Pengertian Dan Daftar Saham Blue Chip Di Bursa Efek Indonesia
Gambar pennystocks.com

Pengertian Dan Daftar Saham Blue Chip Di Bursa Efek Indonesia

Di jaman yang serba digital seperti saat ini investasi pada saham semakin jamak dilakukan oleh masyarakat, dibandingkan dengan dulu yang masih sepi akan peminat dan hanya dilakukan oleh orang – orang tertentu saja.

Banyak hal yang membuat orang enggan untuk berinvestasi saham yang dianggap memiliki resiko yang tinggi, hingga stigma di masyarakat yang menganggap bahwa berinvestasi saham hanya dapat dilakukan dengan modal yang besar sehingga hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki banyak uang.

Bertumbuhnya stock market di Indonesia sejalan dengan menigkatnya peminat saham di masyarakat.

Baca Juga :  Cara Trading Emas Untuk Pemula Agar Selalu Cuan

Ada banyak jenis investasi saham, salah satunya adalah saham yang dilihat dari nilai kapitalnya yaitu jenis saham yang dinamakan Blue Chip.

Definisi Blue Chip sendiri menurut New York Stock Exchange adalah saham perusahaan dengan reputasi nasional dari sisi kualitas, kemampuan, dan kehandalan dalam beroperasi yang menguntungkan dalam segalah situasi ekonomi, baik dan buruk.

Investasi didalam saham memang memiliki resiko yang besar tetapi sejalan dengan keungtungan yang akan didapat. Tingkat resiko investasi memang berbeda – beda tergantung dari tingkatan keuntungan yang akan didapatkan.

Jika kalian tertarik untuk berinvestasi di saham, maka lebih baik kalian mengenal terlebih dahulu apa itu saham blue chip dan apa saja saham yang termasuk ke dalam blue chip.

Baca Juga : Begini Caranya! Trading Emas Dengan Modal Kecil ?

Asal Nama Saham Blue Chip

Didalam permainan poker terdapat koin – koin dengan warna yang berbeda, ada biru, merah, putih dan warna biru pada umumnya adalah koin dengan nilai yang paling besar.

TRENDING :  Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Dari sinilah kata Blue Chip itu berasal, yang diperkenalkan oleh Oliver Gingold pada tahun 1923 atau 1924 saat ia sedang berada dalam bursa saham dan sedang menyaksikan perdagangan saham pada saat itu.

Ia merasa tertarik saat melihat pergerakan perdagaangan saat itu dengan transakasi saham yang harganya sangat besar dengan nilai $200 hingga $250 untuk setiap lembar saham.

Setelah kembali ke kantornya, ia mengatakan kepada temanya agar untuk menuliskan Blue Chip Stocks atau saham koin biru, dan hingga saat ini istilah itu masih digunakan oleh para pemain saham.

Pengertian Saham Blue Chip

Dari asal kata Blue Chip tersebut dapat disimpulkan bahwa saham blue chip adalah saham papan atas  atau saham – saham unggulan, dengan angka kapitalisasi pasar yang besar hingga Rp 40 triliun.

Saham blue chip dikatakan oleh para ahli lebih aman untuk investasi dibandingan dengan jenis saham jenis yang lainya. Tentunya dengan nilai kapitalisasi sebesar itu, bukanlah dari perusahaan kelas teri atau abal – abal.

Perusahaan yang termasuk kedalam kategori Blue Chip adalah perusahaan besar yang sudah memiliki kinerja yang baik dan pengelolaanya dilakukan oleh profesional yang ahli dalam bidangnya masing – masing.

TRENDING :  Pinjaman Online Tanpa Agunan Dengan KTA Standard Chartered

Perusahaan – perusahaan yang masuk kedalam kategori blue chip biasanya adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang industri yang produknya banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Bisa dipastikan perusahaan – perusahaan dengan kategori saham blue chip ini mendapatkan keuntungan yang besar dikarenakan kebutuhan yang tinggi di masyarakat terhadap produk dari perusahaan – perusahaan tersebut.

Saham Blue Chip Pada Bursa Efek Indonesia

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada sekitar 45 perusahaan yang masuk ke dalam kategori saham blu chip yang dikenal dengan index LQ45 dan perusahaan yang masuk kedalam daftar ini akan deevaluasi berkala setiap 6 bulan sekali yang kemudian akan diberi benchmark.

Saham – saham dari perusahaan yang masuk kedalam saham blue chip adalah perusahan dengan nilai fundamental yang sangat kuat dari segi keuangan dan manajemen, sehingga perusahaan – perusahaan tersbut dapat membagikan deviden yang cukup memuaskan.

Saham dari perusahaan ini juga adalah yang dapat menggerakan IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Daftar Saham Blue Chip

Berikut adalah beberapa Daftar Saham Blue Chip terbaik di BEI yang dapat menjadi bahan pertimbangan apabila kalian ingin berinvestasi pada saham blue chips.

  • PT Bank Central Asia Tbk.
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  • PT Bukit Asam (Persero) Tbk.
  • PT Astra Agro Lestari Tbk
  • PT Astra International Tbk.
  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
  • PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.
  • PT Unilever Indonesia Tbk
  • PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
  • PT  Indofood Sukses Makmur Tbk.
TRENDING :  Cara Daftar M Banking BCA Paling Mudah Dilakukan

Pergerakan grafik dari saham – saham tak selalu naik, hal ini wajar karena turun naik harga adalah bagian dari fluktuasi pasar. Tetapi meskipun harga saham fluktuatif, fundamental dan kinerja perusahaan blue chips akan tetap terjaga.

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci : Saham Blue Chip 2021 - Jenis Saham Blue Chip - Saham Blue Chips - Saham Blue Chip Murah - Saham Blue Chip Lq45 - Saham Blue Chip Adalah - Saham Blue Chip 2020 - Saham Blue Chip - Rekomendasi Saham Blue Chip Hari Ini- Rekomendasi Saham Blue Chip - Beli Saham Blue Chip - Investasi Saham Blue Chip - Harga Saham Blue Chip Hari Ini - Harga Saham Blue Chip - Harga 1 Lot Saham Blue Chip - Daftar Saham Blue Chip Lq45 2021 - Daftar Saham Blue Chip 2021 - Daftar Saham Blue Chip 2020 - Daftar Saham Blue Chip -

Leave a Reply

Your email address will not be published.