isi bbm

Salah Kaprah…!Manfaat Dari Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi BBM

Kita pasti pernah melihat orang yang sedang  menggoyang goyangkan kendaraan mereka saat mereka mengisi bahan bakar kendaraan mereka. Banyak orang yang tidak mengetahui manfaatnya, disini kita akan membahas fenomena “mesin dan mobil goyang” saat mengisi bahan bakar.

Setidaknya itulah yang dilakukan beberapa orang. Kejadian tersebut dapat diamati ketika seorang petugas berseragam SPBU mengisi bahan bakar kendaraan dan pengemudi kendaraan berdiri tepat di sebelah kendaraan yang diisi bahan bakar dan mengguncang kendaraan.

Baca Juga: Terlengkap!!!Daftar Harga Mobil Avanza Bekas di Tahun 2021

*Foto : Pikiran Rakyat

Apa kelebihannya?

Perlu ditanyakan apa manfaat sebenarnya dari menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar?

Dilansir dari Kompas.com menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar tidak ada manfaatnya. Menurutnya, bahan bakar cair secara otomatis dapat mengisi ruang di tangki bensin tanpa harus mengocoknya. Ujar Dr. Jayan Sentanuhudy Dosen Teknik Mesin UGM

“Orang-orang melakukan ini karena mereka tidak memahaminya,” kata Jayan kepada Kompas, Selasa (22 Juni).

TRENDING :  Kenali Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Agar Dapat Segera Diatasi

Menurut Jayan, banyak orang yang salah kaprah dan beranggapan bahwa menggoyangkan kendaraan akan membuat udara yang terperangkap di tangki bensin keluar dan bahan bakar yang masuk lebih banyak. Tapi anggapan ini sangat salah. Alasan untuk ini adalah bahwa udara naik dengan sendirinya karena kepadatannya yang lebih rendah.

“Tapi itu (mengguncang kendaraan untuk mengempisnya) juga tidak perlu. Udara jauh lebih padat daripada bahan bakar, jadi udara naik dengan sendirinya, ”lanjut Jayan.

Lain halnya saat kendaraan diguncang karena bahan bakarnya padat atau bubuk. Masih masuk akal untuk membuatnya lebih kompak atau kompak.

Bahaya! Dapat menghasilkan listrik statis
Meskipun kebiasaan ini jarang terjadi di kota-kota besar, namun masih sangat umum di daerah terpencil. Pelakunya mulai dari pengemudi angkutan umum hingga perorangan dan pengendara sepeda motor.

Bahkan, angkutan umum seperti angkot diguncang pengemudi saat mengisi bahan bakar, padahal masih ada beberapa penumpang di dalamnya.

TRENDING :  Sial, Pria ini Pamer Rumah dan Mobil Baru Malah Ditagih Utang Warganet

Alasan tidak masuk akal, selain bensin bisa masuk ke seluruh ruang tangki, biasanya untuk mengisi bahan bakar dengan cepat.

Mengguncang kendaraan saat mengisi bahan bakar sebenarnya memiliki efek negatif yang dapat menyebabkan kebakaran.

“Saat diguncang, leher pengisi bergesekan dengan lubang tangki besi lembaran. Meski kecil, masih ada kemungkinan bisa menimbulkan percikan api karena bergesekan,” kata Jayan.

Nozzle adalah perangkat yang mengontrol arah atau sifat aliran cairan saat meninggalkan ruang tertutup atau pipa. Nosel umumnya merupakan tabung atau tabung dengan luas penampang yang bervariasi yang dapat mengarahkan aliran cairan.

Ada kekhawatiran bahwa menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar dapat menyebabkan kebakaran karena ujung nozzle bergesekan satu sama lain dan menghasilkan listrik statis. Meski potensinya kecil, kemungkinan terbakar masih ada karena gesekan terjadi berulang kali.

Jika pengemudi terlalu bersemangat untuk menggoyang kendaraan, otomatis gesekan menjadi semakin kencang.

Hal listrik statis ini kelihatannya sepele, tapi berbahaya jika mengisi bensin dengan tabung plastik. Alasan untuk ini adalah bahwa ada pertemuan antara dua beban yang berbeda. Nozel terbuat dari besi dan tabung biasanya terbuat dari plastik.

TRENDING :  Sepeda Motor Cafe Racer, Dari Rock and Roll Hingga Cafe

Karena itu, tabung besi relatif aman untuk membeli bahan bakar dari SPBU. Namun, akan lebih baik jika dihindari karena semuanya berpotensi menimbulkan kebakaran.

Ada tiga bahan yang tidak boleh saling bergesekan di SPBU, yaitu bahan bakar, oksigen, dan bunga api. Selain percikan atau percikan api, panas yang berlebihan juga dapat menyebabkan kebakaran.

Untuk itu, mesin kendaraan harus dimatikan saat pengisian bahan bakar di SPBU untuk mengurangi limbah panas dari mesin kendaraan. Bayangkan bahayanya jika mesin kendaraan masih hidup dan goyang saat mengisi bahan bakar.

Mengguncang kendaraan tidak hanya berbahaya, tetapi juga membuang-buang energi. Ikuti saja prosedur yang tertera di SPBU, seperti: B. matikan mesin, jangan goyang kendaraan atau panggil, karena sinyal mungkin lebih terang ketika uap bensin bercampur dengan udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.