tips mengatur keuangan saat pandemi

Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Pandemi virus Covid19 masih belum berakhir, dan bahkan sampai saat ini malah bertambah buruk. Pemerintah bahkan tengah memberlakukan kebijakan PKPM darurat Jawa Bali, yang pasti akan sangat berdampak pada perekonomian.

Oleh karena itu, agar tetap dapat bertahan di pandemi ini kita haruslah tetap cerdas dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan, ada beberapa cara yang harus kalian perhatikan untuk mengelola keuangan,yaitu :

Baca Juga : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Terkena PHK

Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

gaya hidup hedon

1. Utamakan Membeli Kebutuhan Pokok

Prioritas yang perlu kalian utamakan saat berbelanja adalah mendahulukan kebutuhan pokok seperti bahan makanan sehari-hari dan kebutuhan perlindungan diri yang esensial seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, dll.

Tetap tenang dan jangan panik buying, Beli secukupnya saja. Dalam situasi dan kondisi pandemi seperti ini, hindari terlebih dahulu membeli kebutuhan tersier yang sebenarnya tidak kalian buthkan butuhkan saat ini.

Baca Juga : 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Kafe Dengan Modal Kecil

2. Berhenti menambahkan cicilan / hutang

Hal ini berlaku buat kalian yang sudah memiliki cicilan apapun itu, dan apabila kalian belum memiliki cicilan, sebaiknya hindari itu. Walaupun pembayaran cicilan yang sudah kalian lakukan bisa bermanfaat di kemudian hari, tapi kalau bisa usahakan jangan menambah cicilan lagi. Sebaiknya gunakan uang uang kalian untuk menabung atau Investasikan ke emas untuk digunakan pada saat darurat.

TRENDING :  Begini Caranya! Trading Emas Dengan Modal Kecil ?

Dimasa pandemi seperti sekarang yang serba tidak menentu, dikhawatifkan apabila kalian menambah cicilan kemdudian di suatu hari ini terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kalian akan kesulitan untuk melaluinya.

Baca Juga : Pinjaman Online Tanpa Agunan Dengan KTA Standard Chartered

3. Siapkan dana darurat

Saat ini peningkatan kasus Covid19 sangat signifikan setiap hari, kalian harus lebih giat untuk segera menyiapkan dana darurat. Sisihkan sebagian dari gaji atau uang yang Kalian dapatkan, karena semuanya bergerak cepat dan benar-benar tidak dapat diprediksi.

TRENDING :  Review Dan Cara Investasi Aman di Bibit Reksadana

Dana darurat yang kalian persiapkan akan sangat membantu kalian jika terjadi hal yang tidak terduga. Misalnya, biaya untuk melakukan tes antigen atau PCR dan kemungkinan terburuk kalian akan kena PHK. Kita semua berharap hal ini tidak terjadi, tapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasinya.

4. Buat daftar kebutuhan

Bagi Anda yang membeli secara impulsif, ada baiknya sekarang kalian mulai membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Daftar kebutuhan berisi hal-hal yang wajib, penting, mendesak dan mendesak untuk dibeli.

Sedangkan daftar keinginan untuk daftar barang-barang yang masih bisa dibeli di masa depan. Hal ini sangat penting di masa pandemi agar pengeluaran keuangan kita tetap efisien dan terkendali.

TRENDING :  Apa Saja Manfaat Perbankan Bagi Masyarakat Wajib Diketahui

5. Ganti gaya hidup konsumtif dan hedon

Jika kalian adalah tipe orang yang konsumtif atau bahkan hedon sebelum pandemi, sepertinya kalian harus merubah gaya hidup yang satu ini. Selain itu, kalian yang sering berlibur atau menginap setiap akhir pekan harus rela menahanya terlebih dahulu.

Bahkan jika ada program diskon di e-commerce, kalian juga harus menahan diri untuk tidak membeli semua yang ada di keranjang belanja. Prioritaskan yang lebih penting, buang semua keinginan untuk nongkrong di kafe. Tetap di rumah juga merupakan upaya untuk menyelamatkan diri dan keuangan kalian di masa pandemi.

Stay safe, patuhi protokol kesehatan, dan atur keuangan kalian dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.