cara pemasangan cctv online

Cara pemasangan CCTV online Anti Ribet

Memasang CCTV diperlukan sebagai peningkatan keamanan dan pengawasan rumah atau properti lainnya. Saat ini cara pemasangan CCTV online bisa dilakukan sendiri dan anti ribet, ditambah sekarang banyak yang rela merogoh uang banyak untuk membeli rangkaian peralatan CCTV.

Bagaimana memasang CCTV online? Cara mengoperasikannya juga cukup mudah layaknya peralatan elektronik lainnya. Apalagi beberapa kamera CCTV sudah mampu dipantau dan dioperasikan melalui android pengguna masing-masing. Berikut ini cara memasang CCTV online anti ribet:

1. Mengecek Tempat Memasang CCTV

Cara pemasangan CCTV online dapat dilakukan sendiri dengan memperhatikan area dimana mau menempatkan CCTV. Pastikan untuk memperhatikan secara detail sebelum memutuskan di mana area yang dipilih. Berikut ini langkah mengecek tempat pasang CCTV:

  • Sebaiknya jauhkan tempat kamera CCTV dari jangkauan anak-anak.
  • Menghindari tempat kamera yang mengarah langsung sumber cahaya.
  • Menempatkan CCTV dekat dengan sumber listrik.
  • Apabila di luar ruangan, taruh sebaiknya di tempat yang luas dan sejuk.
  • Jangan menaruh kamera CCTV terlalu bawah karena bisa membuat video jadi lebih terang
  • Menghindari dari jangkauan rumah tetangga, kamar mandi, atau tempat-tempat privasi yang tidak boleh terlihat.
TRENDING :  Spesifikasi dan Harga Second Samsung Tab A6 2016

2. Memasang CCTV di Dinding

Pada saat ingin memasang kamera tentunya harus menyiapkan lubang dengan bor tembok, kemudian tempat yang sudah disiapkan. Siapkan kamera dengan sudut dan posisi yang tepat agar mempermudah pemasangan CCTV. Kamera CCTV yang bagus biasanya lengkap dengan braket pemasangan dan sekrup.

Lebih baik manfaatkan template lubang pemasangan yang berada di langit-langit tembok, agar mudah pemasangan. Apabila memasang kamera IP PTZ, maka lebih baik memasang braket secara vertikal dan kenali lebih banyak mengenai braket vertikal RLC-423.

3. Mengatur Kabel dan Perangkat Lainnya

Cara pemasangan CCTV Online yang cukup sulit adalah mengatur kabelnya. Sebelum memulai sebaiknya rencanakan dimana akan dipasang dan diletakkan kabel tersebut supaya tidak mengganggu dan dijangkau anak-anak. Perhatikan juga apabila memasang pada tempat-tempat seperti langit-langit, atap, dan loteng.

TRENDING :  Harga Laptop Gaming Series Dari ASUS

Lebih baik melubangi tembok dan meletakkan kabel di dalamnya agar memudahkan pemasangan kabel pada CCTV. Dengan cara ini dapat menyembunyikan kabel pada tembok dan mencegah aus. Selain itu, setiap kabel pada CCTV memiliki konektor dan terdiri dari 2 kabel sehingga dapat merekam video dengan baik.

4. Menghubungkan CCTV dan Menyalakan CCTV

Langkah selanjutnya setelah proses pemasangan kabel yaitu hubungkan sistem CCTV rumah dan periksa apakah sudah berhasil dapat catu daya. Pemasang juga harus menghubungkan dan membuat soket dan nantinya dapat terhubung sumber daya ke kamera.

Pemilik rumah juga harus membuat rencana cadangan bila sewaktu-waktu terdapat penyusup yang datang ketika pemadaman listrik atau bahkan mencoba memutus catu daya. Maka dari itu, perlu memastikan sistem keamanan yang berada di rumah sudah terhubung ke genset.

5. Mengatur Kamera CCTV

Cara terakhir yaitu mengatur CCTV, yang mana dilakukan apabila kamera sudah terpasang prosedur terakhir yaitu instalasi. CCTV saat ini bisa diakses dan ditampilkan ke tablet maupun komputer. Jadi, produsen CCTV menawarkan untuk menginstall aplikasi yang dapat diakses di mana saja.

TRENDING :  10 Fitur Terbaru Dari Windows 11, Kini Aplikasi Android Dapat Dijalankan Di Windows

Tidak lupa pula atur fitur pengawas pada aplikasi yang termasuk deteksi gerakan, perekam video, tampilan langsung, perkecil atau perbesar sesuai kebutuhan pemasang. Email biasanya akan dikirimkan kepada pemilik apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga seperti pembobolan atau pencurian.

Demikianlah itu tadi beberapa cara pemasangan CCTV online anti cara ribet yang bisa ditiru dengan mudah dari rumah. Jadi, tidak perlu lagi memanggil teknisi ke rumah untuk melakukan pemasangan CCTV. Cukup mudah, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.