Kenali Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Agar Dapat Segera Diatasi

Kenali Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Agar Dapat Segera Diatasi

Sebagai penyuplai listrik pada komponen kendaraan salah satunya motor, aki memiliki peranan penting yang harus dijaga agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah aki motor yang tidak mengisi. Penyebab aki motor tidak mengisi ini perlu dikaji lebih dalam untuk diketahui sehingga dapat dicari solusi dari permasalahan tersebut.

Dari sekian banyak orang yang memilih mengendarai motor, kemungkinan besar banyak yang mengalami masalah aki motor yang tidak mengisi. Tentunya hal ini akan mengganggu mobilitas karena motor menjadi sulit digunakan bahkan memerlukan service sesegera mungkin. Untuk itu, kenali penyebab dari masalah tersebut dan dapatkan solusi konkrit segera:

1. Habisnya Umur Pakai Aki Motor

Setiap komponen dalam motor mempunyai umur produktifnya masing-masing apalagi jika dipakai terus-menerus. Semakin sering digunakan, semakin cepat masa produktifnya berakhir begitupun pada aki. Jika umur pakainya habis, aki akan kesulitan untuk mengisi listrik sehingga pengisian menjadi tidak normal yang terkadang berlebih atau kurang. Aki yang sudah tua tidak boleh diabaikan dan harus segera diganti.

TRENDING :  Cara Memilih Asuransi Terbaik Untuk Mobil Bekas

2. Kebersihan Aki Tidak Terjaga dengan Baik

Hal yang mungkin dianggap tidak begitu penting adalah menjaga kebersihan segala komponen dalam motor salah satunya aki. Hal ini karena aki mengandung bahan yang dapat menghasilkan karat yakni senyawa kimia asam sulfat, plak akan mudah muncul dalam wadahnya sehingga cairan aki menjadi kotor. Perhatikanlah terminal aki dimana tempat tersebut rawan munculnya karat.

3. Aliran Listrik Tidak Normal karena Kiprok Rusak

Kiprok memiliki peran penting sebagai pengatur arus listrik yang dihasilkan aki untuk disuplai pada komponen motor yang lain. Arus listrik yang keluar masuk sangat bergantung pada spare part ini karena pengaliran menjadi tidak normal dan besar kecilnya daya yang keluar menjadi tidak menentu. Penyebab aki motor tidak mengisi bisa jadi karena kiprok yang mengalami kerusakan.

4. Timbulnya Masalah pada Spul

Sebagai penyuplai listrik, aki bekerja sama dengan spul yang merupakan gulungan listrik agar aki dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pada keadaan normal ketika mesin tidak berputar, tegangan sepul antara 25 hingga 30 Volt. Untuk melihat apakah ada masalah pada spul, pastikan arus maksimal saat mesin diputar adalah 100 Volt. Jika diluar itu dipastikan spul mengalami kerusakan.

TRENDING :  Salah Kaprah...!Manfaat Dari Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi BBM

5. Memasang Lampu Modifikasi yang Melebihi Batas

Untuk beberapa orang memiliki lampu-lampu yang dimodifikasi terlihat keren dan bergaya. Meski begitu, perlu juga diperhatikan pasokan listrik pada lampu yang menyala akan membuat kurangnya pasokan pada komponen lain yang lebih penting. Hal ini bisa merusak aki perlahan-lahan karena voltase dari lampu modifikasi biasanya lebih tinggi.

Banyaknya daya yang digunakan hanya untuk lampu saja membuat performa aki pada spare part lain berkurang. Lambat laun, baterai motor akan mengalami kerusakan dan fungsinya menghilang. Untuk itu gunakan lampu modifikasi seperlunya karena pasokan listrik dari aki sudah diatur besarannya pada masing-masing komponen oleh pabrik.

TRENDING :  Terlengkap!!!Daftar Harga Mobil Avanza Bekas di Tahun 2021

6. Ada Komponen Aki yang Terlepas

Agar bekerja normal, banyak komponen yang harus tersambung dengan aki untuk menghubungkan listrik dari aki ke semua komponen motor. Jika salah satunya tidak terpasang dengan benar, aki motor tidak akan dapat mengisi dan tidak dapat berfungsi dengan benar. Pastikan pengikatnya tidak terputus dan segera perbaiki untuk menghindari munculnya masalah.

Itulah 6 penyebab aki motor tidak mengisi yang harus diketahui. Sebagai penghasil listrik, hendaknya aki motor beserta komponen di sekitarnya dijaga dengan baik. Segera kunjungi service motor bila merasa ada kejanggalan pada performa motor untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published.