jenis jenis emas

Jenis Jenis Emas Batangan dan Perhiasan,Mana Yang Paling Cocok Untuk Investasi di Indonesia? Berikut Ulasanya!

Emas selalu menjadi alternatif investasi bagi investor. Nilai emas selalu cenderung meningkat pada pergantian tahun, sehingga berbagai jenis emas laris manis di pasar Indonesia.

Dikenal sebagai safe haven emas, posisi emas memang selalu menjadi pilihan investasi terbaik yang benar-benar dapat diandalkan. Terlepas dari tingkat inflasi, harga emas biasanya akan tetap stabil atau naik.

Berbicara tentang investasi emas, setiap investor emas memiliki preferensi masing-masing ketika ingin membeli jenis emas tertentu. Baik emas batangan maupun emas perhiasan, yang penting dari segi harga, cenderung naik.

Baca Juga : Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Jika Anda ingin berinvestasi emas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami jenis-jenis emas sebelum Anda membeli. Dengan membaca penjelasan di artikel ini dengan seksama, semoga wawasan Anda tentang emas akan semakin lengkap.

Warna campuran emas

Selain berbagai hiasan yang terbuat dari logam emas seperti kalung, cincin atau gelang, perhiasan emas memiliki warna yang khas yaitu emas mawar, emas kuning dan emas putih.

Ketiga warna ini memiliki penggemarnya masing-masing. Sebagai investor emas, Anda juga perlu lebih memperhatikan permintaan pasar.

Baca Juga : Harga Emas Antam Pekan Ini Berpotensi Meroket

1. Emas Rose Gold

Emas rose gold

Mungkin mata Anda akan lebih terpikat oleh warna emas kemerahan seperti warna bunga mawar. Jenis emas ini memiliki nama khusus yaitu rose gold.

Baca Juga : 3 Aplikasi Trading Emas Online Terbaik Para Trader

Warna kemerahan bersinar melalui campuran emas dengan logam tembaga. Alhasil, harga emas tidak hanya terlihat kemerahan, tetapi juga lebih terjangkau. Oleh karena itu, emas mawar emas sekarang menjadi semakin populer.

2. Emas kuning

emas kuning putih

Ini adalah emas paling populer di pasaran. Terlepas dari kandungan emasnya yang paling tinggi atau mungkin murni, emas kuning tidak menyebabkan alergi seperti jenis emas lainnya.

Campuran emas padat dengan beberapa jenis logam seperti tembaga, perak, dan seng dapat menghasilkan emas kuning dengan kandungan karat tertinggi dan tidak memerlukan perawatan khusus.

TRENDING :  84 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Telah Ditutup Oleh OJK

Namun, emas murni 100 persen tidak cocok untuk produk perhiasan. Seperti yang Anda lihat, tekstur emas menjadi lebih lembut dan tidak mudah dibentuk.

3. Emas putih

Masih banyak yang mengira bahwa emas putih itu benar-benar emas murni hasil penambangan. Padahal, warna putih berasal dari campuran logam berupa logam, perak dan nikel.

Untuk meningkatkan warna putih emas, selain campuran ketiga logam sebelumnya, emas putih mengkilat perlu dicampur dengan lapisan logam rhodium.

Kadar Emas

Model emas boleh terbaru, tapi kadar emas tetap menentukan harga emas, kan? Kalaupun memiliki model perhiasan emas terbaru juga akan lebih murah nantinya jika kadar karatnya rendah.

Saat berinvestasi emas, Anda perlu memilih grade emas yang memiliki prospek menjanjikan. Jadi, Anda harus tahu tentang kadar emas juga, bukan?

Yuk intip beberapa kadar karat pada emas menurut deklarasi Jaka di Indonesia berikut ini!

Emas 12 karat (kadar emas 50 persen).
Emas 13 karat (kadar emas 54 persen).
Emas 14 karat (kadar emas 58 persen).
Emas 18 karat (kadar emas 75 persen)
Emas 21 karat (kadar emas 87 persen).
Emas 22 karat (kadar emas 91 persen).
Emas 23 karat (kadar emas 95 persen).
Emas 24 karat (kadar emas 99 persen).

Semakin tinggi kadar emasnya, semakin mahal harganya. Anda tinggal menyesuaikan dengan dana investasi emas yang sudah Anda miliki.

Pelapisan emas

Berbicara tentang emas belum selesai sebelum kita berbicara tentang mengapa emas bisa bersinar di sini. Penyebab emas tampak mengkilat karena pada permukaannya terdapat lapisan emas yang menggunakan logam tertentu.

