aplikasi untuk melacak lokasi

6 Aplikasi untuk Melacak Lokasi yang Mudah Digunakan

Meskipun terkesan melanggar privasi, namun dalam beberapa kondisi, pelacakan lokasi harus dilakukan, tentunya harus dengan alasan yang mendesak. Pelacakan lokasi biasa dilakukan untuk mengetahui posisi seseorang, seperti anak, anggota keluarga, ataupun pasangan. Jika melacak lokasi seseorang terdengar sebagai sesuatu yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus, aplikasi untuk melacak lokasi berikut sangat mudah digunakan. Kepentingan melacak lokasi menjadi semudah menjalankan aplikasi di ponsel cerdas.

1. Google Maps

Aplikasi untuk melacak lokasi yang pertama adalah Google Maps. Karena semua ponsel pasti memiliki Google Maps sebagai aplikasi bawaan, pengguna tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk menggunakannya. Cara melacak lokasi dengan Google Maps pun cukup mudah. Pertama, gunakan fitur bagi lokasi dan waktu perkiraan. Setelahnya pilih tambahkan orang, masukkan nomor telepon atau email orang tersebut, lalu aktifkan. Beberapa saat kemudian lokasi yang ingin diketahui akan langsung terlacak.

TRENDING :  Fitur Dan Kelebihan Dari Windows 11 Yang Akan Segera Dirilis

2. Whatsapp

Yang kedua adalah aplikasi yang digunakan oleh hampir semua pengguna ponsel cerdas yaitu Whatsapp. Cara melacak lokasinya cukup mudah, hanya dengan membagikan lokasi terkini kepada nomor orang yang ingin dilacak lokasinya. Jika shared location yang dibagikan sudah masuk ke Whatsapp tujuan, pengguna bisa kembali ke ruang chat. Pengguna harus membuka lagi shared location yang dibagikan, lalu pilih dapatkan arah. Setelahnya pengguna akan otomatis masuk ke Google Maps dan pengguna bisa menemukan lokasi orang yang ingin dilacak lokasinya.

3. Glympse

Glympse adalah aplikasi penyedia layanan pelacakan lokasi. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini hanya dengan menginstall aplikasi Glympse secara gratis. Aplikasi ini tidak meminta pengguna untuk memasukkan data apapun untuk mendaftar. Cukup dengan memasukkan alamat surel dan nomor telepon orang yang ingin dilacak dan lokasi akan langsung terlihat.

4. Sygic Family Locator

Sygic Family Locator merupakan aplikasi yang tepat untuk melacak lokasi anggota keluarga atau teman-teman. Namun untuk penggunaan aplikasi ini, semua anggota keluarga yang akan didaftarkan harus sama-sama memiliki aplikasi Sygic Family Locator. Setelahnya semua anggota membuat akun yang dihubungkan dengan anggota keluarga yang lain. Keberadaan setiap anggota keluarga akan bisa langsung dilacak kapanpun melalui aplikasi Sygic Family Locator.

TRENDING :  10 Fitur Terbaru Dari Windows 11, Kini Aplikasi Android Dapat Dijalankan Di Windows

5. Find My Friends

Tak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya, Find My Friends bisa digunakan untuk melacak lokasi dengan mudah. Pengguna cukup memasukkan nomor telepon orang yang akan dilacak keberadaannya. Namun sebelum melakukan pelacakan lokasi, aplikasi ini akan meminta persetujuan pemilik nomor terlebih dahulu sehingga pengguna tidak bisa melacak sembarang orang dengan bebas. Setelah nomor tujuan memberikan izin, aplikasi Find my Friends akan langsung melakukan pelacakan lokasi.

6. Geozilla

Yang terakhir adalah aplikasi pelacak lokasi bernama Geozilla. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak lokasi sesama pengguna Geozilla. Pengguna harus menghubungkan akunnya dengan akun pengguna lain yang akan dilacak lokasinya, misalnya suami atau anggota keluarga lain. Aplikasi ini juga bisa menunjukkan apakah ponsel yang dilacak sedang mengalami baterai lemah atau tidak. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir apabila ada anggota keluarga yang susah dihubungi.

TRENDING :  Spesifikasi dan Harga Second Samsung Tab A6 2016

Dengan adanya 6 aplikasi untuk melacak lokasi diatas, pengguna bisa memilihnya sesuai kegunaan. Fitur yang dikembangkan dengan baik dan penggunaan yang cukup mudah siapapun bisa menggunakan aplikasi-aplikasi diatas untuk menyelesaikan keperluan. Namun yang penting dan perlu diingat, lokasi seseorang juga sebuah bentuk privasi. Jadi apabila keperluan melacak lokasi bukan keperluan yang mendesak, baiknya meminta izin terlebih dahulu terhadap yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.