Jenis semen mortar
Bricklaying. Construction worker building a brick wall.

Kenali Jenis Semen Mortar Serta Kegunaanya

Semen atau mortar instan saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan saat ini. Karena mortar sendiri sering digunakan oleh pemilik rumah dan tukang sebagai pengganti semen konvensional. Di sisi lain, banyak orang yang kini beralih dari bata merah ke bata ringan yang secara otomatis semakin banyak penggunaan semen mortar.

Berbicara mengenai mortar, tentunya kita juga harus mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan mortar, dan berikut kelebihan dan kekurangan mortar dibandingkan dengan semen kovensional yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan bahan bangunana yang akan anda pakai.

Kelebihan Semen Mortar

  1. Mudah dan praktis untuk digunakan.
  2. Menghemat waktu dan menghemat biaya karena pengerjaan bisa lebih cepat.
  3. Daya rekat yang lebih baik.
  4. Mudah disimpan

Kekurangan Semen Mortar

  1. Harganya lebih mahal
  2. Distribusi yang kurang merata di beberapa daerah
  3. Komposisinya yang tidak dapat dirubah
TRENDING :  Dafar Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta

Itulah berapa kelebihan dan kekurangan dari semen mortar dan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang berbagai jenis dan kegunaan mortar yang dapat digunakan untuk berbagai konstruksi, terutama untuk bangunan apartemen atau rumah.

Jenis-Jenis Semen Mortar

Setidaknya ada 4 jenis semen mortar yang harus Anda ketahui dan berikut adalah jenis-jenis mortar yang banyak beredar dipasaran :

Mortar Perekat Bata Ringan

Mortar bata ringan biasanya disebut oleh pekerja konstruksi atau mandor sebagai lem hebel atau mortar bata ringan. Efisiensi penggunaan mortar ini sangat tinggi dibandingkan dengan semen konvensional. Biasanya, pekerja bangunan (kuli) cukup mengoleskan mortar tipis-tipis agar bisa merekatkan bata ringan. Hal ini berbeda dengan semen tradisional yang biasanya harus kental untuk bisa merekatkan bata merah.

Biasanya untuk mengemas 40 kilogram mortar dapat digunakan untuk 10-14 meter per persegi dinding rumah.

TRENDING :  Mendesain Dapur Sederhana dan Minimalis, Minim Budget !!!

Plester dinding

Hal ini berbeda dengan mortar perekat bata ringan yang digunakan khusus untuk bata ringan tetapi tidak dapat digunakan untuk bata merah. Saat ini mortar plester dinding jenis ini bisa diaplikasikan pada plester dinding yang terbuat dari bata ringan, bata merah atau batako.

Penggunaan mortar juga lebih hemat karena cukup tercampur dengan air dan memiliki kualitas yang konsisten. Selain itu, kemasan 50 kilogram dapat digunakan untuk 2,5-3 meter persegi.

Acian instan

Mortar jenis ini digunakan untuk menghaluskan permukaan dinding. Keuntungan menggunakan mortar adalah lebih cepat kering, dinding lebih padat dan tidak menyerap cat, sehingga cat tembok nantinya akan terlihat dan sedikit retak rambut. Keuntungan lain adalah tidak lagi harus diplester dan karenanya lebih murah.

Pemasang keramik

Jika Anda berencana untuk meletakkan keramik di lantai atau di dinding, maka gunakan mortar khusus untuk meletakkan keramik. Dengan menggunakan mortar, Anda meminimalkan kerusakan pada keramik, karena dapat dengan mudah dilepas atau diangkat (meleleh) oleh panas. Bahkan, mortar peletakan keramik ini telah diformulasikan agar lebih kuat untuk merekatkan keramik bersama-sama.

TRENDING :  Harga dan Spesifikasi Oppo A37

Demikian 4 jenis semen mortar dan kegunaannya untuk konstruksi yang perlu Anda ketahui. Selain keempat jenis di atas, sebenarnya masih banyak jenis mortar semen lain yang beredar di pasaran mulai dari mortar keramik kolam renang, mortar anti bocor atau tahan air, dll.

Setiap mortar dibedakan berdasarkan fungsinya, karena telah diformulasikan sesuai dengan kebutuhan dan standarisasi pabrik. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan kualitas di kedua sisi rumah. Oleh karena itu, jangan menggunakan mortar yang salah untuk pekerjaan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.