asuransi mobil bekas

Cara Memilih Asuransi Terbaik Untuk Mobil Bekas

Mobil bekas bukan berarti Anda tidak membutuhkan asuransi mobil. Kerusakannya lebih tinggi, terutama saat membeli mobil bekas. Jadi Anda pasti membutuhkan asuransi mobil untuk mengcover berbagai risiko yang bisa terjadi pada mobil Anda. Selain itu, dengan tingkat kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, harga mobil baru dan mobil bekas sangat berbeda. Misalnya, mobil baru disusutkan sekitar 10% dari harga pasca-penjualan setiap tahun.

Banyak peminat mobil bekas karena harganya yang lebih murah dan kondisinya masih bagus. Meski begitu, mobil tetap perlu dilindungi asuransi, apalagi jika rawan dengan risiko kecelakaan dan kehilangan.

Baca Juga : Perhatikan 4 Hal Berikut Sebelum Membeli Asuransi Mobil Bekas

Asuransi kendaraan bermotor menawarkan perlindungan tergantung pada jenis pertanggungan yang dipilih. Karena ada dua jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan Anda.

Misalnya, asuransi kerugian total, yang memberikan perlindungan jika mobil mengalami kerusakan hingga 75 persen atau lebih, atau asuransi menyeluruh penuh, yang memberikan perlindungan menyeluruh, baik untuk kerusakan ringan maupun berat.

Namun, memilih asuransi untuk mobil bekas tidaklah mudah karena mobil bekas memiliki kemungkinan kerusakan yang lebih tinggi daripada mobil baru.

Selain itu, beberapa prosedur harus diikuti, seperti: B. pemeriksaan mobil sebelum asuransi mobil disetujui oleh perusahaan asuransi yang bertanggung jawab. Ada survei dan review yang harus dilalui mobil bekas untuk mendapatkan perlindungan dari produk asuransi mobil.

Untuk itu, Berikut adalah cara untuk Memilih Asuransi Terbaik Untuk Mobil Bekas

1. Pilih jenis asuransi mobil

Hal pertama yang kami sarankan saat membeli produk asuransi adalah memeriksa kondisi mesin dan kondisi luar mobil. Hal ini akan membantu memastikan bahwa asuransi mobil bekas yang akan Anda beli memenuhi kebutuhan Anda.

Baca Juga : Asuransi Mobil Sinarmas, All Risk Dan TLO

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mempertimbangkan dua jenis asuransi, yaitu asuransi mobil bekas all risk atau asuransi mobil bekas total loss only. keduanya menawarkan jaminan atas risiko yang akan timbul untuk kendaraan Anda.

TRENDING :  Sepeda Motor Cafe Racer, Dari Rock and Roll Hingga Cafe

Asuransi all-risk mungkin cocok bagi Anda yang memiliki mobil bekas di bawah usia 5 tahun, sehingga semua risiko yang mungkin timbul di dalam mobil, baik kecelakaan besar maupun kecil, tercover.

Sebaliknya, jika Anda memilih asuransi kerugian total saja, maka jaminan kerusakan kendaraan Anda hanya 75%, sehingga kerusakan ringan di bawah 75% tidak ditanggung oleh jenis asuransi kerugian total ini.

Besaran nilai premi yang harus dibayarkan untuk kedua jenis asuransi mobil bekas tersebut juga sangat berbeda, sehingga Anda dapat memilih asuransi mobil bekas sesuai dengan mobil bekas yang Anda beli sesuai dengan budget Anda.

Baca Juga : Daftar Produk Asuransi Mobil Syariah Terbaik Tanpa Riba

Biasanya, beberapa perusahaan asuransi hanya menawarkan asuransi kerugian total jika Anda memiliki mobil bekas. Premi yang dibayarkan dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil dan tahun pembuatan mobil yang ingin Anda asuransikan.

Tetapi Anda hanya dapat menggabungkan asuransi yang sepenuhnya komprehensif dan kerugian total untuk kendaraan bekas. Misalnya, Anda bisa mengambil asuransi mobil bekas all risk di awal pembelian hingga tahun kedua sehingga risiko kerusakan ringan tetap tercover.

Namun seiring bertambahnya usia mobil Anda, Anda bisa mengalihkan asuransi Anda ke asuransi mobil bekas TLO hanya dengan premi yang tentunya lebih kecil dan lebih mudah di dompet. Ini berarti Anda dapat melindungi diri Anda dengan kedua jenis asuransi tersebut.

