Bantuan Dana Sosial Tunai (BST) Rp 300.000 Diperpanjang Hingga Juni 2021 Kapan Cair?, Ini Cara Cek Penerimaanya

Pemerintah lewat Kemenko PMK memastikan akan melanjutkan penyaluran dana bantuan sosial tunai( BST) sampai dengan Juni 2021.

Cek nama nama penerima bansos

Bansos 300 ribu kapan cair? hingga saat ini belum juga ada pencairan kepada warga terdaftar sebagai penerima bansos.

Jangankan untuk bulan Juni, namun BST belum juga dibayarkan pada bulan Mei. Kapan rencana BST Kemensos dibayarkan untuk Mei dan Juni 2021?

Namun, jangankan untuk bulan Juni, Bansos 300 ribu bulan Mei saja tak kunjung dicairkan sampai saat ini. Lalu kapan jadwal Bansos 300 ribu bulan Mei dan Juni 2021 akan dicairkan?

Baca juga : Cara Daftar Online Bantuan Modal Usaha UMKM

Masyarakat dapat mengecek Bansos Rp 300 ribu Juni 2021 di laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di link cekbansos.kemensos.go.id.

Di link cekbansos.kemensos.go.id anda juga dapat mengecek bansos BST 300 ribu kapan cair dapat dilihat juga tersebut.

Bantuan langsung ini merupakan bantuan tidak tetap selama masa pandemi Covid-19 dan masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga : Bantuan Modal Usaha UMKM Tahap 2 Kapan Cair?

Laman tinjauan Bantuan Dana Sosial Tunai Sementara itu, seperti diberitakan Kompas.com pada 29 April 2021, Kementerian Sosial terus melakukan pemutakhiran data penerima bansos tunai.

TRENDING :  Lowongan Kerja Terbaru Indomaret Group, Periode Juni 2021

Data penerima Bantuan Dana Sosial Tunai ini dapat dilihat di website Cekbansos.kemensos.go.id. Di halaman ini, penerima kesejahteraan sosial dapat memeriksa apakah keluarganya terdaftar sesuai dengan Data Sosial Terpadu (DTKS) saat ini.

Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok Lite Sangat Cocok Dimasa Pandemi Seperti INI

Demikian disampaikan Menteri Sosial “Melalui aplikasi website ini, masyarakat dapat memantau penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat mereka tinggal”, ujarnya. dikutip dari setkab.go. id.

Kemudian Cara untuk Cek Bantuan Dana Sosial Tunai adalah melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/ adalah sebagai berikut :

TRENDING :  Aplikasi Buat Cek Bantuan UMKM Di Eform.bri.co.id
cek penerima bansos
Screenshoot cekbansos.kemensos.go.id.
  1. Masuk ke http://cekbansos.kemensos.go.id
  2. lalu pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan , dan Desa tempat tinggal Anda
  3. Masukkan nama Anda seperti yang tertera pada ID Anda.
  4. Masukkan kode 4 huruf dari kolom kode. Jika huruf kode tidak jelas, klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru.
  5. Kemudian klik tombol Cari.

Sistem mencocokkan nama keluarga penerima (KPM) dan daerah yang diinput dan membandingkannya dengan nama yang ada di database Kementerian Sosial.

Dengan cara ini, siapa saja bisa mengecek data penerima Bantuan Dana Sosial Tunai melalui laman Cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat dapat mengakses data penerima kesejahteraan yang sudah disalurkan atau masih dalam proses.

Kantor Pos yang nantinya akan menyalurkan Bansos Rp 300 ribu Juni 2021 yang berkordinasi dengan pemerintah daerah setempat.Penerima Bansos Rp 300 ribu ini dapat langsung mendatangi Kantor Pos sesuai dengan jadwal dan alamat yang ditentukan.

Baca Juga : Fungsi,Tujuan dan Jenis BUMN

Bagi Anda yang telah dinyatakan sebagai penerima BST, informasinya akan ditampilkan di laman Cekbansos.kemensos.go.id. Hasil dari pencarian data pada halaman ini akan menunjukkan wilayah tempat tinggal Anda seperti Provinsi,kabupaten,kecamatan dan desa.

TRENDING :  Cara Mendaftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online Terbaru 2021

Sementara itu, bagi penerima BST yang telah meninggal dunia dapat diserahkan kepada ahli waris dan menerima bantuan BST Kementerian Sosial sebesar Rp300.000 untuk periode Juni 2021.

Alasan ahli waris mendapatkan BST dari Kementerian Sosial sebesar Rp 300.000 pada bulan Mei dan Juni karena tanggungan yang masih hidup masih membutuhkan bantuan.

Setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan dipenuhi oleh ahli waris jika ingin mencari BST Kemensos sebesar Rp 300 ribu. Mulai dari KTP almarhum penerima BST hingga Kartu Keluarga (KK).

Jadi ahli waris ini setidaknya harus berada dalam KK yang sama dengan almarhum penerima BST. Serta melampirkan KTP penerima sebagai bukti bahwa dia benar-benar berstatus penerima BST Kemensos 300 ribu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.