Cafe Racer

Sepeda Motor Cafe Racer, Dari Rock and Roll Hingga Cafe

Modifikasi Sepeda Motor adalah hal yang lumrah dilakukan oleh para bikers, ini dilakukan karena banyak bikers yang masih merasa kurang puas dengan sepesifikasi bawaan dari pabrik. Tak sedikit pula bikers yan memodifikasi sepeda motor mereka hanya untuk mendapatkan tampilan dan desain motor yang sesuai dengan keinginan mereka.

Di Dunia ada begitu banyak aliran modifikasi sepeda motor, diantaranya adalah genre Cafe Racer. Tren modifikasi ini cukup populer dikalangan anak muda, dengan gaya klasik dan retro yang unik yang tak pernah lengkang oleh jaman dan dari generasi ke generasi aliran ini masih tetap eksis dan populer.

Bahkan saat ini ada beberapa brand sepeda motor yang mengusung desain sepeda motor Cafe Racer, diantaranya adalah Kawasaki dengan motor yang diberi nama W175 Cafe Racer.

1. Dimulai dari Counterculture Inggris

man-cafe-racer-style-motorbike

Pada akhir tahun 1950 an, banyak terjadi perubahan kondisi di Inggris, sebagian masyarakat Inggris pada saat itu lebih memilih membeli dan memakai mobil. Dikarenakan hal itu muncul sebuah gerakan tandingan atau gerakan “Memberontak” yang dilakukan oleh sekelompok anak muda yang ingin merasakan sensasi merasakan berkendara pada kecepatan yang tinggi.

TRENDING :  8 Mobil Dengan Harga Murah di Tahun 2021

Kemudian muncul istilah Cafe Racer di awal tahun 1960 an, yang sangat populer di kalangan bikers sepeda motor Inggris. Sekelompok Bikers yang bernama The Rockers pada saat itu melakukan kegiatan yang cukup unik yaitu dengan mengunjungi Cafe – Cafe yang sedang populer pada masa itu seperti Busy Bee Cafe di Watford dan Ace Cafe di Stonebridge.

Pada saat itu, para Cafe Racers  ingin mencari sebuah sensasi dengan mengendarai sepeda motor mereka dengan kecepatan 160 km/jam, dimana pada saat itu teknologi otomotif belum secanggih sekarang sehingga berkendara dengan kecepatan 160 km sudah sangat cepat dan cukup berbahaya.

2. Dipengaruhi oleh musik rock and roll

elvis

Musik Rock and Roll sangat erat kaitanya dengan kemunculan dan peyebaraan budaya sepeda motor di Inggris. Gerakan ini berpusat tersebar antara di London dan Watford. Dimana pada 1950-an dan 60-an, anak muda Inggris banyak menghabiskan banyak waktunya di kafe. Sehingga musik Rock and Roll sangat berpengaruh terhadap Cafe Racer.

TRENDING :  Mobil Baru Seharga 200 Jutaan Terbaik

Bukan hanya untuk kopi; kafe menjadi satu-satunya tempat di mana mereka bisa mendengar musik rock and roll Amerika seperti Elvis Presley, Gene Vincent, Bo Diddley, Eddie Cochran dan Chuck Berry.

Busy Bee Cafe di Watford dan Ace Cafe di London adalahh kafe yang memiliki pengaruh secara historis dalam kebangkitan budaya cafe racer. Kedua kafe tersebut membentuk pilar budaya tandingan Inggris karena merupakan tempat pertemuan bagi wanita muda Inggris dan gadis kelas pekerja.

3. Ciri khas motor Cafe Racer

Tujuan pembuatan motor cafe racer adalah untuk menikmati sensasi berkendara dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, motor ini dimodifikasi layaknya motor balap saat itu, dengan desain bodi yang meniru motor Grand Prix tahun 1960-an. Setang biasanya menggunakan jenis under-bar yang diletakkan di bawah garpu.

TRENDING :  Toyota Kijang Inova Bekas, Mobil Idaman Keluarga Indonesia

Fitur yang paling umum adalah sandaran kursi sepeda motor, yang sekilas terlihat seperti ekor tawon, sehingga sering disebut sebagai kursi lebah. Bagian tangki motor memanjang, sejajar dengan belakang, untuk tampilan minimalis.

4. Berkembang dari waktu ke waktu

Motor Cafe Racer terus diperbarui dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, pada tahun 1970-an, penggemar motor Jepang mulai memodifikasi Cafe Racer dengan mengganti tangki aluminium dengan fiberglass. Mesinnya juga diubah dari mesin tiga silinder dua langkah yang asli menjadi mesin empat langkah empat silinder.

Menghadapi antusiasme yang besar ini, banyak pabrikan mulai membuat model Cafe Racer. Sebut saja Harley-Davidson XLCR dan Moto Guzzi Le Mans, keduanya mendapat sambutan positif dari para pecinta otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.