2. Perusahaan asuransi terbaik

Agar manfaat asuransi mobil bekas memadai, pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya. Tentu saja, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki rekam jejak yang baik. Selain itu, perusahaan asuransi tempat Anda membeli produk asuransi kendaraan bekas juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih adalah perusahaan yang berpengetahuan luas dan profesional. Ini tentu memiliki reputasi untuk menyelesaikan banyak klaim. Jadi, Anda juga perlu memeriksa waktu pemrosesan dan batas waktu pembayaran perusahaan asuransi.

TRENDING :  Asuransi Mobil All Risk Atau TLO, Mana Yang Terbaik?

Hal ini dapat diketahui dari beberapa keluhan yang disampaikan oleh konsumen lembaga jasa keuangan terhadap produk asuransi yang mereka gunakan. Bandingkan jumlah pengaduan yang diterima atau pengaduan dengan yang sudah diselesaikan.

ketika lebih banyak keluhan berarti asuransi tidak dapat diandalkan. Jadi sangat penting untuk waspada sejak awal.

Hal lain yang juga patut dipertimbangkan adalah perusahaan bengkel rekanan. Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan dan tentunya berharap mereka dapat dipercaya dan memudahkan perbaikan untuk Anda.

Ini memberi Anda lebih banyak kemudahan jika sewaktu-waktu mobil Anda rusak atau mengalami kecelakaan.

Selain bengkel mitra, Anda juga harus memilih asuransi dan Anda dapat mengandalkannya. Pilih salah satu yang dekat dengan rumah atau kantor Anda. Sehingga Anda tidak perlu waktu lama untuk mencapai bengkel mitra asuransi.

Mereka dapat melihat jejak kebenaran dan memastikan mereka memiliki keterampilan perbaikan mobil yang baik dan rekam jejak yang baik dengan klien sebelumnya

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal jenis asuransi mobil bekas yang mereka pilih. Kebutuhan ini ada selain jenis asuransi yang akan digunakan, tetapi juga jumlah premi yang harus dibayar.

Agar fasilitas yang Anda dapatkan sesuai dengan nilai yang Anda belanjakan, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini berkaitan dengan berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk mengajukan asuransi mobil bekas.

Jangan sampai asuransi mobil bekas yang Anda ambil alih-alih memberikan layanan membebani Anda dengan biaya tambahan karena Anda tidak bisa melakukan pembayaran. Jadi pastikan sesuai dengan solvabilitas dan tidak membebani keuangan.

Premi asuransi mobil bekas all risk biasanya lebih tinggi dari asuransi mobil bekas total loss. Karena kerusakan yang ditanggung oleh asuransi mobil bekas all risk ini lebih tinggi asuransi mobil bekas TLO. Jadi Anda bisa memikirkan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

TRENDING :  Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Perbaiki Aki Kering yang Mudah

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan saat memasukkan produk asuransi adalah fungsi layanan perusahaan asuransi yang memudahkan, seperti yang dibutuhkan. Mengetahui adanya fungsi-fungsi tersebut akan membuat kita lebih nyaman dan tenang saat mengendarai mobil atau saat terjadi kecelakaan.

4. Usia Mobil Bekas

Faktor usia mobil yang diasuransikan juga harus diperhitungkan. Karena ada batasan usia yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi mobil bekas terbaik, asuransi mobil bekas all-risk hanya menerima mobil bekas di bawah usia 9 tahun.

Mobil bekas di bawah usia 15 tahun hanya diterima oleh asuransi mobil bekas TLO. Namun perusahaan asuransi biasanya memiliki aturan yang berbeda dan memiliki batasan usia mobil yang berbeda-beda.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apakah biaya premi asuransi mobil juga dipengaruhi oleh kondisi mobil bekas yang diasuransikan, mis. Jika mobil Anda memiliki pengalaman seperti itu, premi yang dibayarkan bisa lebih tinggi.

Sebaiknya Anda memilih mobil bekas dengan mobil bekas yang memenuhi kriteria, mana yang terbaik bila mobil tersebut digunakan baik dari segi proteksi maupun harga.

Biasanya mobil bekas pada awalnya dihargai dengan harga pasar, yang berbeda dengan mobil baru, yang harganya ditentukan berdasarkan harga beli di jalan. Selain itu, ada pemeriksaan dengan mobil yang akan diasuransikan untuk menghitung risiko, yang meliputi pemeriksaan fisik untuk memeriksa kerusakan mobil kedua yang ada.

5. Rekomendasi dari dealer mobil

Biasanya, setiap dealer mobil akan memberikan referensi dari perusahaan yang mereka yakini dapat dipercaya dan cukup baik dalam pelayanan dan pengajuan klaim.

Jadi tidak ada salahnya untuk menyimak dan mencoba rekomendasi dari dealer tempat Anda melakukan servis mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.