android 11

10 Fitur Terbaru Yang Menjadi Andalan Android 11

Android 11 telah diluncurkan pada tahun 2020 yang lalu, seperti sebelumnya Android 11 juga memiliki perubahan dan fitur baru. Ada bebrapa fitur baru di Android 11 yang menarik, seperti privasi, pengiriman pesan, dan beberapa kontrol yang lebih baik. Berdasarkan pembaruan tersebut, menggunakan smartphone Android akan lebih mudah dan menyenangkan.

Selain fitur – fitur diatas, Android masih memiliki beberapa fitur yang menarik untuk di ulas lebih dalam. Berikut adalah rangkuman fitur – fitur terbaru dari Android 11 :

1. Media kontrol

smart kontrol

Media Kontrol pada Android 11 ini mirip dengan yang ada di iOS yaitu Airplay pada Contor Center iOs. Dengan Media kontrol pengguna dapat dengan mudah beralih ke output media eksternal  yang akan ditampilkan pada menu notifikasi perangkat.

2. Notifikasi

Selain kontrol media baru, ada beberapa perubahan lain pada notifikasi di Android 11. Artinya, percakapan langsung ditampilkan di bagian bawah ponsel, sehingga popup tetap berbentuk bulat meskipun pesan ditutup, yang dapat digesek di bagian mana pun dan juga dihapus. Sederhana saja, seperti aplikasi Facebook Messenger yang memiliki fitur pop-up speech bubble.

TRENDING :  Harga dan Spesifikasi Oppo A37

3. Screen Recorder

screen recorder

Fitur Screen Recorder sudah ada terlebih dahulu pada Android 10, Di Android 11 fitu ini mendapatkan perubahan dari segi tampilan yang menjadi lebih menarik. Dengan Screen Recorder menjadikan pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar.

Fitur ini juga dapat merekan audio, fitur ini diakses dengan hanya mengusap layar ke arah bawah dengan dua jari. Kemudian buka Quick Settings, buka menu recording dengan klik ikon pensil di kiri bawah.

4. Menu tombol daya

Fitur ini berfungsi untuk mengakses ke fitur – fitur yang berkaitan dengan kontrol smart home melalui tombol menu daya. Dengan fitur ini pengguna dapat dengan mudah mengontrol perangkat smarthome yang terkoneksi dengan Google Home di Android, dari mana saja dan kapan saja.

5. Emoji baru

Google juga telah menggambar ulang sebagian besar emoji yang ada. Sebagian besar ikon telah menambahkan bayangan, mengubah garis luar orang, dan sebagainya. Di Android 11 terdapat 117 Emoji baru dari Unicode Emoji 13.o.

TRENDING :  Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

6. Aplikasi Permission

Fitur ini memberikan pilihan kepada pengguna untuk memberikan izin sementara apabila ada aplikasi yang akan mengakses fitur tertentu di handphone, seperti fitur kamera,mic, dan lokasi.

Fitur ini juga dapat memblokir akses clipboard dan membatasi ID perangkat. Dengan Aplikasi Permission di Android 11 dapat membuat perangkat jadi lebih aman dari penyalahgunaan akses oleh aplikasi.

Selain itu fitur ini juga dapat mereset setting izin aplikasi agar berhenti mengakses fitur – fitur di perangkat. Android 11 akan mereset izin dari aplikasi yang sudah sudah tidak digunakan.

7. Riwayat Notifikasi

Apabila kalian sering melewatkan atau menghapus notifikasi tanpa melihat terlihat dahulu apa isinya, terkadang membuat kalian kesulitan apabila akan membuka pemberitahuan yang sudah terhapus.

Di Android 11 ini terdapat fitur untuk membuka kembali riwayat pemberitahuan yang masuk yang mungkin sudah kalian abaikan atau kalian hapus. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu mengaktifkanya di menu settings.

8. Dark Mode

Google menerapkan sakelar tema gelap seluruh sistem di Android 10. Ini adalah kemampuan untuk secara otomatis mengaktifkan mode gelap saat matahari terbenam dan mematikan di pagi hari.

TRENDING :  Cara Mudah Backup Data Iphone Terbaru 2021

Tombol tema gelap di Android 11 memiliki opsi baru untuk mengatur jadwal. Jadi Anda dapat mengatur waktu mulai dan berakhir kustom Anda sendiri atau mengaturnya ke waktu matahari terbit / terbenam untuk lokasi. Sangat bagus ketika ponsel masuk ke mode gelap dengan sendirinya.

9. Saran Aplikasi

Pada Android 11 dapat menyarankan aplikasi dengan intensitas tertinggi untuk ditampilkan dilayar utama. Dengan begitu akan memdahkan pengguna untuk mengakses aplikasi yang paling sering digunakan.

10. Voice Akses

Fitur Voice Akses  di Android 11 mengalami cukup banyak peningkatan, diantaranya menjadi lebih responsif dan mudah digunakan. Selain itu Voice Akses juga dapat digunakan secara offline, tanpa koneksi internet sehingga lebih mudah penggunaanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.