cara cek spesifikasi laptop windows 10

5 Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 10

Saat ini sudah banyak software dan OS Windows yang dikembangkan. Setiap software tersebut memerlukan spesifikasi tertentu supaya laptop bisa menjalankannya dengan lancar. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara cek spesifikasi laptop Windows 10 dengan benar.

Setiap OS Windows yang ada pada dasarnya memiliki cara yang hampir sama untuk mengecek spesifikasi laptop. Terdapat banyak cara yang bisa diterapkan untuk mengecek spesifikasi laptop dengan OS Windows 10. Berikut ini 5 cara yang bisa dicoba:

1. Memanfaatkan Menu About Your PC

Seperti namanya, menu About Your PC akan menampilkan informasi terkait perangkat tersebut. Informasi tersebut sudah termasuk spesifikasi laptopnya. Berikut ini langkah-langkah untuk mengetahui spesifikasi laptop melalui menu About Your PC:

  • Buka menu About Your PC lewat menu Start.
  • Setelah itu pengguna akan melihat berbagai informasi laptop miliknya. Pilih Device Specifications.
  • Menu tersebut akan menampilkan informasi spesifikasi laptop. Mulai dari RAM, Penyimpanan, dan masih banyak lagi.
TRENDING :  Harga dan Spesifikasi Oppo A37

2. Mengetahui Spesifikasi Laptop Lewat System Information

Salah satu cara praktis untuk mengecek spesifikasi laptop adalah lewat System Information. Dengan cara ini pengguna juga bisa menyimpan informasi tersebut menjadi sebuah file txt sehingga bisa dilihat kapanpun. Berikut ini langkah-langkah untuk mengetahui spesifikasi laptop dengan System Information:

  • Ketik System Information pada menu Start dan tekan Enter. Setelah itu pengguna akan melihat informasi tentang spesifikasi laptop miliknya.
  • Untuk menyimpan informasi ini dalam bentuk file silahkan klik menu File.
  • Selanjutnya pilih Export dan lanjutkan prosesnya sampai selesai.

3. Mengecek Spesifikasi Laptop dengan CMD

Salah satu cara cek spesifikasi laptop Windows 10 yang mudah untuk diterapkan adalah dengan memanfaatkan Command Prompt. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan layanan satu ini, termasuk mengecek spesifikasi laptop. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop:

  • Buka Command Prompt dan pastikan untuk memilih opsi Run as Administrator. Command Prompt bisa dibuka melalui menu Start.
  • Setelah Command Prompt terbuka ketik systeminfo dan tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat dan Command Prompt akan menampilkan spesifikasi lengkap dari laptop tersebut.
  • Command Prompt juga bisa digunakan untuk melihat spesifikasi dengan lebih detail. Caranya dengan mengetik systeminfo/? dan menekan Enter. Langkah ini akan menampilkan perintah lain yang dapat diketikkan terkait informasi spesifikasi laptop.
TRENDING :  10 Fitur Terbaru Dari Windows 11, Kini Aplikasi Android Dapat Dijalankan Di Windows

4. Menggunakan Perintah Dxdiag Untuk Cek Spesifikasi

Salah satu cara mudah untuk mengecek spesifikasi laptop adalah dengan menggunakan perintah dxdiag. Caranya dengan membuka menu Run lewat menu Start. Setelah itu ketik dxdiag dan tekan Enter. Akan muncul halaman yang menampilkan spesifikasi laptop dengan cukup lengkap.

5. Mengecek Spesifikasi Laptop Windows 10 dengan Powershell

Pada dasarnya Command Prompt dan Power Shell adalah 2 hal yang hampir sama. Perbedaannya adalah Powershell bisa mengolah bahasa pemrograman dengan lebih baik. Powershell juga bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop. Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Ketik PowerShell di menu Start.
  • Setelah itu jalankan Windows PowerShell sebagai Administrator.
  • Selanjutnya pengguna akan masuk ke halaman PowerShell yang sekilas mirip dengan Command Prompt.
  • Lalu ketik perintah Get-Computer Info dan tekan Enter.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai dan PowerShell akan menampilkan spesifikasi lengkap dari laptop itu.
TRENDING :  Inilah 5 Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui, Jangan Panik!

Itulah tadi 5 cara cek spesifikasi laptop Windows 10 yang bisa dicoba. Dengan mengetahui spesifikasi laptop yang dimiliki maka pengguna bisa mengetahui kemampuan laptopnya. Setelah mengetahui hal itu pengguna bisa tahu pekerjaan apa yang bisa dan tidak bisa dijalankan laptopnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.