cara kerja cctv lampu

Ketahuilah Cara Kerja CCTV Lampu yang Menjaga Rumah Supaya Aman

Tingginya tindakan kejahatan akhir-akhir ini menjadikan penggunaan kamera pengawas atau CCTV semakin banyak digunakan. Salah satu CCTV yang kerap dipilih pengguna yakni CCTV lampu. Ulasan ini akan membahas cara kerja CCTV lampu beserta cara mengkoneksikan atau menghubungkannya ke perangkat pengguna.

Pada dasarnya, cara kerja dari CCTV lampu yaitu memantau seluruh area ruangan karena dilengkapi lensa 360 derajat. Oleh karena itu, CCTV ini sering juga disebut dengan CCTV panorama. Detail terkait cara kerja dari CCTV lampu dapat disimak pada uraian berikut.

Beginilah Cara Kerja CCTV Lampu

CCTV lampu dapat bekerja jika dihubungkan dengan smartphone milik pengguna melalui koneksi internet. CCTV lampu dapat dikoneksikan menggunakan WiFi maupun tanpa WiFi. Kinerjanya akan lebih optimal jika dihubungkan menggunakan WiFi. Secara umum, cara kerja dari CCTV lampu ada 2, yaitu:

1. Bekerja karena Deteksi Gerakan

CCTV lampu pada umumnya hanya merekam apabila ada gerakan yang memicu sensornya. Hal ini disebabkan CCTV lampu berbasis motion detection. Oleh karena itu, jika tidak ada gerakan yang terdeteksi sensor, CCTV secara otomatis akan beralih ke mode tidur atau sleep.

TRENDING :  Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara Atau Tidak Serta Cara Pemasangannya

Sejatinya, cara kerja CCTV semacam ini memiliki kelebihan yaitu dapat menghemat daya baterai. Namun, kelemahannya adalah tidak semua kejadian dapat terekam sehingga pengguna tidak dapat benar-benar memantau keadaan rumah. Terlebih jika lingkungan sekitar rumah tergolong sepi dan minim gerakan.

2. Bekerja Tanpa Deteksi Gerakan

Selain bekerja karena dipicu oleh gerakan, beberapa CCTV lampu juga tetap dapat aktif merekam meskipun keadaan sedang sepi. Hal ini berarti CCTV dapat bekerja selama 24 jam. Perbedaan tersebut tergantung dari merek CCTV yang digunakan. Pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan.

CCTV lampu yang dapat bekerja tanpa perlu dipicu gerakan ini biasanya dilengkapi dengan sensor motion detection yang lebih sensitif. Selain itu, CCTV jenis ini juga dapat otomatis berputar sehingga bisa mengawasi seluruh ruangan. Resolusinya pun tinggi, yaitu sebesar 960P HD.

TRENDING :  Cara Ganti Processor Laptop dengan Mudah dan Aman

Cara Menghubungkan CCTV Lampu ke Perangkat Milik Pengguna

Setelah mengetahui cara kerja CCTV lampu, maka pengguna juga perlu mengetahui cara menghubungkannya ke perangkat. Langkah-langkah menghubungkan CCTV lampu ke perangkat smartphone menggunakan WiFi adalah sebagai berikut:

  • Pertama, koneksikan smartphone pengguna dengan WiFi yang tersedia. Lalu, pasanglah aplikasi “ICsee Pro” di smartphone dengan cara mendownload dari Play Store.
  • Barulah buka aplikasi tersebut dan daftarkan diri pengguna terlebih dahulu.
  • Setelah memasukkan data dengan benar, klik “Get Code”. Kode akan dikirimkan ke email pengguna.
  • Jika kode sudah dikirimkan, ketikkan kode tersebut di kolom yang ada lalu tekan “Sign Up”.
  • Langkah selanjutnya adalah tekan simbol tambah (+) di kanan atas ujung dan pilih “Set up My Device to Wi-Fi. Kemudian, klik “Next”.
  • Masukkan password WiFi dan klik “Confirm”. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai mencari perangkat di sekitarnya. Jika sudah, maka atur password.
  • Pengguna dapat mengisikan password baru, dan konfirmasikan ulang password tersebut.
  • Apabila sudah, akan muncul kembali form “Set up name device”. Masukkan nama perangkat atau device sesuai keinginan pengguna.
  • Klik “Save”.
  • CCTV lampu pun siap digunakan.
TRENDING :  Cara pemasangan CCTV online Anti Ribet

Demikian ulasan tentang cara kerja CCTV lampu serta cara menghubungkannya. Tingginya resolusi yang dimiliki serta kemampuan lensa berputar 360 derajat dapat menunjang kinerja CCTV lampu agar optimal. Pengguna dapat memilih CCTV yang sensitivitas sensor gerakannya tinggi maupun rendah sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.