cara menghapus rekaman cctv

Cara Menghapus Rekaman CCTV secara Mudah

CCTV merupakan salah satu perangkat elektronik yang dapat merekam segala aktivitas di sekitarnya. Namun kadang kala rekaman apapun tersebut membuat memori penyimpanannya penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik perangkat ini perlu mengetahui cara menghapus rekaman CCTV yang tidak terlalu diperlukan.

Memilah rekaman antara yang penting dan tidak dapat membuat memori lebih teratur serta memiliki ruang yang luas. Sehingga ketika ada kejadian yang penting bisa tetap terekam. Lalu, bagaimana cara untuk menghapusnya? Dan apa saja kegunaan dari perangkat ini? Berikut ulasan lengkapnya:

Kegunaan CCTV

Sebagai salah satu alat yang digunakan untuk memantau serta merekam kejadian di lokasi terletaknya CCTV, perangkat ini memiliki berbagai kegunaan. Secara umum, CCTV digunakan untuk menjaga keamanan yang mungkin sulit jika hanya dilakukan oleh manusia sehingga memerlukan bantuan dari alat canggih satu ini.

Selain itu, memasang CCTV juga dapat digunakan untuk mengawasi kondisi rumah, terutama yang memiliki anak balita. Para orang tua dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan sang buah hati ketika tidak sedang bersamanya. Pemasangan CCTV juga bisa digunakan sebagai barang bukti sah apabila terjadi kejahatan di suatu lokasi.

TRENDING :  Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

Mengapa Perlu Menghapus Rekaman CCTV?

Penghapusan rekaman CCTV perlu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kapasitas memori yang dimiliki. Walau berkapasitas besar, perangkat yang terus menerus aktif ini akan selalu menghasilkan rekaman yang dapat membuatnya penuh.

Beberapa jenis CCTV dapat diatur untuk melakukan penghapusan secara otomatis, namun untuk beberapa merk tetap harus dilakukan secara manual. Sehingga pemilik harus memeriksa hasil rekamannya secara berkala agar dapat memilah rekaman mana saja yang perlu disimpan dan tidak.

Cara Menghapus Rekaman dari Memori CCTV

Untuk menjaga kapasitas memori, pemilik CCTV dapat menghapus data rekaman yang tidak terlalu penting. Merekam selama 24 jam tentu terdapat banyak file, karena segala kegiatan yang berada di lokasi tersebut akan terekam. Berikut adalah cara menghapus rekaman tersebut:

TRENDING :  Cara Mudah Backup Data Iphone Terbaru 2021

1. Menghapus Rekaman Secara Otomatis

Hasil rekaman CCTV akan secara otomatis tersimpan ke dalam dokumen khusus yang ada di komputer atau Laptop. Beberapa jenis CCTV memiliki kemampuan untuk menghapus rekaman pada jangka waktu tertentu. Namun jika tidak, maka perlu dilakukan secara manual. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapusnya:

  • Periksa dan pisahkan rekaman yang penting dan tidak ke dalam dokumen terpisah.
  • Jika sudah, pemilik bisa langsung menekan opsi Delete yang terdapat pada tampilan.
  • Jika banyak file, tunggu beberapa detik hingga semua rekaman terhapus.

2. Menghapus dengan Menggunakan DVR

Cara menghapus rekaman CCTV selanjutnya adalah melalui DVR atau Digital Video Recorder yang tersambung dengan perangkat utamanya. Perangkat tambahan ini berisi memori yang bisa berupa Micro SD, SSD, ataupun HDD. Rekaman yang akan dihapus dari DVR perlu melalui langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi DVR yang otomatis terpasang pada perangkat komputer atau Laptop, kemudian masuk ke “Main Menu”.
  • Pilih opsi “System” lalu tekan “HDD Management” untuk melihat rekaman yang tersimpan.
  • Setelah terbuka, pisahkan rekaman-rekaman yang tidak digunakan atau penting ke dokumen yang berbeda dengan rekaman penting.
  • Jika sudah, tekan dokumen yang berisi rekaman tak terpakai, kemudian pilih “Delete All Items”.
  • Tunggu hingga seluruh rekaman terhapus, lalu klik “Restart”.
  • Biarkan sistem memproses perintah tersebut dan rekaman yang tak digunakan pun berhasil dihapus.
TRENDING :  Cara pemasangan CCTV online Anti Ribet

Itulah cara menghapus rekaman CCTV dengan mudah serta kelebihannya jika melakukan penghapusan tersebut. Menjaga jumlah kapasitas sangat penting dilakukan agar kinerja perangkat ini dapat terus maksimal. Jika memori penyimpanannya terlalu penuh, dikhawatirkan apabila ada suatu kejadian tidak dapat terekam dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.