Cara Paling Aman Menghindari Pembobolan Rekening Bank (archive.shine.cn)
Cara Paling Aman Menghindari Pembobolan Rekening Bank (archive.shine.cn)

Cara Paling Aman Menghindari Pembobolan Rekening Bank

Kemajuan teknologi memang banyak memberikan dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya antara lain kasus pembobolan rekening bank yang kini marak terjadi oleh oknum tertentu. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi guna menghindari pembobolan rekening bank.

8 Cara Paling Aman Menghindari Pembobolan Rekening Bank

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari kasus pembobolan rekening bank. Sehingga Anda akan merasa aman bertransaksi maupun menyimpan uang Anda di bank. Beberapa cara yang dapat Anda terapkan antara lain sebagai berikut:

Hapus Aplikasi M-Banking Saat Ganti nomor atau Ganti Smartphone

Menghapus aplikasi M-Banking saat Anda ingin ganti Smartphone atau nomor HP merupakan solusi menghindari pembobolan rekening bank. Selain menghapus aplikasi, hapus juga riwayat sms dan email yang ada kode OTP rekening maupun validasi transaksi lainnya.

TRENDING :  Anda Tidak Terdaftar Sebagai Penerima di BRI? Segera Daftar BPUM PNM Mekaar BNI Cek Persyaratanya

Non aktifkan juga akun keuangan seperti e-commerce, dompet digital, Go Pay, pay later, dan sebagainya. Pastikan juga saldo rekening sebelumnya kosong. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari aksi pembobolan rekening melalui smartphone dan nomor HP.

Ganti PIN Secara Berkala

Agar rekening Anda tetap aman dan tidak mudah dibobol, maka gantilah PIN secara berkala. Disamping itu, gunakan kode PIN yang memiliki tingkat kerumitan tinggi serta hindari penggunaan tanggal lahir.

Sebagai contoh, gunakan kombinasi huruf besar maupun kecil, simbol dan karakter, serta angka. Mungkin sebaiknya Anda mencatat agar sewaktu-waktu lupa ketika ingin menggunakannya. Selain itu hindari penggunaan angka berurutan yang mudah ditebak seperti 0 sampai 9.

Rutin Memperbarui Data

Lakukan pembaruan data secara rutin guna memastikan informasi data Anda sudah benar dan sudah diperbarui. Hal ini bertujuan untuk mempermudah bank mendeteksi oknum yang tidak bertanggung jawab pada data lama. Anda dapat melakukan pembaruan melalui aplikasi pada HP maupun langsung ke kantor Bank yang sesuai.

TRENDING :  Cara Trading Emas Untuk Pemula Agar Selalu Cuan

Tutup Keypad Saat Mengetik Kode PIN di ATM

Ketika Anda menggunakan sarana ATM sebagai transaksi ambil dan simpan uang, maka selalu tutuplah keypad saat mengetik kode PIN. Beberapa oknum suka menaruh sadap kode PIN di sekitar mesin ATM terutama di sekitar Keypad. Sehingga dengan menutup keypad, akan membantu Anda dalam menghindari pembobolan rekening bank.

Lindungi dan Jangan Bagikan Data Pribadi

Dengan melindungi dan tidak memberikan data pribadi akan membuat rekening Anda aman dari pembobolan. Banyak kasus pembobolan rekening bank yang terjadi karena korban pernah memberi data pribadi. Hati-hati karena banyak juga kasus yang mengatasnamakan instansi dengan cara nomor rekening.

Aktifkan Layanan Banking

Cara berikutnya adalah mengaktifkan layanan Banking untuk mengetahui notifikasi setiap transaksi yang masuk. Sehingga Anda dapat mengetahui transaksi-transaksi yang pernah Anda lakukan. Namun jika ada sms atau email yang masuk meminta pembaruan kode PIN, maka abaikan karena diduga penipuan.

TRENDING :  Prediksi Pekan Ini,Harga Emas Antam Turun lagi?

Hindari Transaksi Melalui SMS

Menghindari transaksi melalui sms berfungsi untuk menghindari pembobolan karena riwayat chat yang tertinggal dan bisa dibaca orang lain. Jadi hanya fitur notifikasinya saja yang dinyalakan. Sehingga jika HP Anda dipinjam atau tertinggal, transaksi banking melalui SMS banking akan mudah disadap.

Rajin Pantau Transaksi

Pantau terus setiap transaksi yang masuk ke HP  atau smartphone Anda untuk menghindari pembobolan rekening bank. Jika ada teks yang mencurigakan, maka Anda dapat segera mengetahui dan langsung mengurusnya. Jangan asal klik link masuk atau jika teks masuk dengan nomor tidak dikenal sebaiknya Anda abaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.