kesalahan-mendesain-dapur

7 Kesalahan Mendesain Dapur Yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini rumah – rumah saat ini berukuran kecil akibat keterbatasan lahan dan harga tanah yang kian tinggi, terutama diperkotaan. Hal ini membuat ukaran ruang pada rumah – rumah jaman sekarang menjadi lebih kecil,tidak terkecuali dapur.

Oleh karena itu mendesain dapur dengan space yang terbatas menjadi cukup penting, penataan barang dan perabotan sangat mempengaruhi agar dapur terlihat lebih luas dan lebih nyaman saat digununakan saat memasak ataupun digunakan untuk ruang makan.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Dengan 2 Kamar 

Ketika anda membangun rumah, sebaiknya perhatikan juga desain dari dapur agar anda tidak kesulitan ketikan melakukan penataan perabotan dll. Jangan sampai dikemudian hari anda menyesal dan merombak desain dapur, yang akan memakan biaya yang lumayan besar.

Merenovasi atau merombak penataan dapur bukanlah hal yang mudah, karena banyak aspek yang perlu diperhatikan. Untuk dapat membuat dapur menjadi sesuai dengan keinginan anda, atau membuatnya menjadi lebih nyaman dan mudah untuk ditata, anda harus tetap terlibat selama proses desain dapur dan pengerjaanya.

Dalam mendesain dapur,ada beberapa kesalahan yang umum terjadi,berikut diantaranya :

TRENDING :  Desain Rumah Minimalis Dengan 2 Kamar

7 Kesalahan Dalam Mendesain Dapur

1. Kesalahan Merencanakan 3 Perabot Dapur Utama

Peralatan dapur yang terlalu berjauhan dapat mengganggu proses memasak Anda. Menurut Rebecca Poutney dari Yellow Letterbox, salah satu hal yang harus dipikirkan dan sering dibicarakan dalam tata letak dapur adalah segitiga kerja.

Baca Juga : Mendesain Dapur Sederhana dan Minimalis, Minim Budget !!!

“Ini tentang penempatan perlengkapan utama Anda. Kompor Anda, lemari es dan wastafel Anda. Salah satu hal yang membuat orang salah adalah mereka terlalu berjauhan sehingga Anda terus-menerus berjalan di sekitar dapur Anda, ”kata Poutney.

2. Tidak ada ruang, agar pintu lemari dapat terbuka sepenuhnya

Menyisakan ruang untuk pintu lemari, laci dan peralatan dapur lainya menjadi sangat penting, untuk menampung pegangan dan kenop. Serta ruang untuk membuka kulkas, mesin cuci, dan laci pencuci piring dapat terbuka dengan sempurna.

Idealnya, sediakan cukup ruang agar setiap laci dan pintu dapat dibuka secara sempurna agar tidak saling bertabrakan.

3. Ruang yang terlalu padat

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah terlalu banyak meletakan perabotan atau barang yang tidak digunakan di dapur, memaksimalkan ruang yang tersedia memang penting tetapi anda juga harus mempertimbangkan estetika juga.

TRENDING :  Desain Dapur Minimalis 2x2 Sederhana dan Elegan

Dengan perabotan yang berlebihan akan membuat dapur menjadi sempit dan dapat mengganggu lalu lintas di dalam dapur. Anda harus dapat berkompromi,untuk tidak terlalu memaksakan meletakan perabotan didapur.

4. Pemasangan Lemari atau kabinet dapur yang tanggung.

Pemasangan lemari dapur yang tidak mencapai langit – langit plafon,tidak hanya dapat menimbun kotoran dan debu yang sulit untuk dibersihkan karena letaknya yang tinggi, tetapi juga akan membuat ruangan menjadi terasa lebih rendah dan sempit.

Pasang lemari dapur hingga  menempel ke plafon, agar tidak menimbun kotoran dan debu, juga membuat dapur anda terlihat lebih luas.

5. Pencahayaan dan Ventilasi yang Buruk

Pencahayaan menjadi sangat penting bagi dapur, selain dibutuhkan untuk penerangan ketika melakukan aktifitas di dapur, dapur yang terang juga memberi rasa nyaman untuk digunakan.

Aliran udara di dapur juga perlu diperhatikan, pastikan dapur memiliki cukup ventilasi agar udara didalam dapur dapat selalu berganti dengan udara yang segar. Gunakan jendela yang lebar agar udara yang masuk dapat maksimal, selain itu dengan membuat ventilasi atau jendela didapur dapat memberikan pencahayan di dalam dapur.

TRENDING :  Mendesain Dapur Sederhana dan Minimalis, Minim Budget !!!

6. Berlebihan Dengan Rak Terbuka

Meskipun rak terbuka adalah cara yang bagus untuk memajang koleksi piring kesayangan Anda atau teko yang dikoordinasikan dengan warna, rak terbuka tidak terlalu praktis untuk digunakan di dapur sehari-hari.

Dapur yang baik memiliki perpaduan yang seimbang antara rak dan penyimpanan tertutup dan terbuka sehingga barang apa pun yang sering digunakan dan kemudian disimpan dengan cepat dapat disimpan didalam rak.

7. Tidak menyediakan Stopkontak listrik yang cukup

Saat ini, hampir seluruh peralatan memasak menggunakan listrik. Apabila anda tidak menyediakan stopkontak, atau anda lupa tidak menyediakanya, maka hal itu dapat sangat merepotkan dikemudian hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.