fitur windows 11

10 Fitur Terbaru Dari Windows 11, Kini Aplikasi Android Dapat Dijalankan Di Windows

Microsoft akhirnya resmi merilis Windows terbaru mereka saat acara peluncuran yang berlangsung pada Kamis malam 24 Juni 2021 secara online. Setelah sebelumnya beredar luas di internet tentang bocoran fitur-fiturnya.

Windows 11 adalah windows terbaru penerus dari Windows 10 yang menghadirkan antarmuka baru yang yang lebih user firendly dan sederhana. Bukan hanya tampilan antarmuka yang berubah tampilan Windows store juga mengalami perubahan, dari segi kinerja, dan pengalaman multitasking juga mengalami peningkatan.

Baca Juga : Windows 11 Resmi dirilis, Apa yang baru?

Sebelum Windows 11 dirillis,telah beredar bocoran mengenai Windows 11 tetapi bocoran yang beredar hanya menyoroti soal tampilan dari Windows 11,dan sedikit membahas tentang letak tombol Start Menu yang tadinya terletak di pojo kiri bawah,kini digeser menjadi ketengah.

Setelah resmi dirilis pada 24 Juni kemarin Microsoft membeberkan fitur – fitur baru dan kemampuan dari Windows terbarunya itu, yang tidak dibahas dalam bocoran mengenai informasi Windows 11 sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mudah dan Gratis update Windows  10 ke Windows 11

Fitur Baru di Windows 11

Berikut adalah deretan dari fitur – fitur baru dari Windows 11 :

Desktops

windows 11 dekstop

Perubahan besar terlihat ketika melihat tampilan UI dekstop dari Windows 11,sesuai dengan kabar sebelumnya saat banyak bocoran mengenai tampilan windows 11. Windows 11 tidak lagi meletakan posisi Start Menu di sisi pojok kiri bawah,kini posisi Start Menu diletakan di tengah-tengah taskbar.

Tampilan UI mirip dengan tampilan Windows 10X yang sebelumnya terlihat pada proyek Windows 10X yang dibatalkan perusahaan. Live Tile yang dulu menjadi ciri dari sistem operasi Microsoft sejak Windows 8. Sekarang beralih ke aplikasi yang dibutuhkan pengguna.

TRENDING :  Spesifikasi dan Harga Second Samsung Tab A6 2016

Tema Windows 11 kini diperbarui, dengan pilihan mode dark dan light dengan background yang transparan. Pada sebelah kiri, kini terdapat panel dengan widget berbasis AI yang menampilkan berbagai informasi yang dapat dipersonalisasi  dengan widget default News Feed, Weather, dan Map.

Multitasking sangat menjadi perhatian Microsoft dalam membangun Windows 11. Microsoft memberikan cara yang lebih efisien ketika pengguna melakukan banyak tugas dan tetap mudah untuk digunakan dengan fitur Desktop.

Dengan fitur ini pengguna daapt mengelompokkan tugas di beberapa desktop. Sehingga pengguna bisa bekerja, bermain game, atau sekolah pada masing-masing Dekstop. Berpindah antara Desktops  juga mennjadi lebih mudah.

Widget

windows 11 widget

Pada sebelah kiri, kini terdapat panel dengan widget berbasis AI yang menampilkan berbagai informasi yang dapat dipersonalisasi  dengan widget default News Feed, Weather, dan Map.

Dengan widget ini memungkinkan pengguna memberi tip kepada para pembuat konten lokal langsung dari dalam Windows 11. Selain itu tampilan widget ini dapat dirubah menjadi full screen hanya dengan menariknya.

Teams

windows 11 teams

Microsoft juga memasang Microsoft Teams langsung ke Windows 11 menjadi bagian dari Windows 11 yang terintegrasi langsung ke taskbar, sehingga pengguna Windows 11 dapat menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja dengan lebih mudah.

Snap Layouts

windows 11 snap layout

Fitur Snap Layout atau dukungan multi-monitor juga ditambahkan kedalam Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuka banyak aplikasi sekaligus dan terkoneksi ke layar eksternal dari laptop.

