cara mengetahui cctv merekam suara atau tidak

Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara Atau Tidak Serta Cara Pemasangannya

Di era yang semakin canggih, kehadiran CCTV sangat berguna untuk memantau lingkungan di sekitar agar tetap aman. Biasanya alat ini dipasang di area perkantoran hingga rumah pribadi. Bagaimana cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak? Simak ulasannya berikut ini:

Sekilas Tentang Mikrofon CCTV

Sebelum membahas mengenai cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak, mungkin banyak yang belum paham mengenai mikrofon CCTV. Mikrofon pada CCTV memiliki fungsi sama dengan mikrofon di ponsel yaitu digunakan untuk mengirim dan menerima suara.

CCTV yang terpasang dengan mikrofon tentu mampu mengirim dan menerima suara dengan baik. Tidak hanya video saja yang dikirim, namun juga audionya. Dengan demikian, rekaman akan tampak lebih jelas karena didukung dari segi visual dan audio yang mumpuni.

Terdapat 2 jenis mikrofon pada CCTV yaitu mikrofon yang sudah terpasang secara langsung di kamera dan mikrofon yang dibeli terpisah dengan kamera. Untuk pengguna membeli CCTV dan mikrofon secara terpisah dan ingin memasangnya maka perlu menggunakan alat tambahan.

TRENDING :  Daftar Harga Laptop ASUS Vivobook Series Lengkap Dengan Spesifikasi

Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara

Mungkin banyak yang belum paham bagaimana cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak. Sebenarnya sangat mudah untuk mengecek dan memeriksa hal tersebut. Berikut cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Perhatikan CCTV

Salah satu cara untuk mengetahui apakah CCTV merekam suara atau tidak yaitu dengan memperhatikan bentuk CCTV itu sendiri. Seperti yang diketahui bahwa CCTV memiliki bentuk yang sangat beragam. Di awal sudah disebutkan bahwa tidak semua CCTV dilengkapi dengan mikrofon.

Setiap bentuk CCTV memiliki fungsi yang tidak selalu sama. Setiap pengguna harus bisa membedakan bentuk CCTV yang bisa merekam suara atau tidak. Biasanya CCTV yang memiliki desain elegan dilengkapi dengan perekam suara.

2. Lihat Mic Di Sekitar CCTV

Selain memperhatikan bentuk dari CCTV itu sendiri, cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak juga bisa dilakukan dengan melihat mic di sekitar CCTV. Biasanya CCTV yang bisa merekam suara dilengkapi dengan mic berukuran kecil bahkan mungkin tidak terlihat dengan jelas.

TRENDING :  Penyebab CCTV Tidak Merekam Perlu Diketahui

Mic tersebut fungsinya untuk merekam suara ketika CCTV menyala. Dengan desain yang sedemikian rupa, seringkali seseorang tidak sadar bahwa CCTV tersebut sedang merekam gambar sekaligus suara. Mic ini akan membuat rekaman lebih jelas dan mudah untuk dipahami karena dilengkapi suara.

Bagaimana Cara Memasang Mikrofon Ke CCTV?

Apabila membeli kamera dan mikrofon secara terpisah, maka pengguna perlu mengetahui cara yang tepat untuk memasangnya. Caranya sendiri sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya:

  • Sebelum memasang, perlu untuk memperhatikan model kabel yang dibutuhkan. Untuk video transmitter sebagai pengirim sinyal, maka memerlukan kabel coaxial. Namun jika untuk audio, maka perlu jack RCA seperti pada audio system maupun speaker.
  • Untuk produk yang belum ditambah power, maka wajib jack power menggunakan DC Connector sebagai power audio mikrofon CCTV-nya.
  • Silahkan sambungkan seluruh kabel power dan audionya.
  • Setelah semua tersambung, maka hanya perlu menghubungkan audio monitoring yang sudah ada menggunakan perekat double tape sebagai lem.
  • Mikrofon pun sudah terpasang dan bisa berfungsi untuk merekam suara.
TRENDING :  Harus Coba! Ini Cara Ganti Wajah di PicsArt Tanpa Ribet

Itulah penjelasan mengenai mikrofon CCTV, cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak hingga cara memasang mikrofon jika beli secara terpisah. CCTV ini bisa disambungkan ke komputer, laptop, hingga smart TV untuk memantau dan mengawasi segala aktivitas di ruangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.