microphone google meet tidak berfungsi

5 Penyebab Microphone Google Meet Tidak Berfungsi Serta Cara Penanganannya

Hambatan yang hadir dalam aktivitas yang dilakukan secara online adalah hambatan jaringan dan perangkat yang digunakan. Misalnya yang paling umum dicari adalah penyebab dan mengatasi microphone Google Meet tidak berfungsi dengan baik.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika microphone tidak berfungsi dengan baik dan pertama harus mengetahui penyebabnya. Terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan menjadi penyebab microphone Google Meet tidak berfungsi seperti:

1. Hubungan Koneksi Internet yang Kurang Mendukung

Penyebab paling umum mengapa microphone pada Google Meet tidak berfungsi adalah memiliki jaringan internet yang kurang stabil. Oleh karena itu dapat menyebabkan suara seolah-olah tidak keluar di forum atau delay (masuk terlambat).

Sebenarnya ada ciri tertentu yang kadang dapat digunakan untuk menjadi pertanda bahwa microphone tidak berfungsi karena internet. Ciri tersebut biasanya suara yang masuk ke room terbata-bata atau seperti robot.

Untuk memastikannya, pengguna juga dapat bertanya pada peserta yang hadir di dalam room Google Meeting. Sementara itu, untuk menanganinya dapat mengganti jaringan atau menggunakan Wifi dengan kualitas yang lebih baik.

TRENDING :  8 Aplikasi Penghasil Uang Yang Sudah Terdaftar OJK

2. Perizinan Menggunakan Microphone Belum Disetujui Penyelenggara

Biasanya ada fitur unik yang hanya dimiliki oleh host atau penyelenggara dan salah satunya adalah mencabut izin aktif microphone dalam Google Meeting. Bagi penyelenggara baru, biasanya hal ini sulit untuk ditemukan fitur untuk mengaktifkan microphone seluruh peserta.

Terlebih lagi, Google Meeting tidak dapat melemparkannya kepada orang lain karena penyelenggara atau pencipta link secara otomatis menjadi host. Cara mengatasinya dapat dengan membuat link baru atau diajarkan bagaimana cara untuk mengizinkannya.

3. Microphone Belum Diaktifkan

Beralih ke penyebab microphone Google Meet tidak berfungsi berikutnya adalah kesalahan diri sendiri atau human error yaitu belum mengaktifkan microphone. Meskipun sepele, ternyata tidak jarang juga microphone belum diaktifkan oleh penggunanya.

Seringkali pengguna sudah menjelaskan dan berbicara panjang lebar, namun peserta tidak dapat mendengarnya karena microphone tidak aktif. Oleh karena itu langkah paling baik sebelum memulai berbicara dapat bertanya apakah suara sudah terdengar atau perkenalan diri.

TRENDING :  5 Cara Agar Video YouTube Muncul Di Beranda

Meskipun simbol microphone yang ada biasanya terlihat jelas dicoret yang menandakan sedang tidak aktif. Akan tetapi, sangat mungkin juga peserta tidak menyadarinya sebab ketika microphone tidak aktif maka tidak ada juga akun yang muncul.

4. Perizinan Menggunakan Microphone Belum Disetujui Di Browser yang Digunakan

Kemudian ada juga izin untuk menggunakan microphone belum disetujui oleh pengguna, baik melalui browser atau aplikasi yang digunakan. Biasanya pada aplikasi atau browser yang baru digunakan akan muncul notifikasi perizinan.

Ketika pengguna tidak menyetujui untuk membiarkan aplikasi atau browser menggunakan microphone, maka tidak akan dapat menjalankannya. Cara untuk mengatasinya adalah mengubah setelannya pada menu pengaturan dan kemudian setujui.

5. Kerusakan Sistem Pada Perangkat

Apabila seluruh penyebab microphone Google Meet tidak berfungsi tersebut dirasa bukan menjadi hal yang diyakini sebagai alasannya. Maka bisa jadi, perangkat yang digunakan mengalami kerusakan pada speaker atau sistem lainnya yang mungkin rusak.

TRENDING :  Mengenal dan Review FXTM Broker Forex Yang Ramah Bagi Pemula

Ada tanda yang dapat menjadi kemungkinan seperti awalnya microphone berfungsi dengan baik kemudian tiba-tiba suaranya hilang tiba-tiba. Langkah untuk mengatasinya dapat mencoba dengan menggunakan earphone untuk melihat perbedaannya.

Alternatif lainnya, pengguna juga dapat mencoba untuk mengaktifkan kembali perangkat atau melakukan proses restart. Setelah itu, coba kembali masuk ke dalam Google Meeting dan lihat apakah ada perbedaan. Jika ada, maka dapat dipastikan ada part dalam perangkat yang rusak.

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan untuk mengetahui penyebab microphone Google Meet tidak berfungsi serta jalan keluarnya. Setiap masalah tentu saja memiliki jalan keluar dan begitu juga ketika microphone tidak berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.