Cara Pendaftaran BLT tahap 3

Cara Mendaftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online Terbaru 2021

Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp 1,2 juta untuk pelaku UMKM di Indonesia dibuka mulai Maret hingga Mei 2021.

Baca Juga : UMKM Tahap 2 Kapan Cair ?

Perpanjangan Banpres Tahap 3 dimaksudkan untuk membantu pelaku UMKM berkembang lebih jauh di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Jika tahun lalu Anda belum menerima Bantuan Modal Usaha, Anda dapat mencoba mendaftar program Banpres produktif tahap 3 (tiga) pada tahun 2021.

Baca Juga : Daftar BPUM Mekaar BNI

Demikian juga bagi Anda yang mendapat bantuan di tahun 2020 dapat mendaftar dan menerimanya kembali.

Sesuai PermenKopUKM Nomor 2 Tahun 2021 yang baru disahkan, besaran dana BPUM untuk penerima bantuan berubah menjadi Rp 1,2 juta pada tahun 2021.

Hanya saja seperti di tahun 2020, penerima kemungkinan harus menunggu beberapa minggu sebelum bisa melakukan penarikan. Silakan bertanya di bank. Artinya, Anda yang menerima tahun 2020 akan otomatis terdaftar pada tahun 2021.

Sementara itu, likuidasi bagi pendaftar baru akan dimulai pada Mei hingga Juni 2021. Jadi silakan cek ke BRI atau BNI, bank resmi yang menyalurkan bantuan UMKM.

Bagi Anda yang mendapat pendanaan UMKM sebesar 2,4 juta di tahun 2020 dan yang akan terus menerimanya di tahun 2021 dengan nominal volume 1,2 juta.

TRENDING :  Gawat, Harga Emas Antam Pegadaian Hari Ini Turun Terus, Cek Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian 23 Maret 2021.

Pasalnya, menurut PermenKop UKM nomor 2 tahun 2021 UMKM penerima hanya bisa menerima satu kali dalam setahun atau pada tahun anggaran berjalan.

Nantinya, pendaftaran yang akan dibuka pada semester 2 tahun 2021 ini diperuntukkan bagi yang belum pernah menerimanya pada tahun 2021.

Persyaratan pendaftaran

Dalam situs resmi Kemenkop UKM, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar bisa menerima BLT Banpres UKM sebesar 1,2 juta. Persyaratan berikut masih berlaku pada tahun 2021.

1. KTP dengan Status Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih berlaku pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Harus memiliki usaha UMKM. Seperti warung, peternakan, pertanian, kerajinan tangan, sembako dan lain-lain.

4. Pastikan Anda tidak mengambil pinjaman atau pembiayaan dari pihak lain seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

5. Tidak berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI atau Polri.

6. Mengisi Formulir Pendaftaran BLT UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM atau Unit Desa/Kelurahan setempat jika ada.

7. Jangan lupa sertakan surat keterangan usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang memiliki KTP yang berbeda dengan alamat usahanya.

TRENDING :  Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya,Bunga Rendah Dan Terdaftar di OJK
Contoh-Surat-Keterangan-Usaha
Contoh SKU

Jika Anda memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa mendapatkan bantuan 1,2 juta . Tetapi pertama-tama Anda perlu tahu cara mendaftarnya.

Cara daftar UMKM online lewat HP

Sebenarnya, pemerintah belum memberikan informasi mengenai tata cara terbaru pendaftaran Banpres UMKM pada 2021. Namun, pada tahun 2020, pendaftaran dibuka dengan dua cara. Yaitu online dan offline (tatap muka).

Secara khusus, pendaftaran online gratis BLT UMKM level 3 dibahas di sini. Berdasarkan pengalaman pendaftar online sebelumnya, kini ada yang mendaftar langsung dari link pusat kementerian.

Namun pada tahap 2 pun banyak yang mendaftar secara online untuk Koperasi dan UMKM kabupaten-kota melalui link pendaftaran. Lalu bagaimana cara mendaftar secara online?

Link pendaftaran BLT UMKM

Pada Banpres UMKM tahap pertama, pemerintah membuka pendaftaran langsung melalui link readybersamakumkm.kemenkopukm.go.id. Link tersebut sebenarnya mengarah ke situs resmi pemerintah.

Hanya saja, meskipun merupakan situs resmi pemerintah, situs tersebut tidak diproses secara maksimal oleh penanggung jawab. Begitu banyak orang yang berjuang untuk masuk ke situs web.

Maka tak heran pemerintah akhirnya menutup pendaftaran online langsung ke link Kementerian Pusat untuk Koperasi dan UKM.

Pada pendaftaran Banpres tahap kedua, Kemendagri mengimbau pelaku UMKM untuk melakukan pendaftaran secara online melalui link kantor koperasi dan UMKM di masing-masing kelurahan.

TRENDING :  Cara Memulai Trading Forex Di OctaFX Bagi Pemula

Namun, pada banpres tahap ketiga ini tidak ada salahnya mencoba mengakses link ke pusat siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id. Karena mungkin saja pendaftaran melalui link tersebut dibuka kembali.

Atau Anda sedang mencari link untuk pendaftaran online layanan UKM kabupaten/kota BLT. Tanyakan kepada kepala desa/kelurahan atau petugas kantor UMKM apakah tersedia link daftar online.

Jadi Anda tidak lagi harus menghadapi keramaian seperti yang Anda lakukan sekarang saat mengajukan pendaftaran di masa pandemi Covid-19.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua layanan UMKM kabupaten/kota membuka pendaftaran online. Banyak yang hanya mendaftar langsung ke kantor resmi atau berkasnya diserahkan melalui aparat dinas atau Kelurahan.

Saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah bahwa BLT Tahap 3 telah dibuka. Dari pernyataan Menko UKM Teten Masduki, jelas banpres bagi UKM akan dilanjutkan pada kuartal I tahun 2021.

Pendaftaran diharapkan dibuka pada April 2021. Pembayaran akan berlangsung hingga Juni 2021, jadi bersiaplah.

Bagi Anda yang mendaftar di tahap kedua tetapi gagal, sebaiknya mendaftar ulang di tahap ketiga ini. Karena pada tahun 2020 hanya 12 juta pemain yang diikutsertakan dari total 28 juta pendaftar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.