cctv tidak merekam

Penyebab CCTV Tidak Merekam Perlu Diketahui

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, berbagai macam alat untuk memperkuat keamanan pun telah diciptakan, salah satunya adalah CCTV. Tetapi sering pula dijumpai kendala pada penggunaan CCTV, seperti CCTV tidak merekam, rekaman tidak muncul, dan sebagainya.

Closed Circuit Television (CCTV) merupakan alat untuk memperkuat keamanan. CCTV dapat digunakan untuk mencegah dan sebagai barang bukti dari tindakan kejahatan. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui penyebab CCTV tidak merekam agar dapat segera diatasi. Berikut ini adalah penyebabnya:

1. Adaptor atau Power Supply Tidak dapat Menyala

Penyebab pertama mengapa CCTV tidak merekam adalah adaptor atau power supply yang memiliki masalah. Salah satu alasan mengapa perangkat tersebut tidak dapat menyala adalah karena terdapat kerusakan di dalamnya.

Jika adaptor tidak dapat menyala, maka secara otomatis CCTV tidak dapat digunakan. Adaptor merupakan alat yang bekerja dengan cara mengubah tegangan arah arus yang selalu berubah-ubah (AC) menjadi tegangan arus searah (DC).

TRENDING :  Harga Laptop Gaming Series Dari ASUS

Dimana ia berperan sebagai power supply yang voltasenya telah disesuaikan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa perangkat tersebut merupakan sumber listrik dari kamera CCTV.

2. DVR Tidak dapat Berfungsi

Penyebab kedua adalah DVR yang tidak dapat berfungsi dengan baik, atau rusak. Digital Video Recorder (DVR) merupakan perangkat lunak yang mampu merekam video dalam format digital.

Salah satu penyebab DVR mengalami kendala adalah adanya kemungkinan hardisk rusak, dimana hardisk tersebut mampu menyimpan rekaman hasil CCTV. Harddisk dapat rusak karena ia akan selalu bekerja seiring dengan CCTV yang menyala.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa ia terus beroperasi selama 24 jam. Oleh karena itu, jika DVR mengalami kendala, maka CCTV tidak dapat berfungsi dengan baik.

3. Kamera CCTV Rusak

Penyebab kerusakan selanjutnya adalah kamera CCTV yang rusak. CCTV terdiri dari beberapa komponen yang mendukungnya, salah satunya adalah kamera. Kamera memiliki peran yang sangat penting dalam CCTV, karena jika kamera rusak, maka tidak ada yang dapat digunakan sebagai “kamera pengawas”.

TRENDING :  Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

Kerusakan kamera terjadi karena adanya error, sehingga gambar tidak tersimpan dalam Digital Video Recorder (DVR). Tidak hanya itu saja, kerusakan kamera juga dapat terjadi karena faktor internal, seperti terkena air hujan hingga panas matahari.

4. Port Konektor Mengalami Kerusakan

Penyebab selanjutnya yang perlu pengguna perhatikan adalah memeriksa port konektor CCTV. Pengguna dapat memeriksa port konektor yang berada dalam Digital Video Recorder (DVR) CCTV.

Port konektor merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyambungkan kabel CCTV pada power supply agar CCTV dapat berfungsi. Dalam melakukan pengecekan, pengguna dapat memindahkan port konektor yang satu dengan port konektor yang lain.

Dengan catatan port konektor tersebut masih dapat berfungsi dengan baik. Apabila CCTV masih tidak dapat berfungsi dengan baik, maka sudah dapat dipastikan bahwa port konektor memiliki masalah atau mengalami kerusakan.

TRENDING :  Fungsi dan Cara Penggunaan app Cloud Samsung

5. Terputusnya Kabel Konektor CCTV

Penyebab terakhir adalah kabel konektor CCTV yang terputus. Terputusnya kabel konektor CCTV sering kali terjadi karena faktor dari luar, misalnya tersangkut benda tajam, hingga digigit oleh binatang, seperti tikus. Atau bahkan kualitas bawaan dari kabel konektor yang buruk.

Demikian informasi yang dapat diberikan terkait penyebab CCTV tidak merekam. Jika pengguna merasa bahwa permasalahan tersebut tidak dapat diatasi, maka lebih baik membawanya kepada counter service. Kemudian, alangkah lebih baik jika pengguna selalu memperhatikan dan merawat CCTV agar tidak terjadi error atau bahkan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.