Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS 2021 Resmi Dibuka, Cek syarat dan Tahapan – Tahapannya

Setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid19, akhirnya secara resmi pemerintah mengumumkan, bahwa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS)  tahun 2021 dibuka. Ada beberapa tahapan dan syarat dalam pendaftaran seleksi  Calon Pegawai Negri Sipil, dan berikut adalah tahapan – tahapan dan persyaratan seleksi CPNS 2021.

Baca juga : Jadwal Lengkap dan Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2021

Waktu Pendaftaran CPNS 2021 resmi diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Selasa, 29 Juni 2021. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN ,Suherman, saat konferensi pers secara online mengatakan “Pendaftaran seleksi calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 dibuka mulai 30 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021,”

Pada tahun ini adalah penerimaan CPNS terbesar sepanjang sejarah, dengan dibukanya 701.590 lowongan untuk berbagai formasi untuk seleksi CPNS 2021. “Biasanya, formasi CPNS per tahun paling banyak hanya sekitar 200.000,” ungkap Suharmen.

Baca juga : Daftar Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA atau Sederajat

Masyarakat yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun ini harus memenuhi persyaratan, dokumen, dan mengetahui cara pendaftarannya. Peluang untuk lolos seleksi CPNS pada tahun ini sangat besar karena jumlah lowongan yang dibuka sangat besar.

TRENDING :  Membuat Rumah Dibawah Tanah Selama 2 Tahun,Kakek Ini Viral Di Media Sosial

Persyaratan Umum

Syarat umum untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) Usia minimal 18 tahun, maksimal 35 tahun pada saat melamar
  2. Untuk Jabatan Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis Dokter Pendidik Klinis Dosen, Peneliti, dan Perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) dapat melamar dengan usia maksimal 40 tahun.
  3. Tidak pernah dipidana dan penjara selama dua tahun atau lebih
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hotmat sebagai PNS, TNI, Kepolisian RI
  5. Tidak sedang menjabat sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian RI
  6. Tidak tidak terlibat politik praktis atau anggota partai politik
  7. Memiliki pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau luar negeri

Baca Juga : Daftar Lengkap Formasi CPNS 2021 Untuk Sarjana S1 / D4

Tahapan seleksi CPNS 2021

Membuat Akun di SSCASN

sscasn
*Foto : Screenshoot halaman https://sscasn.bkn.go.id

Sebelum mendaftar, peelamar wajib memiliki akun SSCASN dengan membuatnya terlebih dahulu di website SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id.  Setelah selesai membuat akun, pelamar CPNS 2021 login ke akun SSCASN, kemudian mengisi semua form biodata yang tersedia, pastikan semua data terisi dengan benar. Begini Cara Mendaftar Secara Online di SSCASN BKN

TRENDING :  Bantuan Dana Sosial Tunai (BST) Rp 300.000 Diperpanjang Hingga Juni 2021 Kapan Cair?, Ini Cara Cek Penerimaanya

Mendaftar Ke Formasi yang Akan Dilamar

Setelah selesai mengisi biodata, pelamar CPNS 2021 kemudian mendaftar ke formasi yang diinginkan. Pilih jenis seleksi, lalu pilih formasi. Kemudian upload dokumen yang dibutuhkan. Cek resume kemudian cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran.

Seleksi administrasi

Panitia akan mengkaji data calon peserta seleksi CPNS 2021 dan mengumumkan hasil seleksi administrasi. Dalam hal ini seleksi administrasi dilakukan oleh panitia dari masing-masing instansi.  Calon peserta yang dinyatakan gagal dapat mengajukan banding atas hasil seleksi administratif. Setelah masa penolakan berakhir, panitia akan mengumumkan hasil disclaimer. Pelamar yang telah dinyatakan lulus kemudian dapat mencetak kartu ujian.

Seleksi kompetensi dasar (SKD)

Tahap selanjutnya adalah tes seleksi keterampilan dasar yang harus diselesaikan oleh peserta.Hasil dari tes SKD akan diumumkan ooleh panitia masing-masing instansi. Calon peserta yang dinyatakan gagal dapat mengajukan banding atas hasil tes SKD. Kemudian, hasil dari banding akan diumumkan oleh panitia, dan peserta yang lolos dapat melanjutkan ketahap berikutnya.

TRENDING :  SEGEREA CAIR!!CEK SYARAT TERBARU UNTUK DAPAT BANTUAN MODAL USAHA TAHAP 3

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Calon peserta seleksi CPNS 2021 yang lolos SKD kemudian mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai dengan ketentuan instansi masing-masing. Setelah SKB selesai,  hasilnya akan diumumkan oleh panitia. Calon peserta yang tidak lolos seleksi kompetensi bidang juga berkesempatan mengajukan banding atas hasil SKB tersebut.

Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan akan dilakukan oleh panitia setelah mengumumkan hasil banding SKB, dan hasil atas banding tersebut adalah bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Kemudian akan dilakukan pemberkasan bagi peserta yang lolos.

Setiap instasi pemerintah yang membuka lowongan juga akan memberlakukan syarat – syarat tersendiri untuk seleksi CPNS 2021. Oleh karenanya,peserta diharapkan memahami persyaratan – persyaratan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.