cara pasang power supply cctv

Cara Pasang Power Supply CCTV dengan Benar

CCTV merupakan alat keamanan untuk rumah hingga warung yang saat ini cukup booming. Namun bagi yang baru pertama kali membeli CCTV apalagi via online, tentu bingung untuk instalasi power supply sendiri. Berikut ini cara pasang power supply CCTV dengan benar:

Kegunaannya Power Supply

Sebelum mengetahui cara pasang power supply CCTV, ada baiknya mengenal terlebih dahulu kegunaannya. Hal ini dilakukan agar pembaca bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan power supply CCTV.

Power supply CCTV adalah kabel yang menghubungkan kamera CCTV ke sumber listrik. Kabel power supply yang digunakan untuk CCTV berbeda dengan kabel yang digunakan untuk menghubungkan CCTV ke monitor. Sehingga kegunaan power supply ini agar CCTV dapat menyala dan merekam.

Kabel power supply biasanya memiliki konektor khusus yaitu konektor RG59 dan RG6. RG merupakan singkatan dari Radio Guide atau Radio Grade. Kedua konektor tersebut yang menghubungkan power supply dengan kabel Coaxial ke kamera CCTV atau DVR, yaitu Digital Video Recorder.

TRENDING :  Cara Mengukur Kecepatan Internet yang Mudah dan Praktis

Dua jenis konektor tersebut memiliki perbedaan yang jelas. Perbedaan tersebut mengerucut pada kualitas video yang didukung. Masing-masing dari kabel tersebut tergantung dengan kualitas kamera CCTV yang akan digunakan.

Perbedaannya, CCTV yang menggunakan kabel R59 ini sangat baik digunakan untuk kamera CCTV yang memiliki sinyal frekuensi rendah di bawah 50 MHz. Maka dari itu kamera CCTV tersebut beresolusi rendah dan diperuntukkan sebagai kamera pengawas.

Sedangkan untuk CCTV yang menggunakan kabel RG6 memiliki sinyal frekuensi yang tinggi sehingga kamera CCTV yang dihasilkannya pun beresolusi tinggi. CCTV dengan kabel RG6 ini merupakan yang terbaik.

Cara Memasangnya

Cara pasang power supply CCTV sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan biasanya meski ada yang membelinya secara online sehingga tidak ada teknisi yang datang membantu, toko biasanya memberikan kertas atau buku panduan bagaimana cara memasang CCTV tersebut dengan baik.

TRENDING :  6 Cara Mengembalikan Nomor WA yang Terhapus

Di dalam kemasan, terdapat panduan lengkap bagaimana cara menghubungkan sumber listrik ke kamera CCTV. Namun, memang tak sedikit orang yang masih bingung meski sudah ada tutorialnya sekali pun. Berikut ini caranya:

  • Pertama-tama, pastikan kabel power supply CCTV yang digunakan untuk menghubungkan ke kamera CCTV.
  • Kedua, hubungkan kabel Coaxial ke kamera CCTV.
  • Ketiga, hubungkan kabel Coaxial tadi ke power supply.
  • Keempat, power supply tadi kemudian dicolokkan ke kotak terminal khusus CCTV.

Pada kotak terminal khusus CCTV, terdapat kotak terminal untuk memasang kabel. Caranya cukup dengan mengikat kabel berwarna merah pada kabel plus (+) yang berwarna hitam dan kabel pada panel minus (-).

Ketika mengikat kabel-kabel seperti yang dijelaskan sebelumnya, jangan sampai melakukan kesalahan dengan tidak sengaja tertukar karena akibatnya cukup fatal. Misalnya seperti gangguan aliran listrik. Bahkan CCTV tidak bisa merekam dan rusak sehingga tak bisa digunakan lagi.

TRENDING :  Ketahuilah Cara Kerja CCTV Lampu yang Menjaga Rumah Supaya Aman

Kesalahan penukaran pemasangan kabel ini benar-benar tidak bisa dianggap remeh karena dapat mengakibatkan hal-hal yang lebih buruk seperti yang disebutkan sebelumnya, juga dapat membuat perangkat elektronik yang ada pun ikut rusak, tak bisa digunakan lagi, dan yang paling parahnya bahkan dapat terbakar.

Namun zaman sekarang kabel power supply CCTV lebih mudah dipasang karena bentuk kabelnya yang mirip dengan kabel antenna televisi. Sehingga cukup colokkan ke port yang tersedia sesuai dengan bentuk kabel tersebut, maka CCTV pun dapat menyala dan siap melakukan pengawasan.

Demikian cara pasang power supply CCTV yang benar. Semoga penjelasan di atas sudah cukup singkat dan padat sehingga tidak membuat bingung pembaca dan artikel ini dapat dijadikan alternatif kedua jika buku atau kertas panduan dari toko sulit dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.