resiko-menggunak-tethering

Bahaya Menggunakan Hotspot Seluler atau Tethering di Handphone

Pandemi Covid19 telah mengubah kebiasaan banyak orang, sejumlah orang untuk bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya dilakukan dari rumah lewat online. Masalahnya tidak semua rumah memiliki WiFi atau modem internet. Karena itu, banyak orang menggunakan smartphone mereka untuk dijadikan modem, atau tethering hotspot. Hal ini dilakukan mengingat mereka tidak perlu lagi membeli modem Wi-Fi ataupun Modem lagi.

Namun,menggunakan smartphone untuk tethering dengan jangka waktu yang cukup lama juga memiliki resiko. Banyak orang yang masih tidak menyadari dampak dari penggunaan ponsel sebagai modem internet secara terus menerus. Salah satunya adalah kemungkinan ponsel cepat rusak.

Baca Juga : Cara Download Dan Instal Google Camera di Vivo Y12

Sebagian besar ponsel yang terhubung ke jaringan seluler untuk mengakses Internet dapat berbagi koneksi atau sesuatu yang disebut fungsi tethering. Fitur ini memungkinkan pengguna HP untuk menghubungkan saluran Internet mereka ke ponsel orang lain.

Hampir semua smartphone memiliki fitur Hotspot Seluler, dan untuk melakukan pengaturanyapun cukup mudah. Untuk mengaktifkan fitur tethering adalah dengan masuk ke Hotspot seluler kemudian di on kan. Di pengaturan Hotspot seluler juga bisa menamai dan memberi password hotspot yang dishare

Resiko Tersembunyi Menggunakan Smartphone Untuk Tethering

Meskipun fitur ini sangat membantu bagi orang yang tidak memiliki Wi-Fi atau modem internet, namun penggunaanya yang terlalu lama juga memiliki resiko untuk handphone. Berikut adalah beberapa resiko yang mungkin terjadi ketika menggunakan smartphone untuk tethering :

TRENDING :  Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok Lite Tanpa Rempong

Baterai Handphone Menjadi Boros dan Panas

Ketika handphone digunakan untuk tethering dengan waktu yang lama, komsumsi daya akan menjadi lebih boros dan handphone akan menjadi lebih panas. Jika dilakukan secara terus menerus maka dan sering, akan menimbulkan masalah pada smartphone.

Saat Handphone kalian dijadikan modem internet atau media tethering maka akan membuat konsumsi dayanya meningkat, semakin banyak yang terkoneksi akan semakin besar juga daya yang dipakai. Ini akan mempengaruhi dari usia baterai kalian, karena baterai digunakan dengan overload.

Baterai dan handphone akan menjadi cepat panas, dan apabila dibiarkan secara terus menerus maka baterai akan mengembung karena cairan lithium terus menerus dipanaskan, dan mungkin saja apabila sudah terlalu panas baterai dapat meledak. Komponen handphone juga ada batasan panas yang sanggup diterimanya,apabila terlalu panas bukan tidak mungkin komponek handphone akan rusah atau korsleting dan menyebabkan handphone kalian mati total.

Kuota Internet Menjadi Cepat Habis

Perlu kalian ketahui, pemakain data di smartphone dengan pemakaian di laptop atau PC itu berbeda. Pemakaian data di laptop atau dekstop jauh lebih besar, ini dikarenakan di sistem windows atau apapun os yang kalian gunakan,terkadang terdapat aplikasi yang berjalan dan menggunakan akses internet secara tersembunyi. Ukuran file yang di reloadpun jauh lebih besar, seperti ketika browsing di internet.

Bagi kalian yang menggunakan smartphone untuk tethering dan dipakai secara bersama sama oleh orang banyak, biasanya koneksi akan menjadi lebih lambat. Hal itu disebabkan oleh bandwith internet yang dibagi bagi dengan pengguna lain.

TRENDING :  10 Fitur Terbaru Yang Menjadi Andalan Android 11

Kuota internetpun menjadi cepat habis dikarenakan dipakai oleh banyak orang, kita tidak pernah tau aktifitas apa yang mereka lakukan ketika menggunakan hotspot seluler kalian.

Bagi anda yang pernah berbagi password hotspot dengan teman pasti merasa koneksi internet anda mendadak lemot saat melihat banyak yang masih terkoneksi dengan handphone kalian. Mungkin apabila mereka hanya menggunakan hotspot seluler untuk social media, tidak akan terlalu berdampak.

Namun jika satu saja diantara mereka menggunakanya untuk mengakses youtube atau video streaming lain, maka kuota kalian akan habis tanpa kalian sadari.

Handphone Dapat Diretas

Mungkin akan terdengar aneh, karena mungkin kalian menggunakan hotspot seluler hanya digunakan dengan teman atau kelurga kalian. Tetapi bukan tidak mungkin ada penyusup yang berniat tidak baik, dan tanpa kalian sadarai sudah terkoneksi dengan hotspot seluler kalian.

Handphone kalian dapat dipasang secara sembunyi sembunyi aplikasi yang bisa membahayakan atau menyadap handphone atau data kalian. Jika kalian memiliki data data yang sensitif, ini dapat sangat berbahaya.

Bagaimana Cara Tethering yang Aman?

Untuk menghindari hal hal seperti diatas, ada baiknya kalian menggunakan hotspot seluler hanya ketika benar – benar diperlukan. Jika memang terpaksa harus menggunakan koneksi dari hotspot seluler, maka selalu ganti password dengan kombinasi angka, huruf, karakter dan minimal 8 karakter.

Jika kalian kalian ingin share koneksi dengan teman atau keluarga,pastikan hanya mereka yang terkoneksi dengan cara cek jumlah pengguna yang menggunakan sambungan hotspot seluler kalian di smartphone.

TRENDING :  Inilah 5 Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui, Jangan Panik!

Dengan begitu, maka kuota kalian akan lebih terkontrol karena kalian bisa memantau aktifitas apa saja yang dilakukan mereka, keamanan data pun menjadi terjamin karena kalian tau siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan kalian.

Kemudian,batasi waktu yan kalian gunakan untuk tethering baik untuk sendiri ataupun ketika dishare. Ini dimagsudkan agar handphone tidak terlalu panas, dan baterai tidak cepat habis.

Jika kalian memang diharuskan menggunakan thetiring dari hadnphone lebih lama, sebaiknya letakan handhpne di tempat yang terbuka dengan suhu yang terjaga. Dan apabila memungkinkan taruh handphone ditempat ber AC atau gunakan kipas untuk mendinginkan handphone.

Selalu pantau jumlah device yang terkoneksi kejaringan kalian, untuk menghindari orang yang tidak dikenal menggunakan jaringan hotspot seluler handphone kalian.

Demi keamanan sebaiknya setiap kalian akan menggunakan hotspot seluler, selalu ganti password hotspot dengan password kombinasi yan sulit ditebak, yaitu kombinasi angka, huruf, dan karakter dengan panjang password minimal 8 karakter.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai thethering dengan menggunakan smartphone, apabila ada dana sebaiknya kalian berlangganan profider internet, atau membeli modem untuk koneksi internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.