya juga cukup minim pada 480 x 960 piksel. Dengan ketajaman yang belum HD atau Full HD, optiknya masih terlihat cukup standar dan tidak lengkap tentunya.

Di sisi lain, tepatnya di bagian sisi layar, sesuai spesifikasi Nokia C1, telah dilapisi dengan proteksi yang cukup ideal dan aman untuk meminimalisir goresan.

Hardware dan Software

Selain itu, kami kini akan mengulas topik dapur pacu untuk spesifikasi Nokia C1. Agaknya sebenarnya untuk sektor karir dapur atau mesin pada smartphone ini juga tidak sehandal atau tidak selengkap smartphone lainnya.

Bukan tanpa alasan Nokia kali ini menggunakan prosesor quad-core dengan kecepatan sistem 1,3 GHz. Oleh karena itu, kinerjanya hanya dapat diandalkan di sisi operasional.

Untuk memori utamanya sendiri, Nokia C1 menawarkan kapasitas RAM sebesar 1 GB yang cukup untuk sistem multitasking untuk mendukung kegiatan. Hanya saja kecepatannya tidak sebaik smartphone dengan RAM lebih besar dari ponsel Nokia terbaru ini.

Dari sisi sistem operasinya sendiri, spesifikasi Nokia C1 kali ini mengandalkan OS Android Pie dengan Go Edition sebagai platform yang menjamin performa setiap komponen yang disematkan.

TRENDING :  Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

Namun dalam hal ruang penyimpanan, spesifikasi Nokia C1 sendiri masih sangat rendah. Karena kapasitasnya masih lumayan standar.

Nokia menawarkan varian memori internal dengan kapasitas 16 GB. Meski masih minimalis, ruangnya cukup memadai untuk ponsel kelas entry-level ini.

Bahkan, ruang penyimpanan dalam spesifikasi Nokia C1, meskipun dianggap kurang, dapat diperluas hingga 64 GB menggunakan kartu SD.

Kamera

Tak hanya itu, bagian fotografi dari spesifikasi Nokia C1 adalah sesuatu yang tidak bisa ditantang. Karena shooting line merupakan sektor yang sedang dipertimbangkan oleh para calon pembeli, terutama para pemula.

Berdasarkan informasi terbaru, diketahui bahwa HMD Global memiliki kamera utama beresolusi 5 MP untuk urusan fotografi. Meski resolusinya rendah, namun hanya dilengkapi dengan fungsi LED flash yang menjamin performa perekaman.

Selain itu, Nokia C1 sendiri dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan fungsi LED flash sebagai fungsi pencahayaan untuk selfie dalam kondisi cahaya kurang.

Jadi jika melihat kecanggihan fotografi dari spesifikasi Nokia C1, Anda dapat yakin bahwa sektor entry-level ini cukup diunggulkan.

Konektivitas

Di sisi lain, tentunya juga menjadi topik pembahasan yang tidak boleh dipandang sebelah mata sehubungan dengan masalah konektivitas pada spesifikasi Nokia C1 itu sendiri.Seperti diketahui, sektor ini merupakan bagian penting yang memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas pengguna. .

Salah satunya seperti aktivitas pengguna di dunia maya, dalam hal ini ponsel baru Nokia ini mendukung jaringan 3G. Meski belum 4G, kecepatan aksesnya masih cukup mumpuni.

Selain itu, Nokia C1 sendiri juga dilengkapi dengan slot dual SIM card, dimana kedua slot tersebut dapat dioperasikan secara bersamaan. Hal ini membuat aktivitas komunikasi menjadi lebih aman.

Di sisi lain, smartphone terbaru Nokia ini juga dilengkapi dengan beberapa fungsi konektivitas lainnya seperti WiFi, hotspot, bluetooth dan micro-USB sebagai konektivitas standar.

Untuk mendukung koneksi yang memetakan lokasi sendiri, spesifikasi Nokia C1 akan kembali pada sistem navigasi A-GPS dengan tingkat akurasi yang sepenuhnya masuk akal dan cocok, jika tidak 100%.

Battery

Bukan tanpa alasan, karena sektor ini memegang peranan penting dalam menjamin kinerja komponen, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan daya.

TRENDING :  2 Cara Sambung CCTV Ke HP Yang Perlu Diketahui!

Oleh karena itu, smartphone entry-level besutan Nokia ini mengandalkan jenis baterai yang dinilai cukup andal di kelasnya, yakni jenis baterai Li-Ion. Dengan demikian, kekuatan catu daya menjadi lebih kuat dan sangat efektif.

Meski demikian, kapasitas baterai pada Nokia C1 masih terbilang standar. Karena saat ini hanya menampung 2500 mAh. Namun untuk ponsel kelas pemula, sepertinya baterai ini mampu menutupi kebutuhan energi.

Jadi jika melihat dari sisi baterai yang memiliki spesifikasi dari Nokia C1, tentu saja Anda dapat menemukan bahwa kisaran baterai dari smartphone ini cukup cocok dan memadai untuk sebuah smartphone entry-level.

Setelah kami jabarkan ulasan mengenai Nokia C1 diatas,Kini tiba saatnya kita membahas,kelebihan dan kekurangan dari Nokia C1 :

Kelebihan Nokia C1

  • Prosesor yang cukup kencang dengan Quad Core 1.3 GHz yang cukup untuk kegiatan multi tasking
  • Dibekali dengan RAM 1 GB untuk mendukung prosessor Quad Core
  • Operating sistem menggunakan OS Android Pie – Go Edition
  • Memori internal yang cukup besar yaitu 16 GB dan dapat diperluar dengan kartu SD hingga 64 GB
  • Jaringan internet Menggunakan 3G yang cukup mumpuni.
  • Memiliki Slot dual SIM Card
  • Layar yang cukup lega yaitu 5.45 inci
  • Resolusi yang cukup 480 x 960 piksel
  • Pada layarnya sudah dilengkapi dengan panel IPS LCD
  • Memiliki Kamera dengan resolusi 5 MP di bagian depan dan belakang
  • Pada sistem navigasi,sudah menggunakan A GPS
  • Pada Sektor Baterai ,Nokia C1 diberikan baterai yang cukup besar yaitu 2500 mAh dan dapan dilepas (removeable)
  • Yang paling penting dan terbaik adalah,Nokia C1 dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan Nokia C1

  • Disaat produsen lain berlomba-lomba dengan ponsel 4G nya, Nokia C1 Belum mendukung jaringan 4G LTE
  • Tidak menggunakan chipset qualqom ataupun mediatek
  • Tidak dilengkapi dengan GPU tersendiri,
  • Nokia C1 belum memiliki fitur koneksi WiFi Direct dan dual-band
  • Sangat disayangkan Nokia C1 tidak menyematkan fitur fingerprint didalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.