Hal ini merupakan perubahan yang sangat berguna bagi pengguna Windows, karena kebanyakan pengguna Windows membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Dengan fitur Snap Layout mengatur berarapa jendala layar sekaligus menjadi lebih mudah.

TRENDING :  Ternyata Ini Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses

Hal menarik dari Fitur Snap Layout, sistem dapat menyimpan lokasi aplikasi yang dibuka pada layar terpisah dan tidak mengganggu layout layar utama. Apabilan koneksi kelayar terputus, aplikasi itu akan kembali ke posisi semula ketika monitor dikoneksikan kembali ke laptop.

Pen, Gesture, dan Voice Control

windows 11 pen gesture

Untuk memenuhi semua kebutuhan penggunanya,Windows 11 juga dibuat menjadi semakakin flexibel. Bahkan ketika pengguna enggan menggunakan mouse atau keyboard,mereka dapat menggunakan perintah suara.

Pada perangkat pena tambahan dan voice typing juga mengalami peningkatan. Kini umpan balik (feedback) haptic, dapat didukung dengan perangkat pena terntentu.

Kemampuan dari voice typing pada Windows 11 juga telah ditingkatkan sehingga dapat mengenali suara dari penggunanya,yang berarti keakuratan dari Voice typing untuk membaca kata diucapkan pengguna semakin meningkat.

Microsoft juga menambahkan gesture control, ketika menggunakan pena ataupun jari pada layar sentuh. Windows 11 juga dibekali dengan keyboard virtual seperti smartphone, lengkap dengan gerakan swipe, kontrol kursor, dan emoji.

Gaming

windows 11 games

Windows 11 juga dikatakan ramah gamers gamers, dengan menghadirkan fungsi Auto HDR untuk membuat gambar lebih tajam dan detail. Dengan mengaktifkan Auto HDR maka akan menambahkan High Dynamic Range (HDR) ke game DirectX 11 dan DirectX 12, asalkan pengguna juga menggunakan monitor yang mendukung HDR.

Microsoft juga menghadirkan DirectStorage untuk mempercepat waktu pemuatan game saat menjalankan fitur baru yang besar dari Xbox Series X / S.

Xbox Game Pass juga akan terintegrasi ke dalam Windows 11. Dengan adanya xCloud, pengguna juga dapat melakukan streaming game melalui Windows 11 ini. pengguna Windows 11 juga dapat mengakses ke sebagian besar game PC serta game Xbox Cloud.

TRENDING :  Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Undangan Pernikahan di Laptop

Windows Store

windows store

Windows Store adalah platform resmi yang ada sejak Windows 10 untuk pengembang memasarkan aplikasi buatanya.Pengguna dapat mendownload berbagai aplikasi san game.

Di Windows terbaru ini, tampilan dari Windows Store juga mengalami perubahan, yang memudahkan pengguna untun mencari aplikasi atau game yang ingin di download. Tak hanya aplikasi dan game,Windows Store juga kini terdapat film – film dari berbagai genre yang dapat didownload.

Aplikasi Android

windows 11 android

Ini adalah fitur paling banyak menarik perhatian banyak kalangan di Windows 11, sekarang Windows terbaru ini dapat menjalankan aplikasi dari Android dengan menggunakan teknologi Intel Bridge.

Untuk dapat mendownload aplikasi android,pengguna harus mendowloadnya melalui Amazon Store ataupun appstore yang telah terintegrasi dengan Microsoft Store.

Aplikasi Android dapat dijalankan melalui taskbar ataupun menu start. Bahkan window android dapat dapat di snap layaknya aplikasi Windows.

Mode Tablet

Mode tablet adalah fitur terbaru dari Windows 11,yang memberikan pengalaman baru untuk pengguna Laptop 2 in 1. Ketika laptop dirubah kedalam mode tablet,maka tampilan dari Windows 11 akan secara otomatis berubah. Icon-icon dan menupun akan berubah menjadi lebih lebar dan memili gap yang lebih lebar antar icon agar mudah ketika disentuh.

Resize dan memindahkan window aplikasi juga menjadi lebih mudah dengan animasi baru. Windows 11 juga memiliki fitur Gesture Navigasi untuk touch screen,yang menjadikan pengalaman menggunakan Windows 11 di laptop 2 in 1 menjadi sangat mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.