cara memotret objek bergerak dengan kamera hp

Inilah 5 Cara Memotret Objek Bergerak dengan Kamera HP yang Patut Dicoba

Di zaman yang semakin modern ini, banyak remaja yang berlomba-lomba mengembangkan hobi dalam bidang fotografi. Kegiatan fotografi bisa dimulai dengan memanfaatkan kamera handphone termasuk pengambilan objek bergerak. Cara memotret objek bergerak dengan kamera hp sudah sepatutnya dipelajari untuk menambah wawasan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan objek bergerak adalah pencahayaan, sudut foto serta pemilihan smartphone. Dengan kecanggihan smartphone yang dibekali kamera mumpuni, siapa pun dapat memotret layaknya fotografer professional. Di bawah ini adalah cara mudahnya:

1. Memilih Sudut Foto Yang Tepat

Pemilihan sudut yang tepat merupakan salah satu yang akan menentukan sampai atau tidaknya seorang fotografer menyampaikan pesan. Untuk menghasilkan foto yang baik, beberapa teknik angle dapat dicoba.

Angle foto merupakan sudut pengambilan tertentu yang diterapkan ketika kamera akan membidik objek. Pengguna bisa menyesuaikannya tergantung kebutuhan pemotretan objek foto. Jenis-jenis angle foto yang sudah diketahui secara umum adalah seperti:

  • Eye level (sudut pandang normal).
  • Low angle (kamera lebih rendah dari objek yang diambil).
  • Frog view angle.
  • Canted angle.
  • High angle (kamera lebih tinggi dari objek yang diambil).
  • Bird eye level.
TRENDING :  Cara Memulai Trading Forex Di OctaFX Bagi Pemula

2. Mengatur Pencahayaan

Dalam dunia fotografi, pengaturan cahaya merupakan kunci sebuah keberhasilan. Pengaturan cahaya ini erat kaitannya dengan pengaturan diafragma dan kecepatan. Memotret di pagi hari di antara pukul 06.00 – 09.00 sangat disarankan. Pasalnya, pada waktu tersebut, cahaya matahari masih terbilang cukup baik.

Fotografi cahaya tidak serumit yang dibayangkan. Jika memulai dengan pengaturan pencahayaan rumit yang dilihat di beberapa studio, kepala pun akan pusing. Cobalah mulai dengan prinsip dasar pencahayaan foto dan terus meningkat. Terus mempelajari keterampilan fotografi sampai dirasa mudah dan menyenangkan.

3. Menggunakan Mode Burst

Mode burst merupakan salah satu fungsi kamera yang membantu saat pengambilan serangkaian foto secara berurutan dalam waktu cepat. Dengan diaktifkannya mode ini, secara otomatis dapat menahan tombol rana, sehingga menghasilkan serangkaian foto seperti menekan picu senapan mesin yang mulai menembak.

TRENDING :  6 Aplikasi Kamera Terbaik di Android Dan iOS

Mode burst adalah mode untuk memotret objek bergerak dengan kamera hp yang sebaiknya tidak dilewatkan. Mode ini dapat diandalkan jika ingin mendapatkan setiap momen yang maksimal. Beberapa kamera menawarkan berbagai kecepatan burst, tergantung ukuran dan kualitas foto, fokus otomatis dan rana.

4. Mematikan Fokus Otomatis

Cara memotret objek bergerak dengan kamera hp selanjutnya adalah dengan mematikan fokus otomatis. Memotret objek bergerak memang cukup rumit. Cobalah untuk memilih mode manual untuk mengambil setiap objek. Tekan lalu tahan layar untuk mendapatkan fokus, kemudian ambil gambar sesuai keinginan.

5. Menggunakan Mode HDR

HDR merupakan kependekan dari High Dynamic Range. Jika mengaktifkan fitur ini pada handphone yang digunakan, maka hasil jepretan akan jauh lebih baik dari jepretan biasanya. Mode HDR akan memberi hasil yang lebih menarik. Sesuai namanya, High Dynamic Range mampu memberikan hasil yang jernih dan detail.

TRENDING :  Begini Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir dengan Mudah

Pada dasarnya, mode HDR memberi opsi dan kemudahan untuk tidak kehilangan fokus antara subjek dengan latar belakang. Tentunya keduanya dapat mendapatkan kecerahan sesuai dengan yang diinginkan.

Demikian 5 cara memotret objek bergerak dengan kamera hp yang dapat dicoba terutama bagi pemula. Kendati mengedit hasil objek bergerak dengan hp dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi, namun ke lima cara tersebut bisa juga dicoba. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lelah dan berhenti untuk belajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.