Simak Ulasan Mengenai Cara Memperbaiki Speedometer Digital Mobil

Simak Ulasan Mengenai Cara Memperbaiki Speedometer Digital Mobil

Speedometer digital keberadaan sangat penting untuk pengendara memantau seberapa kecepatan laju kendaraan yang dikendarainya. Mengatur kecepatan berguna apabila sedang berada di kawasan dimana dibatasi kecepatan setiap kendaraan yang melaju. Biasanya jalan tol yang menerapkan ketentuan batas kecepatan di setiap kawasan tertentu. Hal itu yang membuat setiap pengendara setidaknya tahu tentang cara memperbaiki speedometer digital mobil.

Fungsinya bila terjadi kerusakan kecil tidak perlu pergi ke bengkel untuk melakukan perbaikan, pengguna tidak perlu mengeluarkan uang dan bisa menekan biaya pengeluaran. Berikut ini adalah penjelasan langkah-langkah memperbaiki speedometer digital mobil yang sedang mengalami kerusakan yaitu:

1. Periksa Letak Kerusakan

Buka speedometer digital agar tahu kerusakan yang terjadi di dalamnya  sehingga bisa mengetahui cara memperbaiki speedometer digital mobil sesuai tingkat kerusakan. Sebenarnya kerusakan bisa dilihat dari jarum yang tidak bergerak seperti kondisi normal. Untuk memastikan lebih jelasnya diperlukan pemeriksaan bisa saja terdapat kabel yang tidak terpasang dengan benar, kabel putus, panel/sensor eror atau speedometer digital berdebu.

TRENDING :  Mobil Baru Seharga 200 Jutaan Terbaik

2. Lihat Kabel Penghubung

Jangan lupa untuk melihat kabel penghubung, apakah terhubung dengan baik atau tidak. Pengguna harus tahu cara memperbaiki speedometer digital mobil bila kabel tidak terhubung dengan tepat. Sebelumnya sudah harus mengetahui kegunaan kabel dan mana sambungan yang benar agar bisa membenahi posisi kabel seperti semula. Sambungkan kabel dengan benar lalu bersihkan jika berdebu, apabila menemukan kabel putus segera ganti dengan kabel yang baru.

Pemeriksaan kabel harus dilakukan dengan teliti dan jeli karena jika tidak tersambung dengan speedometer maka tidak ada arus listrik yang mengalir. Tidak adanya arus listrik bisa menjadi salah satu penyebab speedometer digital mati. Periksa sekering apakah masih berfungsi atau tidak, sekring di speedometer juga berperan menjaga agar arus listrik tetap mengalir.

3. Cek Panel

Pengecekan panel sangat penting sehingga tahu tindakan apa yang harus diambil sebagai cara memperbaiki speedometer digital mobil karena panel error. Salah satu cara mengecek panel error atau tidak bisa dengan mengecek satu persatu komponen yang ada di speedometer digital. Satu kerusakan saja akan berakibat indikator petunjuk mati dan bila bagian yang rusak sudah ditemukan segera ganti kalau sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Kini muncul alat scan tool yang akan mempermudah mengetahui kerusakan pada panel.

TRENDING :  Daftar Produk Asuransi Mobil Syariah Terbaik Tanpa Riba

4. Lihat Kotak Gearbox

Pada speedometer digital mobil terdapat kotak gearbox yang tersambung. Kotak gearbox adalah kotak putih kecil di dalam speedometer digital. Kerusakan pada kotak gearbox akan mempengaruhi kinerja dari spedometer itu sendiri seperti listrik yang tidak bisa dialirkan dengan baik. Selalu pastikan kotak gearbox tidak terputus, bila kabel penyambungannya putus segera lakukan pergantian.

5. Cek Sensor Speedometer

Sensor speedometer berfungsi untuk mengecek kecepatan atau laju mobil sehingga bila rusak tidak bisa digunakan untuk memprediksi kecepatan. Lihat bagian transmisi karena sensor terletak di sini, cek didalam transmisi apakah ada geer aus, songket yang terlepas, atau kerusakan pada komponen lainnya. Lakukan penggantian komponen yang  sudah dideteksi sudah rusak dan tidak lagi berfungsi.

TRENDING :  7 Mobil SUV Terbaik dan Termurah di Tahun 2021

Itulah cara memperbaiki speedometer digital mobil yang bisa dijadikan referensi bila mengalami kejadian yang serupa. Pemilik mobil bisa memperbaiki kerusakan yang ada pada speedometer digital asal mengetahui secara jelas bagaimana cara memperbaiki. Lebih baik pemilik mobil melakukan pengontrolan secara berkala ke bengkel.

Tujuannya bisa mendeteksi adanya kerusakan sejak dini baik dari spedometer atau bagian lain. Dengan begitu bisa cepat diambil tindakan agar kerusakan tidak memperparah kondisi kerusakan atau menurunkan kinerja mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.