Windows 11 resmi dirilis

Windows 11 Resmi Dirilis, Apa Yang Baru?

Microsoft akhirnya resmi merilis Windows 11 saat acara peluncuran yang berlangsung pada Kamis malam 24 Juni 2021 secara online. Setelah sebelumnya beredar luas di internet tentang bocoran fitur-fiturnya.

Windows 11 menghadirkan antarmuka baru yang yang lebih user firendly dan sederhana. Bukan hanya tampilan antarmuka yang berubah tampilan Windows store juga mengalami perubahan, dari segi kinerja, dan pengalaman multitasking juga mengalami peningkatan.

Baca Juga : Cara Mudah dan Gratis Update Windows 10 ke Windows 11

Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay pada saat acara peluncuran yang berlangsung yang diselenggarakan secara online mengatakan “Lebih modern, lebih segar, lebih bersih, lebih indah,”

Tampilan Dekstop

Perubahan besar terlihat ketika melihat tampilan UI dekstop dari Windows 11,sesuai dengan kabar sebelumnya saat banyak bocoran mengenai tampilan windows 11. Windows 11 tidak lagi meletakan posisi Start Menu di sisi pojok kiri bawah,kini posisi Start Menu diletakan di tengah-tengah taskbar. Tampilan UI mirip dengan tampilan Windows 10X yang sebelumnya terlihat pada proyek Windows 10X yang dibatalkan perusahaan.

Baca Juga : 10 Fitur Terbaru Windows 11,Kini aplikasi android dapat berjalan di windows

Live Tile yang dulu menjadi ciri dari sistem operasi Microsoft sejak Windows 8. Sekarang beralih ke aplikasi yang dibutuhkan pengguna.

TRENDING :  10 Fitur Terbaru Dari Windows 11, Kini Aplikasi Android Dapat Dijalankan Di Windows

Tema Windows 11 kini diperbarui, dengan pilihan mode dark dan light dengan background yang transparan. Pada sebelah kiri, kini terdapat panel dengan widget berbasis AI yang menampilkan berbagai informasi yang dapat dipersonalisasi  dengan widget default News Feed, Weather, dan Map.

tampilan widget win 11

Dengan widget ini memungkinkan pengguna memberi tip kepada para pembuat konten lokal langsung dari dalam Windows 11.

Ukuran update dari Windows 11 dipastikan lebih kecil dari sebelumnya, ini sangat menarik karena diklaim ukuranya updatenya akan 40% lebih kecil dari sebelumnya dan lebih efisien karena dilakukan di latar belakang, sehingga tidak mengganggu ketika digunakan.

Windows 11 ini juga diklaim mampu memberikan konsumsi daya yang lebih irit dan hemat. Sehingga baterai pada perangkat tidak cepat habis. Panay juga mengklaim, bahwa Windows 11 adalah sistem operasi yang paling aman yang dibuat oleh Microsoft.

Microsoft juga memasang Microsoft Teams langsung ke Windows 11 menjadi bagian dari Windows 11 yang terintegrasi langsung ke taskbar, sehingga pengguna Windows 11 dapat menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja dengan lebih mudah.

TRENDING :  Cara Mudah Backup Data Iphone Terbaru 2021

Fitur Snap Layout

Fitur Snap Layout atau dukungan multi-monitor juga ditambahkan kedalam Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuka banyak aplikasi sekaligus dan terkoneksi ke layar eksternal dari laptop.

Hal menarik dari Fitur Snap Layout, sistem dapat menyimpan lokasi aplikasi yang dibuka pada layar terpisah dan tidak mengganggu layout layar utama. Apabilan koneksi kelayar terputus, aplikasi itu akan kembali ke posisi semula ketika monitor dikoneksikan kembali ke laptop.

Pada perangkat pena tambahan dan voice typing juga mengalami peningkatan. Kini umpan balik (feedback) haptic, dapat didukung dengan perangkat pena terntentu.

Kemampuan dari voice typing pada Windows 11 juga telah ditingkatkan sehingga dapat mengenali suara dari penggunanya,yang berarti keakuratan dari Voice typing untuk membaca kata diucapkan pengguna semakin meningkat.

Game dan Android

xbox win 11

Windows 11 juga dikatakan ramah gamers gamers, dengan menghadirkan fungsi Auto HDR untuk membuat gambar lebih tajam dan detail.

Dengan mengaktifkan Auto HDR maka akan menambahkan High Dynamic Range (HDR) ke game DirectX 11 dan DirectX 12, asalkan pengguna juga menggunakan monitor yang mendukung HDR.

TRENDING :  Spesifikasi dan Harga Second Samsung Tab A6 2016

Microsoft juga menghadirkan DirectStorage untuk mempercepat waktu pemuatan game saat menjalankan fitur baru yang besar dari Xbox Series X / S.

Xbox Game Pass juga akan terintegrasi ke dalam Windows 11. Dengan adanya xCloud, pengguna juga dapat melakukan streaming game melalui Windows 11 ini.

Windows Store

Windows Store juga mengalami perubahan pada desain sehingga akan terlihat lebih jernih dan menarik dari sebelumnya,dan akan mendukung aplikasi yang  tidak tersedia di Windows Store.  Termasuk aplikasi aplikasi Android seperti TikTok dan Instagram serta Adobe Creative Suite.

Diantara semua fitur dan peningkatan,hal yang paling menghebohkan adalah Windows 11 mendukung aplikasi Android berjalan di sistemnya. Microsoft juga menggandeng Amazon dan Intel untuk mewujudkannya melalui Intel Bridge.

Microsoft akan merilis Windows 11 versi Beta ke public pada minggu depan, dan akan tersedia untuk pengguna pada sekitar Natal tahun ini atau  di bulan November – Desember.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.