cara sambung cctv ke hp

2 Cara Sambung CCTV Ke HP Yang Perlu Diketahui!

Banyak yang hanya tahu bahwa CCTV hanya bisa disambungkan pada pc atau laptop saja. Padahal sekarang CCTV juga dapat diakses melalui ponsel android. Nah cara sambung cctv ke hp ada beberapa macam.

Menggunakan Pengaturan Hp Secara Langsung

Kebanyakan untuk menghubungkan Antara CCTV dan juga hp adalah tetap menggunakan bantuan komputer atau laptop. Namun kali ini akan diuraikan caranya tidak memerlukan bantuan dari komputer tersebut. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung simak uraiannya berikut:

1. Pastikan Bahwa DVR Dan CCTV Telah Berfungsi Dengan Baik

Pertama pastikan CCTV sudah terpasang di tempat yang tinggi. Pastikan juga bawah DVR dan CCTV telah menyala dan DVR berfungsi dengan maksimal sebagai penyimpanan kamera. Kemudian gunakan IP camera atau gunakan internet protocol agar dapat terhubung dengan ponsel dan internet.

2. Login DVR

Agar DVR online dan terhubung dengan jaringan internet, pengguna bisa menggunakan fitur cloud access. Atau bisa juga dengan menggunakan dynamic domain name server jadi nantinya dibutuhkan alamat IP publik. Untuk itu pengguna bisa coba aktifkan pada DVR berupa could access.

TRENDING :  Ternyata Ini Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses

Jadi aktifkan Could access P2P pada DVR yang terhubung dengan jaringan internet. Lalu login pada DVR sebagai admin lalu klik menu biasanya ada pada opsi network. Lalu nanti pengguna akan diminta untuk membuat kode verifikasi untuk menambahkan DVR pada aplikasi.

3. Install Aplikasi VMS atau CMS

Setelah proses di atas berhasil, maka DVR akan berubah status menjadi online. Maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunduh dan install aplikasi VMS atau CMS daei vendor DVR yang dimiliki. Lalu pilih opsi toll kemudian beralih ke bagian device management.

Jika sudah, pengguna bisa klik menu tab server kemudian tap menu add new device Type. Lalu pada device yang pengguna inginkan, bisa klik centang lalu ok. Selanjutnya klik add device kemudian masukkan serial number dari DVR disusul kode verifikasi yang sebelumnya dibuat, selesai.

TRENDING :  Harga dan Spesifikasi Oppo A37

Cara Menyambung Dengan Bantuan Komputer

Pada urutan kedua mengenai cara sambung cctv ke hp adalah dengan bantuan komputer. Jika sebelumnya hanya mengandalkan ponsel saja, maka kali ini dengan bantuan komputer. Berikut adalah langkah caranya:

  • Pertama pengguna samakan kelas IP menghubungkan komputer, bila semua sudah setara maka tinggal masuk pada settingan DVR.
  • Untuk masuk pada settingan bisa melalui browser, kemudian masukkan IP DVR yang ada di komputer pada browser.
  • Kemudian login dengan user dan password kemudian tunggu hingga muncul pop up lalu klik untuk install activeX.
  • Jika pengunduhan berhasil, maka akan terlihat tampilan kamera lalu tinggal klik tool system lalu pilih opsi network.
  • Bila sudah, pengguna bisa ganti portnya dengan angka 81 kemudian klik apply lalu tambahkan angka 81 pada Alamat IP untuk kembali pada aplikasi browsing.
  • Kemudian bisa setting modem dengan masuk pada settingan modem lalu temukan fitur virtual.
  • Pada menu server IP address, pengguna bisa masukkan alamat IP dari DVR beserta port yang akan dibuka untuk DVR.
  • Untuk port sendiri bisa menggunakan kode 81 atau 888 kemudian klik save.
  • Kemudian unduh aplikasi bisa pilih eagleeyes kemudian lakukan hal yang sama seperti saat masuk melalui browser.
  • Gunakan juga port DVR yakni 81 kemudian login, tunggal tunggu beberapa saat dan sudah bisa memantau Cctv melalui ponsel.
TRENDING :  Cara Ganti Processor Laptop dengan Mudah dan Aman

Demikian adalah dua cara sambung cctv ke hp yang bisa pengguna praktekkan. Hanya saja mungkin keteteran di atas tidak begitu lengkap dan hanya dari garis besarnya saja. Sebab terdapat keterbatasan yang tidak memungkinkan untuk menjelaskan sedetail mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.