jenis jenis angle kamera

Jenis Jenis Angle Kamera yang Wajib diketahui Pemula!

Jenis jenis angle kamera sangat bervariasi dalam dunia fotografi. Angle kamera atau yang dikenal dengan pengambilan sudut pandang dalam dunia fotografi merupakan sesuatu yang sangat penting dan mendasar.

Tidak hanya berpengaruh pada hasil jepretan namun juga ada beberapa detail yang harus diperhatikan.Diantaranya adalah pencahayaan yang cukup, pengaturan kamera yang tepat saat akan digunakan hingga teknik pengambilan gambar.

Tidak semua angle cocok dengan semua kondisi begitu juga dengan objek yang akan difoto. Maka dari itu simak penjelasan singkat tentang jenis jenis angle kamera yang wajib diketahui pemula berikut ini:

1. Eye Level Angle

Eye level angle adalah suatu teknik pengambilan gambar menggunakan kamera dengan sudut pandang yang sejajar atau setara dengan mata manusia. Posisi kamen ketinggian dengan objek dan dengan ketinggian yang sama.

Teknik ini merupakan teknik yang biasa digunakan dunia fotografi dengan output atau hasil foto yang netral dan natural.Teknik Eye Level Angle digunakan aktivitas deskripsikan aktivitas manusia sehari hari atau biasa dikenal dengan human interest.

TRENDING :  Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode Di iOS 12

Selain itu teknik ini juga digunakan untuk kegiatan yang biasa dilakukan seperti mengobrol, menonton TV  melihat lukisan dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan keseharian.

2. Low Angle

Low angle adalah suatu teknik pengambilan gambar menggunakan kamera dengan sudut pandang yang sedikit rendah dari bawah ke atas. Posisi yang diambil adalah kamera berada dibawah objek dengan lensa agak mengarah ke atas.

Teknik ini digunakan untuk memberikan kesan tinggi, gagah dan juga mewah kepada objek yang akan dibidik.

Sedikit tips dalam pengambilan gambar dengan sudut pandang rendah atau low angle yaitu pastikan latar belakang tidak penuh dan ramai supaya kesannya bisa tersampaikan dengan baik dan maksimal. Teknik ini juga cocok untuk membidik orang yang tidak tinggi sehingga terlihat lebih proporsional.

3. High Level Angle

High level angle adalah sebuah teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan sudut pandang sedikit tinggi dari atas ke bawah dengan berbagai environment. Posisi yang diambil saat akan membidik objek adalah fokus dengan suasana dan environment sekitar objek.

TRENDING :  Cara Berlangganan Mola TV dan Cara Pembayaran Mola TV

Teknik ini memberikan kesan tekanan jika objek yang difoto adalah manusia.Namun jika yang dibidik adalah suasana alam pedesaan atau perkotaan.

Teknik high level angle mampu memberikan kesan yang luas dan natural. Karena teknik ini mampu menangkap gambar dengan jarak yang cukup luas. Tentu hal ini juga berpengaruh dengan lensa yang digunakan saat membidik.

4. Bird Eye View

Bird eye view angle merupakan teknik pengambilan gambar dalam fotografi. Dengan mengambil sudut pandang seperti burung atau dari tempat ketinggian dan membidik objek yang berada jauh di sekitar. Selain itu, teknik ini digunakan untuk memberikan perspektif landscape yang sangat luas dan menjelaskan objek di sekelilingnya.

Teknik ini biasa digunakan untuk kebutuhan film Hollywood yang mencitrakan karakteristik suatu perkotaan dengan latar yang di dalam. Teknik bird eye view pada umumnya menggunakan alat dan perangkat yang canggih seperti drone atau kamera yang diletakan di dalam pesawat ataupun helikopter.

5. Frog Eye View

Frog eye view adalah sebuah teknik pengambilan gambar yang diambil dengan sudut pandang mata seolah olah dari sudut pandang katak. Dimana letak kamera yang digunakan untuk membidik objek diletakan dengan sangat rendah dan setara dengan objek.

TRENDING :  Inilah 5 Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui, Jangan Panik!

Sehingga objek yang sangat kecil bisa terlihat dengan cukup jelas dengan pengambilan gambar teknik frog eye view.Teknik ini membutuhkan sedikit totalitas dari fotografer karena kamera yang digunakan untuk membidik objek harus sejajar di atas tanah.

Namun dengan teknik dan penerapan yang benar hasil jepretan yang dihasilkan dengan menggunakan teknik frog eye view akan lebih detail dan memberikan kesan dramatis.

Demikian pembahasan tentang jenis jenis angle kamera yang wajib diketahui pemula. Selain angle kamera ada beberapa faktor lain yang menentukan kualitas hasil foto yang dihasilkan. Bidik objek dimanapun, dengan teknik yang dilatih terus menerus secara berkelanjutan maka hasilnya akan bisa diandalkan pada akhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.