cara mengatasi hp lag saat main game

5 Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Tanpa Aplikasi Tambahan

Tak jarang saat bermain game tiba-tiba ponsel mengalami lag. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu karena proses bermain jadi terhambat dan terdiam. Bila mengalami hal tersebut terdapat banyak cara mengatasi hp lag saat main game dan bisa pengguna dipraktekkan.

1. Kurangi Aplikasi Tidak Terpakai

Cara pertama yang bisa coba untuk dipraktekkan adalah dengan coba mengurangi atau menghapus aplikasi yang tidak terpakai di hp. Sebab bisa jadi ponsel lag adalah dikarenakan ruang penyimpanan terlalu penuh. Jika penuh, maka sistem operasional dari ponsel juga menurun.

Jika memang banyak aplikasi tidak terpakai dan juga tidak penting, maka bisa coba dengan menghapus aplikasi tersebut. Bila aplikasi tersebut merupakan aplikasi unduhan maka tinggal uninstall. Namun jika aplikasi bawaan, maka berhentikan dengan paksa.

2. Hapus Cache

Selanjutnya pengguna juga bisa menghapus data cache pada ponsel, sebab jika tidak dibersihkan maka cache ini bisa memakan banyak ruang. Cache sendiri merupakan sampah tersembunyi yang dihasilkan karena mengakses internet pada aplikasi-aplikasi dalam ponsel.

TRENDING :  Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Undangan Pernikahan di Laptop

Untuk menghapus cache juga gampang dan tidak akan menghilangkan data dalam ponsel. Pertama pengguna bisa masuk menu setting. Bila sudah, masuk pada aplikasi terinstal, kemudian klik salah satu aplikasi, lalu klik bersihkan cache, lakukan hal sama pada aplikasi lainnya.

3. Pastikan Bahwa Game Yang Digunakan Selalu Baru

Setiap aplikasi memang selalu mendapat perbaikan dari developernya, sebab itu pengguna juga harus selalu menggunakan versi terbaru. Sebab jika sudah ada pembaruan, namun pengguna masih menggunakan versi lama. Maka kemungkinan game akan lag dan berjalan lambat.

Bila pengguna tidak pernah melakukan update, maka bisa coba lakukan update pada saat itu. Untuk mengupdate aplikasi, pengguna bisa melalui Play store dan cek apakah ada versi terbaru atau bisa juga perbarui melalui situs yang dulu digunakan untuk mengunduh.

4. Menonaktifkan Animasi Pada Hp

Urutan selanjutnya mengenai bagaimana cara mengatasi hp lag saat main game adalah dengan menonaktifkan animasi pada layar ponsel. Animasi ini memerlukan kinerja ponsel yang bagus. Sehingga ketika mengaktifkan animasi dan bermain game, bisa terjadi lag.

TRENDING :  Spesifikasi dan Harga Second Samsung Tab A6 2016

Untuk mengatasi hal ini tentu dengan menonaktifkan animasi pada layar hp tersebut. Dengan begitu diharapkan kinerja ponsel akan meningkat atau kembali seperti semula. Selain itu dengan menghapus animasi akan memperlancar dalam penggunaan android.

5. Matikan Fitur Penghemat Daya

Fitur penghemat daya tentu akan sangat berguna dalam menghemat daya atau baterai pada hp tersebut. Namun dengan mengaktifkan fitur tersebut maka kinerja ponsel akan menurun. Bahkan beberapa ponsel juga memberikan peringatan akan hal ini saat akan mengaktifkan fitur.

Bila pengguna memang tengah mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna bisa coba nonaktifkan fitur penghemat daya. Dengan begitu ponsel akan dapat bekerja dengan maksimal sebab sudah tidak ada batasan lagi. Selain itu ponsel juga akan semakin maksimal dalam mengakses aplikasi.

6. Ubah Jaringan

Cara selanjutnya adalah dengan cara mengubah jaringan, jika sebelumnya menggunakan jaringan WiFi maka bisa coba gunakan jaringan data seluler. Atau jika sebelumnya menggunakan jaringan 3G maka bisa coba ubah ke 4G. Pastikan juga bahwa sinyal tidak lemot.

TRENDING :  Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

Karena tentu dalam bermain game online memerlukan sinyal yang oke agar dapat bermain dengan lancar. Saat menggunakan WiFi saja harus pastikan bahwa tidak banyak yang terhubung dengan jaringan. Sebab hal tersebut juga bisa berpengaruh pada kualitas sinyal.

Berikut tadi adalah beberapa cara mengatasi hp lag saat main game untuk pengguna coba praktekkan. Sebenarnya masih banyak cara yang dapat digunakan, namun keenam cara tersebut patut untuk dicoba. Atau agar lebih praktis gunakan hp dengan RAM lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.