Penyepuhan itu sendiri memiliki beberapa metode khusus. Metodenya tergantung pada lapisan emas yang digunakan. Berikut teknik penyepuhan yang banyak digunakan :

1. Emas Vermeil
Jenis pelapisan emas vermeil ini adalah metode pelapisan perhiasan dengan logam perak murni sebagai bahan dasarnya dengan lapisan emas di permukaannya. Bagi Anda yang menderita alergi kulit, produk emas yang menggunakan pelapis jenis ini mungkin akan cocok untuk anda.

TRENDING :  4 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Terkena PHK

Alasannya adalah karena lapisan luarnya lebih tebal daripada diisi dengan emas dan berlapis emas. Manfaatnya agar kulit Anda terhindar dari iritasi akibat alergi perhiasan logam.

2. Emas Filled
Lapisan yang digunakan emas ini memang unik. Campuran logam kuningan dan tembaga dengan cara memanaskannya dengan suhu tinggi hingga kedua jenis logam ini melebur menjadi satu.

Lapisan luar adalah emas. Keuntungannya adalah lapisan emas ini tidak mudah terkelupas. jika anda tidak memiliki alergi kulit, Anda dapat memilih jenis pelapisan emas ini.

3. Emas Plated
Proses pelapisan emas ini juga dikenal sebagai gold electroplated. dikarenakan, proses pelapisanya membutuhkan arus listrik untuk menyimpan lapisan emas di permukaan bahan dasar.

Sedangkan untuk bahan dasar perhiasan, menggunakan stainless steel berlapis emas atau kuningan yang menggunakan lapisan tipis pada permukaannya.

Emas di Indonesia

Diindonesia banyak beradar jenis emas,ada banyak produk emas yang bisa digunakan untuk investasi yang menguntungkan. Tapi ingat,sebaiknya cek dulu produk emas yang  yang ada di Indonesia.

Berikut produk emas yang ada di Indonesia :

1. Perhiasan emas
Produk perhiasan emas sangat mudah ditemukan di berbagai daerah. Biasanya setiap pasar tradisional sudah memiliki toko emas yang menjual berbagai jenis perhiasan emas.

Menariknya, Anda bisa memilih berbagai model kalung, cincin, gelang atau anting dengan tambahan perhiasan seperti berlian, dll.

Menurut tujuannya, perhiasan memiliki dua fungsi. Pertama, sebagai wahana investasi emas. Kedua, Anda bisa menggunakan perhiasan emas untuk mempercantik penampilan Anda.

2. Emas batangan
Produk emas ini tidak kalah populer dengan perhiasan emas. Bedanya, emas batangan memiliki kadar emas yang lebih tinggi yaitu mencapai 24 karat.

Ini adalah jenis emas yang cocok untuk Anda investasikan. Berbeda dengan kepemilikan perhiasan yang lebih feminim, emas batangan atau logam mulia seperti emas Antam atau emas Pegadaian lebih banyak ditemui.

TRENDING :  Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Ukuran emas batangan juga bervariasi di sini. Ada ukuran 1 gram, 2,5 gram, 5 gram bahkan lebih dari 10 gram yang bisa Anda dapatkan.

3. Koin emas
Anda juga bisa mencoba berinvestasi emas dengan membeli koin emas. Apalagi bagi Anda yang ingin berhaji. Memiliki koin emas bisa menjadi alternatif biaya haji (ONH).

Tidak bisa dipungkiri bahwa ONH semakin meningkat setiap tahunnya. Nah, Anda bisa memanfaatkan keberadaan koin emas untuk mem-bypass kenaikan inflasi yang berimbas pada kenaikan ONH.

4. Serbuk Emas
Produk serbuk emas sangat jarang ditemukan di pasar Indonesia. Pasalnya, serbuk emas biasanya digunakan untuk para perajin emas sebagai bahan pembuat perhiasan atau emas batang.

5. Emas online
Emas online adalah jenis emas terbaik untuk diinvestasikan di media online. Investasi emas online atau online trading ini sudah ada di Indonesia.

Biasanya keberadaan emas online terintegrasi dengan instrumen derivatif keuangan berupa valuta asing (perdagangan valas). Anda dapat memiliki emas tetapi berdagang secara online dengan bantuan broker.

Anda dapat menjadikan perdagangan emas online sebagai cara terbaik tanpa harus memiliki toko emas, menyimpan emas fisik di rumah, dan mempertaruhkan penipuan saat menjual emas secara offline.

Berinvestasi dalam emas batangan atau perhiasan

Mengingat banyaknya investor emas yang lebih memilih produk emas fisik, maka kami akan lebih membahas tentang emas perhiasan dan emas batangan.

Ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membuat keputusan investasi dalam produk emas. Pada tabel di bawah ini.

Kalau bicara soal perbedaan jual kembali emas, biasanya ada perbedaan di setiap kota/kabupaten. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke toko emas yang menawarkan harga pembelian kembali yang lebih tinggi, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.