daftar-formasi-CPNS-2021-untuk-lulusan-sma-atau-sederajat

Daftar Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA atau Sederajat

Pemerintah pada tahun ini menetapkan 701.590 kebutuhan CASN dari berbagai formasi instansi pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, baik CPNS, PPPK Guru, dan PPPK non-guru.

Angka tersebut merupakan angka yang ditetapkan sejak 14 Juni 2021. Secara keseluruhan, pelatihan CASN terbesar pada tahun 2021 direncanakan untuk pelatihan guru dengan jumlah 531.076 orang.

Baca Juga : Jadwal Lengkap dan Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2021

Kemudian formasi PPPK non guru pada tahun 2021 menjadi 20.960. Maka total formasi CPNS 2021 adalah 80.961.

Sejumlah instansi pemerintah telah mengumumkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2021. Bagi lulusan SMA atau sederajat juga memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS 2021.  Berikut beberapa instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA atau Sederajat. Pendaftaran akan dilakukan secara online, dan Begini Cara Mendaftar Secara Online di SSCASN BKN

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2021 Resmi Dibuka, Cek syarat dan Tahapan – Tahapannya

Daftar Instansi CPNS Untuk Lulusan SMA atau Sederajat

Kejaksaan RI

Kepala Kejaksaan RI Katarina Endang Sarwestri mengatakan formasi CPNS kejaksaan membuka setidaknya dua posisi lulusan SMA pada tahun 2021.

TRENDING :  Pendaftaran CPNS 2021 Resmi Dibuka, Cek syarat dan Tahapan - Tahapannya

Yang pertama adalah staf manajemen kasus. 496 formasi terbuka untuk posisi ini. Kedua, Penjaga Tahanan, yang telah membuka 494 formasi.

Basarnas

Basarnas disebutkan membuka sebanyak 248 formasi  pada CPNS tahun 2021 untuk lulusan SMA/sederajat. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Penyelamat pemula

Dibutuhkan 189 orang untuk posisi ini.

Klasifikasi diklat yaitu SMA/SMK atau sederajat yang memiliki izin renang/lisensi selam/sertifikat latihan SAR.

  • Nakhoda Kelas I

Dibutuhkan 1 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/Berufsoberschule (Nautika) atau yang setara dengan sertifikat ANT IV.

  • Mualim I.

Kapal Kelas II Untuk posisi ini, jumlah orang yang dibutuhkan adalah 2 orang. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/Berufsoberschule (Nautika) atau yang setara dengan sertifikat ANT IV.

  • Mualim II

Kelas II kapal 1 orang diperlukan untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT V.

  • Komandan I kapal kelas IV
TRENDING :  Daftar Lengkap Formasi CPNS 2021 Untuk Sarjana S1 / D4

Dibutuhkan 3 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (capable/assessment deck).

  • Kapal Masinis II Kelas II

Dibutuhkan 6 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat dengan sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

  • Masinis I kapal Kelas III

Dibutuhkan 1 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat dengan sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

  • Masinis I kapal Kelas IV

Dibutuhkan 4 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat dengan sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

  • Markonis

Dibutuhkan 1 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/Berufsoberschule (Nautika) atau sederajat, yang memiliki sertifikat dari Basic Safety Training (BST) dan General Radio Operator (ORU).

  • Pelaut Kelas II

Dibutuhkan 10 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (capable/assessment deck).

  • Juru mudi
TRENDING :  Lengkap !!! Begini Cara Mendaftar Secara Online di SSCASN BKN

Dibutuhkan 21 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (capable/assessment deck).

  • Tukang minyak

Dibutuhkan 9 orang untuk posisi ini. Klasifikasi latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (capable/assessment deck).

Kementrian Perhubungan

Baca Juga : Daftar Lengkap Formasi CPNS 2021 Untuk Sarjana S1 / D4

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka 2.445 formasi pada seleksi CPNS 2021. Mengutip dari akun Instagram resmi Kementerian Perhubungan, @kemenhub151, disebutkan jumlah formasi berlaku untuk seluruh unit kerja Kementerian Perhubungan.

Unit kerja tersebut antara lain Sekjen, Inspeksi Umum, Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut, Ditjen Perkeretaapian, Badan Litbang, BSDMP dan BPTJ.

Persyaratan pendidikan minimal pendaftaran CPNS Kemenhub 2021 dimulai dari lulusan SMA dan sama dengan lulusan magister. Namun, Kementerian Perhubungan belum mengumumkan secara detail daftar persyaratan tersebut hingga Selasa (22 Juni 2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published.