cara mengatasi google drive kuota terlampau

Inilah 5 Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui, Jangan Panik!

Bagi para pemilik akun Google, terdapat fitur-fitur yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Google drive untuk menyimpan data. Namun, memorinya terbatas dan bisa cepat penuh. Maka, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengatasi Google drive kuota terlampaui. Hal itu bertujuan agar data lebih banyak tersimpan. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Menggunakan CBackup

Cara mengatasi Google drive kuota terlampaui pertama adalah memakai backup cloud gratis. Sebuah jasa yang menyediakan fitur ini adalah CBackup. Pengguna akan bisa menggabungkan banyak akun Google yang dimilikinya. Kemudian penyimpanan cloud sebesar 100 GB, bahkan bisa sampai tak terhingga besarnya, akan didapatkan. Pengguna tak perlu khawatir akan keterbatasan kuota.

Langkah pertama adalah dengan membuat akun di CBackup. Kemudian tambahkan beberapa akun Google di menu add cloud. Kemudian, tandai semua Google drive yang dimiliki di new storage pool. Pengguna juga akan bisa mengatur akun yang akan diprioritaskan. Caranya dengan mengklik ikon segitiga yang menunjuk ke arah atas dan bawah.

2. Menghapus Email

Banyaknya email yang menumpuk di akun gmail, berikut attachment nya, ternyata dapat memenuhi kuota Google Drive. Selain itu, email yang banyak akan menimbun pesan lain yang lebih penting. Karenanya, pengguna harus menghapus isi bin, spam, inbox, dan sebagainya yang kurang dibutuhkan. Penghapusan ini dapat dilakukan secara manual atau dengan cara singkat.

TRENDING :  6 Aplikasi untuk Melacak Lokasi yang Mudah Digunakan

Pengguna harus mengetikkan has:attachment larger:10 M di kolom pencarian gmail. Hal tersebut untuk melihat daftar email yang memiliki attachment dengan besar tertentu. Kemudian pilih opsi delete untuk memindahkan email-email yang tidak diinginkan ke bin. Berikutnya, masuklah ke menu bin pada daftar di kiri layar. Hapuslah isinya dengan opsi empty bin now.

3. Menggunakan Google One

Cara mengatasi Google drive kuota terlampaui berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Google itu sendiri. Salah satu langkahnya adalah memakai Google one. Dengan mengeluarkan uang sejumlah paket yang dipilih, pengguna bisa memperbesar Google drivenya. Pastikan terlebih dahulu layanan tersebut tersedia di daerah tempat tinggal pengguna.

Kemampuan upgrade Google drive itu bisa diperoleh di one.Google.com. Pengguna kemudian dapat memilih paket berikut harganya yang diinginkan. Berikutnya klik agree di kolom persetujuan. Lalu, akan muncul langkah-langkah berikutnya yang harus diikuti agar proses berakhir sempurna. Selain di situs, pengguna juga bisa melakukan upgrade melalui aplikasi di Google store.

TRENDING :  Daftar Smartwatch Terbaik Yang Dapat Terhubung Ke iPhone

4. Menggunakan Format File Google

Keuntungan dari memakai Google drive adalah memungkinkan pengguna untuk mengunggah file tanpa harus melakukan format. Namun melakukan upload secara langsung seperti itu akan menguras kapasitas drive. Karena itu, sebaiknya pengguna mengunggah dalam Google docs, Google sheets, Google slides, dan sebagainya. Tipe-tipe file tersebut tidak akan memakan banyak kuota Google drive.

Caranya cukup dengan membuka menu my drive setelah log in ke akun Google. Di pilihan drop down, akan terlihat banyak format yang bisa dipilih. Tak hanya itu, tersedia pula template sehingga memudahkan pengguna dalam membuat sebuah file. Dengan demikian kuota Google drive yang tersisa dapat digunakan untuk menyimpan data-data lainnya.

5. Menghapus File di Google Drive

Tanpa disadari, pemakaian Google drive dapat menghabiskan kuotanya. Hal tersebut disebabkan karena ada banyak file berukuran besar yang tersimpan. Karena itulah drive harus ‘dibersihkan’ secara berkala. Kini, pengguna tak perlu repot menghapus file satu per satu. Terdapat menu storage yang menampilkan data berukuran besar yang tersimpan.

TRENDING :  🔴 Live Streaming EURO 2021 – Cara Nonton di Aplikasi RCTI Plus,iNewsTV dan MNC TV

Pengguna juga bisa membuka manage apps di setting. Kemudian akan muncul daftar aplikasi berikut tombol options di sebelah kanannya. Bukalah opsi tersebut, lalu pilih delete hidden app data. Lalu masuklah ke folder drive trash. Pada bagian atas layar pilihlah opsi empty trash yang tersedia. Kapasitas drive pun akan semakin lega.

Beberapa cara mengatasi Google drive kuota terlampaui tersebut sederhana untuk dilakukan. Dengan mencoba tips-tips tersebut, pengguna akan bisa memanfaatkan drive dengan lebih optimal. File penting pun akan bisa tersimpan dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.