cara mengukur kecepatan internet

Cara Mengukur Kecepatan Internet yang Mudah dan Praktis

Pada zaman sekarang, kecepatan internet pasti menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Hal ini karena internet kini diperlukan dalam mendukung berbagai kegiatan. Menjalankan pekerjaan ataupun pendidikan juga membutuhkan internet Jadi, cara mengukur kecepatan internet juga penting untuk diketahui.

Pengukuran kecepatan jaringan internet ini dilakukan demi menghindari dan mengantisipasi hambatan saat menggunakan internet untuk kebutuhan penting nantinya. Caranya pun mudah dan dapat dilakukan melalui smartphone maupun PC. Berikut 5 cara yang dapat dipraktekkan jika ingin mengukur kecepatan internet:

1. Cek di Website Meter.net

Meter.net merupakan salah satu website yang dapat dipakai dalam mengecek kecepatan internet. Website ini nantinya akan memberitahu pengguna hal-hal penting terkait kecepatan internet yang digunakan. Beberapa di antaranya ialah informasi mengenai upload speed, download speed, PING jaringan.

Sebagaimana namanya, upload speed digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet dalam mengunggah file. Sedangkan download speed adalah istilah atau ukuran untuk kecepatan koneksi internet dalam mengunduh file.

Lalu PING sendiri merupakan waktu respons dari jaringan internet saat mengirimkan permintaan. Pada meter.net, nilai PING diukur dengan satuan milidetik. Jika nilai PING-nya tinggi, artinya jaringan internetnya amat buruk, dan sebaliknya.

TRENDING :  Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

Untuk mengetahui ketiga ukuran tersebut, kunjungi saja https://www.meter.net/ dengan browser, dan ketuk Start pada homepage-nya. Tunggu sistem untuk menjalankan proses  pengecekan. Biasanya, proses pengecekan ini sendiri hanya akan berlangsung sekitar 30 detik. Setelah itu, maka hasil akhirnya akan muncul di layar.

2. Gunakan Internet Speed Test App

Cara mengukur kecepatan internet juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi digital. Salah satu aplikasi yang cukup akurat dalam hal ini adalah Internet Speed Test App. Aplikasi satu ini juga dapat memberitahu informasi mengenai kecepatan download dan upload beserta PING jaringan.

Cukup unduh lalu instal aplikasinya di Play Store. Jika sudah, buka dan jalankan aplikasinya dengan mengklik Test pada halaman utama user interface-nya. Biarkan saja hingga prosesnya selesai dan hasilnya tampil pada layar smartphone yang digunakan.

TRENDING :  Harga dan Spesifikasi Nokia C1

3. Ukur Kecepatan Internet di Bandwidth Place

Bandwidth Place adalah sebuah website dari perusahaan asal Houston, Texas yang menyediakan layanan internet. Sejak tahun 2002, website ini sudah digunakan untuk mengukur PING jaringan, download speed, dan upload speed. Selain itu, website ini juga bisa melakukan pendeteksian jenis provider milik penggunanya.

Cara mengukur kecepatan internet di website ini dapat dilaksanakan secara mudah dengan mengunjungi https://www.bandwidthplace.com/. Ketika halaman sudah dimuat, ketuk Start di ikon warna orange. Kemudian tunggu prosesnya selesai agar dapat melihat hasilnya.

4. Gunakan Speedsmart.net

Speed Smart menyediakan dua opsi untuk mengukur kecepatan internet. Pengguna bisa mengunduh aplikasinya ke iOS ataupun Android dan bisa pula hanya mengunjungi website speedsmart.net dengan browser. Speed Smart bisa menampilkan upload speed, download speed, provider, serta IP server.

5. Coba Aplikasi Speedtest by Ookla

Aplikasi ini dapat dipakai pada sistem iOS, Android, iOS, MAC, maupun Windows. Pengguna juga bisa mengukur kecepatan internetnya secara gratis. Namun jika ingin menggunakannya tanpa iklan, ada sejumlah nominal yang harus dibayarkan.

TRENDING :  Ketahui Kelebihan Kekurangan infinix Hot 9 Play Sebelum Membeli

Terdapat VPN bawaan pada aplikasi Speedtest by Ookla. VPN bawaan ini akan menyimpan history hasil tes yang pernah dilakukan melalui aplikasi. Tak hanya itu, VPN bawaan tersebut juga akan memperlihatkan hasil peta jaringan seluler yang sehat.

Demikianlah 5 cara mengukur kecepatan internet yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone ataupun PC. Ada yang berbentuk aplikasi dan ada yang berbentuk website. Bahkan ada pula yang menyediakan 2 opsi tersebut. Jadi, silahkan pilih cara mana yang paling sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.