Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Perbaiki Aki Kering yang Mudah

Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Perbaiki Aki Kering yang Mudah

Cara perbaiki aki kering mungkin menjadi pertanyaan beberapa orang terlebih yang memiliki permasalahan memiliki aki kering yang rusak, salah satunya tidak dapat menyimpan setrum. Ini akan menjadi masalah jika lama-lama dibiarkan lantaran dapat menurunkan performa mesin. Aki yang menjadi sumber yang akan memberikan asupan setrum pada bagian mesin lain. Jika aki bermasalah, tentu saja akan membuat bagian mesin lain menjadi kurang asupan setrum sehingga kinerjanya tidak maksimal dan bermasalah.

Beberapa orang tidak mengetahui bagaimana cara untuk memperbaiki aki kering, sehingga memilih untuk membawanya ke bengkel atau membeli aki baru. Padahal caranya cukup mudah lho memperbaiki aki kering ini. Tetapi cara yang digunakan juga harus benar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

1. Lepas Hubungan Arus Aki

Cara pertama dari cara perbaiki aki yang kering adalah dengan melepas hubungan arus aki. Caranya sebenarnya mudah, namun perlu cara khusus agar saat melepaskan hubungan arus tetap aman. Lepaskan kedua kabel aki masing-masing dari yang positif terlebih dahulu kemudian negatif.

TRENDING :  Cara Memilih Asuransi Terbaik Untuk Mobil Bekas

Untuk membedakan yang positif dan negatif dapat dilihat dari tanda yang ada. Lepaskan dengan perlahan dan hati-hati sebab jika salah sedikit saja bisa memungkinkan terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting atau kemungkinan lainnya yakni tersetrum. Jika sudah, maka lepaskan aki kering dari boxnya.

2. Buka Penutup Aki

Jika sudah melakukan cara yang pertama maka buka penutup aki. Lalu kemudian, buka juga penutup karetnya. Setelah memastikan semuanya sudah berjalan dengan benar maka tinggal menjalankan cara yang ketiga.

3. Isi Aki dengan Air Zuur

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah dengan mengisi aki yang kering menggunakan air zuur. Ini penting dilakukan sehingga jika tidak memiliki air zuur maka lebih baik membelinya bersama suntikannya. Suntikkan dengan perlahan dan hati-hati sesuai dengan takarannya. Jika sampai diisi melebihi batas, maka hal ini malah akan merusak aki.

TRENDING :  Terlengkap!!!Daftar Harga Mobil Avanza Bekas di Tahun 2021

4. Tutup Aki Kembali

Cara berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan menutup aki kembali. Pastikan jika semuanya telah tertutup dengan benar. Jangan lupa untuk menutup juga penutup karetnya dan pastikan semuanya tertutup rapat agar tidak ada udara yang masuk ke dalam aki.

5. Pasang Kabel Aki

Setelah serangkaian cara di atas selesai dilakukan, maka cara berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan memasang kembali kabel aki. Seperti langkah awal, mulai pasang kabel aki dari yang positif baru negatif. Pemasangan harus berjalan dengan benar dan terpasang sempurna. Jika tidak maka bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

6. Coba Aki dengan Menghidupkan Mesin

Jika rangkaian cara di atas telah selesai, maka langkah terakhir adalah mencoba aki dengan mencoba menghidupkan mesin. Sebelum menghidupkan mesin alangkah lebih baiknya jika memastikan RPM stasioner mesin. Jika masih berada di bawah angka 600 RPM maka lebih baik untuk mengecek ulang pemasangan aki. Jika sudah berada di atas 600 RPM maka proses pemasangan telah berjalan sempurna.

TRENDING :  Asuransi Mobil All Risk Atau TLO, Mana Yang Terbaik?

Kalau sudah terpasang sempurna maka silahkan mencoba menyalakan mesin. Jika aki tetap tidak bisa dijalankan atau digunakan saat menyalakan mesin, maka kemungkinan besar aki sudah mengalami kerusakan yang berat. Kemungkinan sel- sel pada aki sudah lemah dan tidak bisa digunakan.

Itulah pembahasan cara perbaiki aki kering dengan benar. Ikuti langkah di atas dan tetaplah berhati-hati, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika aki tidak kunjung berfungsi kembali maka lebih baik untuk membawanya ke bengkel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.