android 10

Mengenal 9 Fitur Terbaru Andalan Dari Android 10

Google telah merilih Sistem operasi Android 10 pada september tahun lalu, dan dalam 5 bulan telah terinstal di 100 juta ponsel Android, meningkat 28% lebih cepat daripada sistem operasi sebelumnya yaitu Android 9 Pie. Hal ini membuat Android 10 menjadi sistem Android  dengan tingkat adopsi tercepat.

Baca Juga : Google Akan Hentikan Dukungan Untuk Andorid Jelly Bean, Segera Upgrade Android Kalian

Google sendiri telah membuat modul yang dapat mempercepat pendistribusian sistem operasi Android 10 ini di ponsel Android. Google menyebut ada tiga faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kecepatan adopsi sistem Android 10, yaitu Project Treble, Project Mainline, dan Generic System. Project Table sendiri dapat memeungkinkan produsen ponsel secara otomatis mengirimkan pembaharuan sistem operasi ke perangkat baru.

Melalui layanan Google Play Store, Project Mainline memungkinkan Google untuk mengupdate komponen dari inti sistem operasi dengan cara yang sama ketika kita memperbarui aplikasi.

Google juga mengatakan bahwa komponen sistem utama di Android 10 yang terkait dengan keamanan dan privasi dapat secara langsung ditingkatkan  di Project Mainline.

TRENDING :  Ketahui Kelebihan Kekurangan infinix Hot 9 Play Sebelum Membeli

Fitur Android 10

Android 10 menghadirkan sejumlah peningkatan dan fitur baru, termasuk tema atau mode gelap, navigasi berbasis gestur, fitur privasi tambahan dan perlindungan lokasi, serta “tindakan cepat” untuk membalas pesan dan notifikasi. Generic System Images (GSI) di Android 9 Pie memungkinkan uji kompatibilitas pada perangkat tanpa peran OEM.

Baca Juga : 10 Fitur Terbaru Yang Menjadi Andalan Android 11

Android 10 sendiri merupakan sistem operasi Android pertama yang diberi nama tanpa embel-embel untuk manisan/kue. Angka 10 mengacu pada usia Android tahun itu yang merupakan satu dekade. Selain perubahan nama, Google juga melakukan penyegaran logo Android. Sebelumnya, “bugdroid” atau robot Android hijau selalu menampilkan tubuh yang lengkap, kini Google hanya menampilkan kepala.

dark mode

9 Fitur  Terbaru Andalan Android 10

Subtitle Otomatis

Android 10 memiliki fitur otomatis menampilkan subtitle layaknya seperti ketika sedang menonton film.
Subtitle Otomatis akan secara otomatis menampilkan teks pada video, podcast, dan pesan audio, bahkan hal yang Anda rekam sendiri. Fitur ini dapat digunakan tanpa menggunakan koneksi internet.

TRENDING :  Aplikasi Untuk Mengetahui Chat Whatsapp Pacar 2021

Smart Reply

Di Android 10, ketika mendapatkan pesan, sistem akan langsung dapat mengenali aplikasi apa yang dituju dan menyarankan aplikasi yang relevan tanpa harus membuka aplikasi.

Amplifier Suara

Dengan Amplifier Suara, ponsel Anda dapat meningkatkan suara, dan mengurangi noise suara yang mengganggu baik saat ketika menelpon, menonton TV, atau mendengarkan lagu.

Navigasi Gestur

Gesture swipe terbaru dari Android 10 memberikan kemudahan jika ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, yaitu hanya dengan cara swipe kiri atau kanan bawah layar. Gesture ini juga kini menjadi lebih responsif dan intuitif.

Dark Mode

Dark Mode pada Android 10 menggunakan warna hitam absolut agar penggunaan daya baterai dapat lebih hemat dan bertahan lebih lama. Selain itu, fitur ini juga mengubah tampilan aplikasi Google, misalnya Kalender dan Foto

Permission

Di Android 10,  pengguna dapat mengontrol privacy dan apikasi permission secara penuh. Pengguna dapat mengatur kapan dan bagaimana suatu aplikasi mengakses data di ponsel. Dalam hal ini, pengguna dapat memilih kapan lokasi dibagikan. Apabila ada aplikasi yang terdeteksi mengakses lokasi, maka otomatis sistem akan memberitahukan.

TRENDING :  Vivo V21 5G Smartphone Android Dengan Kamera Selfie Terbaik Saat Ini

Update Security

Perangkat Android memang sudah mendapatkan fitur pembaruan keamanan secara rutin, tetapi di Android 10, Anda akan mendapatkannya lebih cepat dan mudah.  Pembaruan akan dikirimkan langsung melalui Google Play seperti layaknya mengupdate aplikasi seperti biasa. Dengan begitu, update akan lebih cepat didapatkan setelah tersedia.

Mode Fokus

Mode fokus adalah seperti layaknya mode diam , dimana pengguna dapat memilih aplikasi untuk dijeda untuk sementara. Sehingga pengguna dapat menonaktifkan aplikasi yang menggangu dengan mudah.

Family Link

Dengan mode ini pengguna dapat memantau aktivitas anggota keluarga lain yang terkoneksi dalam menggunakan smartphone. Pengguna dapat mengatur batas waktu pemakaian ponsel, Mengelola konten apa saja yang mereka akses, dan juga dapat melihat lokasi perangkat mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.