Tips-desain-ruang-tv

6 Tips Desain Ruang TV, Agar Keluarga Nyaman Saat Menonton TV

Ruang TV adalah area hiburan bagi seluruh anggota keluarga, Ruang TV juga menjadi tempat berkumpulnya keluarga ketika bersantai. Desain dan penataan Ruang TV yang tepat dapat membuat keluarga menjadi betah dirumah.

Banyak orang yang menganggap bahwa Ruang TV juga adalah ruang keluarga, hal ini memang tidak sepenuhnya salah karena kebanyakan masyarakat Indonesia meletakan TV di ruangan keluarga.

Desain atau penempatan TV pada ruangan yang asal – asalan menyebabkan ruangan menjadi kurang nyaman, dan aktifitas menonton TV pun menjadi tidak optimal.

Untuk itu berikut adalah beberapa tips dan inspirasi desain atau penataan Ruang TV agar menjadi optimal dan menjadikan acara kumpul bersama dengan keluarga dengan menonton TV menjadi lebih nyaman.

Baca Juga : Mendesain Dapur Sederhana dan Minimalis, Minim Budget !!!

6 Tips Desain Ruang TV

tv
Gambar : Kompas

1. Menentukan Ukuran TV

Dengan mengesamping kan budget, menyesuaikan ukuran TV terhadap ruangan adalah sangat penting, tetapi banyak orang yang tidak memperdulikan hal ini. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya apabila suatu ruangan yang sempit memiliki TV yang besar, atau ruangan yang besar dan luas tetapi dengan ukuran TV yang kecil.

Ketidak sesuaian ini dapat membuat Ruang TV menjadi terasa lebih sempit atau pun malah terlihat kosong karena ukuran TV yang tidak menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Tentu saja tidak hanya mengurangi nilai dari estetika tapi juga menjadi kurang nyaman.

Baca Juga : Desain Dapur Minimalis 2×2 Sederhana dan Elegan

2. Jarak pandang ke TV

Jarak pandang antara TV dan tempat duduk sangatlah penting, hal ini mempengaruhi tingkat kenyamanan ketika menonton TV. Apabila jarak terlalu dekat,maka dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Begitu juga apabila jarak terlalu jauh juga akan membuat mata menjadi kurang nyaman dan cepat lelah.

TRENDING :  Desain Dapur Minimalis 2x2 Sederhana dan Elegan

Oleh karena itu atur jarak antara tempat duduk dengan TV agar terasa lebih nyaman saat menonton TV. Jarak pandang ideal ketika menonton TV adalah 3-5x dari ukutan TV. Jadi misalkan TV berukuran 21 inci, maka jarak idealnya adalah 32 inci x 3 = 96 inchi atau 2,4 meter.

3. Sudut pandang ke TV

Selain jarak pandang, ketinggian TV yang salah juga bisa membuat desain ruang TV tidak nyaman. Idealnya ketinggian televisi di ruang televisi antara 100-110 cm di atas lantai. Namun hal ini tidak mutlak, Anda juga perlu menyesuaikan ketinggian penempatan TV berdasarkan ukuran anggota keluarga, tinggi tempat duduk yang Anda gunakan, dan lebar TV yang Anda gunakan.

TRENDING :  Mau Membangun Rumah?Cek Dulu Harga Bahan Bangunan Disini

Untuk memastikan ketinggian televisi benar, coba lihat ketinggian tertentu dan tentukan ketinggian di mana Anda dapat melihat dengan pandangan lurus dan dalam posisi santai.

4. Perhatikan Arah datangnya cahaya

Sumber cahaya di ruang TV bisa berasal dari dua sumber, yaitu cahaya alami dari jendela atau pintu dan cahaya buatan dari lampu ruangan. Nah yang perlu diperhatikan adalah arah datangnya cahaya ke lokasi TV untuk penerangan alami. Posisi terbaik untuk lampu adalah dari sisi kanan atau kiri TV. Jika Anda memundurkan TV ke arah sumber cahaya, gambar TV tidak akan terlalu terang, sebaliknya sumber cahaya yang datang langsung dari depan TV akan membutakan layar.

Untuk pencahayaan buatan, alih-alih lampu gantung, Anda dapat memilih lampu langit-langit. Jika Anda masih berencana menggunakan lampu gantung, pastikan ketinggiannya tidak terlalu rendah agar layar TV silau.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Dengan 2 Kamar

5. Penataan tempat duduk

Ukuran TV berpengaruh besar terhadap lebar ruangan atau panjang penataan sofa. Televisi yang terlalu kecil dibandingkan dengan ukuran ruangan atau sofa membuat kurang nyaman orang yang duduk di ujung sofa untuk menonton TV. Untuk itu, sesuaikan ukuran TV dengan penataan sofa agar semua orang bisa menikmati kenyamanan yang sama.

TRENDING :  Mendesain Dapur Sederhana dan Minimalis, Minim Budget !!!

Saat ini, sudah ada teknologi TV melengkung untuk dipilih. TV jenis ini bisa menjadi solusi untuk ruangan yang luas atau sofa yang terlalu panjang. TV melengkung membantu mendapatkan gambar yang bagus pada posisi sudut pandang apa pun, membuat menonton TV lebih nyaman untuk semua orang.

6. Informasi tentang instalasi listrik

Selanjutnya, Anda harus memperhatikan instalasi listrik pada desain ruang TV. Pastikan menyediakan sakelar yang cukup dan berada pada posisi yang pas dan tidak mengganggu. Tempatkan sakelar bawah di bagian belakang TV.

Jika perlu, siapkan lemari atau meja ujung untuk melindungi dan menutupi sakelar agar kabel tidak tercecer dan mengacaukan ketertiban ruang TV. Kabel yang berhamburan juga dapat menyebabkan korsleting dan mengganggu pergerakan di dalam ruangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.